Tiga Teknik Advance SEO

Untuk artikel kali ini aku mau melanjutkan postingan sebelumnya pada kategori SEO. Teknik SEO yang mau aku ceritakan merupakan teknik lanjutan atau advancement search engine optimization sesudah teknik basic SEO dijalankan. Secara garis besar teknik ini bisa dibagi ke dalam 3 kategori yang dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas blog dimata Google dan search engine lainnya. Ketiga teknik seo itu adalah Optimasi Konten, Optimasi Inpage, Optimasi Offpage, berikut penjelasannya:

1. Optimasi konten (mengoptimalkan isi)
Jika blog kita ingin diperhatikan oleh search engine dan disukai oleh pengunjung, salah satu syaratnya adalah harus memiliki cukup banyak konten/artikel. Menurut buku dari para ahli SEO yang aku baca, blog/website yang baik harus memiliki antara 500 sampai 800 kata yang berkualitas dalam setiap postingannya dan berisi konten yang unik. Hal ini juga diperhitungkan oleh search engine baik Google ataupun yang lain.

Artikel bisa tersusun atas 3-5 paragraf/lebih dan ada baiknya setiap paragraph memiliki keunikan sendiri. Teman-teman bisa menyisipkan keyword pada setiap paragraph untuk lebih menguatkan posisinya di search engine. Contohnya seperti ini, keyword sebaiknya muncul tiga kali pada paragraf pertama (sekali dalam kalimat terakhir), tiga kali dalam paragraf terakhir (1 kali dalam kalimat terakhir), dan dua kali pada setiap tengah paragraph. Keyword juga harus muncul dalam judul utama, setidaknya berisi setengah dari judul artikel

Tetapi aspek yang paling penting mengenai isi artikel adalah harus menarik dan ramah bagi pengunjung kita. Karena prioritas kita sebagai blogger tentu saja pengunjung yang mayoritas juga teman-teman blogger/web owner dan bukan search engine spider. SEO memang baik dan penting tetapi itu merupakan penunjang untuk lebih mengoptimalkan blog kita, sedangkan tujuan akhirnya disesuaikan dengan tujuan awal teman-teman membuat blog/website.

2. Optimasi Inpage (mengoptimalkan halaman blog)
Teknik Optimasi Inpage, yaitu teknik SEO yang digunakan webmaster untuk memaksimalkan setiap aspek/lingkup yang ada didalam blog/website termasuk blog itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

a. Penentuan judul artikel
Seperti yang sudah aku jelaskan diartikel sebelumnya, membuat judul bukanlah hal yang mudah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dapat dilakukan dengan aturan sebagai berikut, yaitu:
• mengganti/menghilangkan kata hubung "dan" dll. Usahakan agar dapat menggabungkan kata kunci menjadi satu (contohnya: "tiga teknik advance seo lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan tiga teknik advance dan seo")
• kemudian buat judul dengan jumlah kata yang sedikit (kurang 10 kata) dan padat maknanya.

b. Penggunaan huruf tebal, italicizing atau menggaris bawahi untuk menguatkan suatu paragraph dan mendapat perhatian dari search engine. Hal ini dapat dilakukan teman-teman pada keyword dalam suatu paragraph yang dianggap penting. Ada beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan diatas, yaitu: menggunakannya sendiri-sendiri pada sebuah kata dalam paragraf, tetapi kalau paragrafnya tidak banyak, maka teman-teman bisa mengkombinasikannya, contohnya, penggunaan huruf tebal/kuat memiliki kombinasi yang sangat baik dengan italic. Tetapi kita harus menggunakannya dengan hati-hati dan bijaksana, karena dengan menerapkan suatu efek lebih dari satu kali mungkin malah akan merugikan kita sendiri, seperti di tandai bendera merah (red flag) oleh search engine karena dianggap spam.

c. Menggunakan keyword pada bagian pertama dan terakhir.
Untuk mengoptimasi artikel, kita bisa menggunakan keyword dengan meletakkannya pada bagian pertama sebelah kiri artikel, sedangkan paragraf terakhir pada bagian bawah kanan artikel.

d. Menggunakan tag ALT untuk gambar.
Bagi teman-teman yang mempunyai gambar pada blognya (dalam widget HTML), ada baiknya untuk menggunakan “tag ALT” atau judul pada semua gambar. Hal ini ditujukan untuk lebih menjelaskan pada search engine spider tentang deskripsi gambar tersebut. Untuk penambahan ini teman-teman bisa menyisipkannya dengan menggunakan keyword yang sesuai dengan gambar.

3. Optimasi Offpage (mengoptimalkan inbound dan outbound link)
Faktor optimasi Offpage ini merupakan faktor yang paling penting pada penggunaan algoritma Search Engine. Ini akan menggambarkan berapa banyaknya data blog kita terindeks oleh search engine dan berapa banyaknya jumlah link yang masuk dari blog/website lain sehingga dapat berpengaruh pada penentuan ranking blog dalam search engine.

Contohnya adalah blog aku ini dengan judul “Andy Blog”. Jika aku cek blog ini dengan mengetikkan kata (andy blog) ternyata hasilnya sangat banyak dan banyak blogger lain yang menggunakan relevansi kata ini pada blognya (berarti blog aku pasaran nih hehehe). Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:


Dari gambar diatas, jumlah pencarian tentang kata yang memiliki kaitan/relevansi saingan sebesar (59.700.000), memang blog aku belum ada di peringkat 1 Google tetapi hanya berada pada posisi ke 3 dengan kata ini. Setidaknya sudah berada pada posisi 10 besar halaman pertama Google, ini berarti aku harus meningkatkan link building untuk dapat memaksimalkan hasil pencarian pada search engine.

Optimasi Offpage ini sebaiknya dilakukan secara manual dan cara yang alami seperti dengan melakukan link exchange, komentar blog dofollow, masukkan ke directory, search engine, artikel directory, bookmarking dsb. Dengan semakin banyaknya blog/situs yang melink ke blog maka semakin besar pula kemungkinan blog kita berada pada peringkat yang lebih baik.

Untuk kesimpulan, Aku punya info tambahan yang dapat digunakan teman-teman sebagai rekomendasi ketika melakukan Optimasi Offpage (tanda "+" berarti sangat baik), yaitu:
- Terus melakukan link bulding ke blog secara maksimal (+)
- Link dari situs / halaman dengan PR yang lebih tinggi (+)
- Link dari situs / halaman dalam bidang yang sesuai (+)
- Link dari institusi situs / halaman (+)
- Link dari halaman yang hanya mengandung beberapa link lain (+)
- Teks link (+)
- Semua link pada blog berisi keyword dalam anchor text (+)

Dari ketiga kategori ini, kita bisa mengetahui, mempelajari teknik advance search engine optimization (SEO) dan membangun blog kita menjadi berkualitas khususnya bagi aku pribadi, karena blog ini juga masih dalam tahap berkembang dan terus melakukan perkembangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan juga kuantitas artikel. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua, khususnya dalam melakukan SEO diblog.

Related Post



5 Comment:

Bintang said...

pengen serius neh belajar SEO..aku link yah blognya..thanks

HumorBendol said...

Wah..makasih atas ilmunya bro.
Bendol mulai agak-2 ngerti neh.
Makasih.

made gelgel said...

harus banyak belajar tag mas, nice info nih!

nasehatguruku said...

masin sipp thanks

Motor matic said...

infonya bnr2 joss, kyknya aku harus baca artikel yg lainya di blog ini

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts