Rahasia Teknik Kerapatan Keyword untuk SEO Ranking BLog

Untuk kesempatan ini Andy’s Blog masih membahas tentang penggunaan search engine optimization pada search engine Google. Andy mau membagi cerita tentang penggunaan keyword density yang digunakan untuk meningkatkan seo ranking blog dalam search engine. Seperti yang kita ketahui bahwa search engine google sangat memperhitungkan kerapatan keyword atau keyword density dalam mencocokkan hasil pencarian di search engine-nya. Oleh karena itu diperlukan teknik search engine optimization (SEO) dengan melakukan keyword density pada setiap artikel blog kita. Hal ini bertujuan agar artikel blog kita memiliki ranking yang cukup baik pada search engine untuk setiap pencarian keyword yang dilakukan pengguna internet. Keyword density adalah teknik seo yang digunakan untuk memaksimalkan hasil pencarian pada blog berdasarkan keyword yang kita masukkan pada artikel dengan mengulang keyword tersebut dalam suatu artikel.

Penggunaan keyword density ini tidak boleh digunakan secara sembarangan, sebaiknya digunakan dengan bijak, yaitu dengan menempatkan pengulangan keyword pada kalimat yang dianggap penting saja. Sebelum melakukan teknik keyword density ini, tentunya teman-teman harus melakukan pencarian keyword (keyword search) terlebih dahulu. Dengan memilih keyword yang paling tepat dan memiliki target pasar/topik yang sesuai, maka artikel kita akan menjadi artikel yang baik dimata search engine. Teknik seo ini akan sangat berguna dan lebih meningkatkan seo ranking blog kita dalam search engine. Contohnya, ketika seseorang melakukan pencarian di search engine dengan mengetikkan keyword tertentu yang spesifik, maka secara otomatis blog kita akan berada dalam 10 besar halaman pertama Google atau bahkan berada di nomor pertama dari hasil pencarian jika kita memaksimalkan teknik seo keyword density tersebut.

Memang penggunaan teknik seo keyword density ini tidak bisa kita nilai secara mutlak bahwa artikel kita akan berada pada halaman pertama search engine google. Karena banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan Google untuk menempatkan suatu website/blog dalam halaman pertama, contohnya adalah banyaknya jumlah kompetitor yang memiliki topik mirip/sama, ranking kompetitor yang lebih tinggi dari blog kita, dan penggunaan teknik seo yang lain. Tetapi teman-teman tidak perlu “pusing” karena tidak selamanya ranking website yang tinggi selalu berada dihalaman pertama search engine google, jika memang keyword yang dicari oleh pengguna internet lebih spesifik ke arah artikel teman-teman, maka tentu saja artikel teman-teman akan berada dalam halaman pertama.

Dan pada dasarnya setiap search engine populer memiliki metode yang berbeda-beda untuk penggunaan hasil pencariannya, tetapi jika blog kita berbahasa Indonesia, kita bisa lebih fokus pada search engine google dan Yahoo saja. Sedangkan untuk Bing, AOL, Altavista dan Ask Jeeves biasanya sangat jarang pengguna internet di Indonesia yang menggunakan search engine tersebut, walaupun begitu kita juga tetap bisa memasukkan blog kita ke dalamnya untuk mendapatkan backlink dan mungkin saja free traffic dari search engine tersebut. Berikut ini adalah tahap-tahap dalam melakukan keyword density ketika akan menulis artikel pada blog, yaitu:

1. Pertama adalah mencari keyword yang akan kita gunakan pada google adword atau keyword tracker yang lain sesuai dengan artikel.
2. Kemudian pilihlah keyword yang memiliki jumlah pencarian yang baik atau besar pada bulan lalu.
3. Pilih judul topik yang spesifik dan jangan terlalu umum. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetikkan topik yang akan kita bahas pada search engine google. Pilihlah yang kompetitornya dibawah 10 juta. Dengan jumlah yang lebih sedikit maka persentase kemungkinan artikel blog kita muncul pada halaman pertama Google akan lebih besar.
4. Jika keyword yang di inginkan sudah dapat semua, maka tinggal penyusunannya dalam artikel. Gunakan Ms Word untuk mengetik artikel sebelum dimasukkan pada postingan blog.
5. Sambil mengetik artikel sisipkanlah keyword tersebut pada setiap paragraph. Gunakan bobot keyword yang besar pada paragraf pertama, karena paragraf pertama akan sangat menentukan artikel kita untuk penyusunan seo ranking di search engine google.
6. Lakukan pengulangan keyword tersebut pada paragraf berikutnya hingga yang terakhir.

Jika sudah selesai menulis artikel pada Ms Word, maka teman-teman bisa menghitung jumlah keyword density agar sesuai dengan karakter search engine google. Berikut adalah cara penghitungannya:

• Pilih menu 'Tools' pada Ms Word dan pilih 'Word Count'. Tuliskan total jumlah kata dalam artikel.
• Lalu pilih 'Find' pada fungsi 'Edit' menu. Lalu ke 'Replace' tab dan mengetik keyword yang ingin teman-teman temukan. 'Replace' keyword tersebut dengan kata yang sama, sehingga tidak mengubah teks.
• Ketika sudah selesai, maka sistem akan memberikan hitungan kata yang diganti. Sehingga kita dapat mengetahui berapa kali suatu keyword digunakan dalam artikel. Atau kita juga bisa menghitungnya secara manual ketika melakukan ‘Find” dan ‘Replace’ sampai selesai.
• Setelah semua keyword dicatat jumlah kata-katanya dalam artikel, maka dapat dilakukan penghitungan dengan cara dibawah ini.

Contohnya artikel ini memiliki jumlah kata 917 (cek melalui menu tool pada Ms Word di “Word Count”) dengan menggunakan salah satu kata kunci “keyword” selama 38 kali dalam konten. Maka keyword density pada artikel ini adalah 38 dibagi 917 = 0.0414. Karena keyword density adalah suatu persentase dari total jumlah kata pada artikel, maka kalikan dengan 100, dan hasilnya adalah 0,0414 x 100 = 4,14%

Standar yang dapat diterima search engine google untuk penggunaan keyword density adalah antara 3% sampai 5% dalam satu artikel, usahakan jangan sampai melebihi standar tersebut. Ingatlah, bahwa aturan ini berlaku untuk setiap halaman pada blog kita dan juga berlaku untuk semua keyword yang digunakan dalam artikel. Kepadatan keyword harus selalu berada di antara 3% dan 5%.

Karena jika penggunaan keyword density ini dilakukan pada setiap kata pada setiap baris, maka blog kita bisa dianggap spam. Jadi gunakan teknik seo ini dengan baik dan tidak berlebihan sehingga dapat menimbulkan manfaat bagi blog kita masing-masing, antara lain dapat lebih meningkatkan seo ranking blog pada search engine google, lebih meningkatkan probabilitas atau kemungkinan artikel kita muncul pada halaman pertama Google dan akhirnya mendapatkan free traffic dari pengguna internet melalui search engine. Terima kasih

Related Post



16 Comment:

hendrie k_bejo said...

wieh panjang amat yah penjelasannya,tp jd menambah wawasan qta tentang SEO..Makasih sob !

Mas acrom said...

Ilmunya sangat bermanfaat brow,sambil dapat ilmu dari kamu,saya jitak ya adsnya,ditunggu balasannya....

yusi said...

ini baru namanya ilmu yang berguna , menarik dan bermanfaat . makasih sob sharing nya

van said...

mengamankan keempatx dulu kawan,,heheh
ngemeng2 tips manteep banged,,,

harto said...

datang kemari dapat ilmu lagi neh, makasih ya sob atas ilmunya semoga sukses selalu n tetap semangat

akhatam said...

Info menarik sobat..
Coba deh ku telaah artikelmu ni...

KandangTips said...

wah.. bisa makin popular nih!

Gema Nasyid said...

kenapa ya... selalu google yang dipelajari mengenai search engine?>

Remaja Berperan said...

Thanks ya.. tas info seonya. Moga blog kita lebih popular.

andy said...

@ gema nasyid.....karena google search engine yang paling populer sob, paling banyak penggunanya dan nomor satu didunia...jadi banyak blogger/web master yang berlomba2 dan berusaha untuk menjadi yang paling top di Google

@ kandang tips n remaja berperan....sama2 sob n mudah2an bisa lebih popular n bisa terwujud cepat atau lambat sob. thank

Bisnis Internet said...

Info mantap sob. Langsung dicoba nih, mudah2an bisa terbukti. Thx.

andy said...

@ bisnis internet...bisa terbukti kok sob klo artikel blog kita disisipkan dengan tepat keywordnya dan lakukan teknik ini secara berulang2 dalam setiap artikel. Blog aku juga sekarang alhamdulilah mendapatkan jumlah trafik yang cukup meningkat dari search engine Google semenjak aku mempraktekkan teknik SEO diblog ini.

Yang pasti memang faktor yang dilihat Google memang bukan dari keyword density aja, tapi masih banyak faktor lain seperti pengaruh pagerank, seo Off page, on page dan pengaruh lainnya. thank

Iman said...

Ini bos artikel yang aq cari..

nasehatguruku said...

thanks

cara gila membuat website said...

Saya melihat bahawa pengaruh keyword density ini cukup besar dalam SERP. Untuk itu sebaikya kita juga memperhatikan keyword density saat akan menulis artikel di blog :)

farid said...

wah lumayan. mampir ke situs saya donk!

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts