Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Setiap blogger dan webmaster pasti ingin mempunyai blog/website yang cepat ketika loading. Begitu juga dengan Andy yang selalu mencoba untuk memperbaiki kualitas blog termasuk dari sisi kecepatan loading. Tetapi hal ini dapat terhambat jika suatu blog memiliki total ukuran atau size yang besar yang didalamnya mengandung bermacam-macam komponen, baik dari segi template itu sendiri, gambar, banner, flash grafik ataupun widget yang dipasang dalam blog untuk mempercantik blog. Memang ukuran kecepatan loading suatu blog/website tidak hanya tergantung dari komponen-komponen diatas, tetapi juga dari kemampuan dan kecepatan akses internet yang kita gunakan.

Pengaruh di atas dapat membuat kecepatan blog menjadi berkurang atau menjadi lambat ketika orang lain mencoba untuk mengaksesnya. Dengan pengaruh negatif ini, tentunya blog kita akan ditinggalkan oleh blogger lain karena membutuhkan waktu yang lama untuk bisa masuk ke dalam blog, apalagi bagi pengguna internet yang memakai akses dial-up tentu sangat terasa pengaruhnya. Untuk itu Andy coba membuat beberapa cara untuk meringankan dan mempercepat loading blog. Sebagai berikut:

1. Test kecepatan loading blog
Hal pertama yang perlu dilakukan oleh teman-teman yaitu mengecek kecepatan loading blog dalam beberapa website penyedia tool tersebut. Kita bisa menggunakan jasa ini dengan mencarinya di search engine Google atau bisa dengan mengunjungi iwebtool speed test.

2. Menggunakan kompresor GZIP dan Ob_gzhandler
Setelah mengetahui kecepatan loading blog, langkah selanjutnya untuk menambah kecepatan blog yaitu dengan mengkompress HTML size dengan menggunakan kode GZIP dan ob_gzhandler. Cara ini bisa mengurangi ukuran blog hingga 80% dari ukuran sebenarnya ketika blog diakses, karena sistem kerjanya adalah dengan mengkompress data yang masuk ke server provider blog baru kemudian di arahkan ke browser. Teman-teman hanya perlu mengcopy kode dibawah ini ke dalam kode template:

<?php if (substr_count($_SERVER['HTTP_ACCEPT_ENCODING'], 'gzip')) ob_start("ob_gzhandler"); else ob_start(); ?>

Atau kode dibawah ini

<?php
ob_start("ob_gzhandler");
?>

Kemudian paste/letakkan kode tersebut di atas kode

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1

dipaling atas template blog dan di save.

3. Convert/kompress ukuran gambar
Gambar yang di upload dalam blog juga bisa mempengaruhi lama tidaknya loading suatu blog, karena gambar apalagi yang ukurannya besar akan memakan bandwith yang cukup besar, sehingga untuk menampilkannya dibutuhkan beberapa waktu. Untuk itu sebelum upload gambar ( atau jika sudah diupload juga tidak masalah) ke dalam blog, kita bisa mengkompress atau convert ukuran file tersebut ke ukuran yang lebih kecil. Teman-teman bisa menggunakan jasa image optimizer secara gratis untuk merubah ukuran file tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Setelah mengupload gambar ke dalam situs ini, kita bisa memilih jenis kompresi dalam bentuk JPEG, GIF dan PNG. Setelah itu tool image optimizer ini akan menampilkan hasil gambar dari kualitas gambar 90% sampai kualitas gambar paling rendah yaitu 10%.

4. Gunakan CSS compressor
Untuk lebih memaksimalkannya kita juga bisa mengkompress kode CSS dalam template blog dengan cara manual atau dengan bantuan online tool. Cara ini bertujuan untuk merampingkan ukuran kode CSS dalam blog dengan menghilangkan kode yang tidak perlu dan memadatkannya (contohnya: menghilangkan jarak spasi yang tidak diperlukan dan menghapus komentar). Untuk melakukannya teman-teman dapat mengcopy kode CSS dalam template blog kemudian kunjungi situs CSS drive compressor. Ada 3 pilihan jenis kompresi yaitu:
  • light
  • normal
  • super compact.
Sebaiknya pilih yang normal saja untuk hasil yang relevan. Sedangkan untuk komentar juga ada 3 pilihan:
  • don’t strip any comment
  • strip all comment
  • strip comment at least (...) characters long (not counting line breaks within comment)
Teman-teman dapat memilih apakah komentar tidak perlu dihapus, dihapus semua atau dihapus sebagian (menghapus komentar yang memiliki panjang beberapa karakter sesuai keinginan masing-masing). Jika ingin menggunakan custom setting sobat juga bisa memilih sendiri jenis kompresi yang diinginkan dengan merubahnya ke “advanced mode”. Layanan ini dapat mengkompress ukuran CSS antara 10%-20%.

5. Javascript compressor
Jika blog masih terasa berat, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengkompress kode widget (javascript) dalam blog. Caranya mirip dengan CSS compressor, yaitu dengan memadatkan kode javascript yang panjang sehingga lebih ramping tanpa mengurangi atau merubah fungsi widget tersebut. Untuk menggunakannya bisa mengunjungi situs JS minifier dan memilih 3 tingkatan kompresi yaitu, minimal, conservative dan aggressive. Andy sendiri bisa mengkompress 5%-10% untuk masing-masing widget yang ada dalam blog. Tapi kalau untuk kode iklan sebaiknya jangan dikompress karena nanti bisa-bisa menimbulkan masalah.

6. Software HTML Compressor
Untuk alternatif lain, sobat bisa menggunakan software freeware “absolute html compressor” untuk mengkompress kode HTML baik secara default setting atau custom setting tanpa memerlukan koneksi internet. Software ini memiliki kemampuan yang sama dengan online tool CSS compressor dan javascript compressor. HTML compressor dapat didownload secara gratis di alentum.com

Setelah menggunakan cara-cara diatas, Andy's Blog memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya, seperti statistik gambar berikut ini:


Dan ketika Andy mencoba mengetesnya sendiri memang ada perubahan yang cukup terasa ketika loading blog, terutama untuk posisi munculnya psotingan blog yang cukup cepat, sehingga teman-teman bisa segera membaca informasi yang disajikan dalam artikel.

Jadi, dengan cara ini mudah-mudahan kecepatan loading blog teman-teman bisa lebih dimaksimalkan lagi khususnya bagi Andy pribadi. Sehingga blog menjadi ringan dan pengunjung/blogger lain bisa betah mengunjungi blog dan berpengaruh pada tingkat pageviews artikel dan juga meningkatnya trafik. Terima kasih

Related Post



37 Comment:

ivan kavalera said...

Terimakasih artikelnya. Oh ya, apakah blog saya termasuk berat ya loadingnya, mas?

Arfi said...

iya nih... blogku lemot banget... ... apa yang perlu dikurangi ya??????

andy said...

@ ivan kavalera:
kalau blog sobat bagi aku ga lemot sob dengan koneksi internet aku dirumah, ada point yang bagus yaitu posisi loading artikel diawal loading ketika akses blog. Hal ini menurut aku baik jika dibandingkan dengan komponen yang lain. Untuk Yang lama diblog sobat kalo menurut aku digambar dalam artikel blog sob, itu loadingnya cukup lama sehingga kalau mau menunggu sampai komplit loadingnya dikoneksi internet aku perlu 100 detik sob, tapi klo untuk artikelnya yang muncul itu hanya 10 detik udah ada.

Jadi menurut aku buat sobat, bisa memakai point 3 dan 5 diatas aja. Yaitu mengkompress ukuran gambar dan juga mengkompress kode javascript di widget dalam blog, karena widget sobat kan cukup banyak, tetapi klo iklan ga perlu karena nanti bisa bermasalah lagi hehehe.

@ arfi:
Klo untuk sobat, blognya ada dua ya. AKu cek dulu satu2 ya. Yang pertama yang judulnya "my time to write". Menurut aku sih blog yang ini ringan banget sob, karena dikoneksi internet aku itu cuma perlu waktu 8 detik udah lengkap loading blognya. Bagus sob, ya mungkin karena masih baru ya, artikelnya masih sedikit dan widgetnya juga belum banyak. Tai klo nanti perkembangannya jadi berat ya sobat bisa coba cara diatas. OK

Yang kedua, "arfi reviews". Klo yang ini memang agak lambat sob loadingnya, untuk loading sampai lengkap aku peru (110 detik). klo aku liat ini dari template blognya sendiri udah berat sob, karena butuh beberapa waktu untuk memunculkan template ketika pertama akses blog dibrowser. Tapi setelah muncul templatenya artikelnya juga langsung muncul, itu baik menurut aku karena pengunjung intinya datang ke blog pasti karena ingin membaca artikel.

Yang bikin berat template sobat itu dari gambar di header yang memerlukan beberapa waktu untuk muncul selain itu juga widgetnya banyak serta bentuk kursor animasi menurut aku berpengaruh juga sob, karena semua itu memerlukan bandwith untuk membukanya.

So, coba sobat terapkan aja semua cara diatas, mudah2an bisa merubah kecepatan loading blog, sehingga pengunjung juga menjadi lebih suka mengunjungi secara berulang2. thank

belajar blog said...

langsung di coba mas, bukan ngak up date saya up date di blog dot com sebenarnya blog Goo-blog adalah blog pembelajaran ..sayang sih di tinggalin dia berjasa dalam membentuk blog dot com saya jadi tetep update meski agak lama

van said...

wah ternyata banyak cara u/ mempercepat loadingny...
makasih banyak y bos...
menurt Anda blog aq ini lemod g ya...

Eric said...

Wakh untuk yang ini gak bisa ikutan nich mas... aku pake WP sich... tapi pastinya ini berguna untuk para blogger yg memakai blogspot.

HumorBendol said...

Thanks infonya bro..
Pengen nyoba neh. Beresiko gak? Maklum bro, Bendol kan gaptek..
satu per satu cuma ngebuang widget.

andy said...

@ van:
Ga berat sob. Klo aku liat urutan loading blog sobat itu dari kiri ke kanan trus kebawah ya. Pas banget sob karena artikelnya letaknya dikiri jadi bisa muncul lebih dulu dibanding dengan widget yang lain. Tapi ada widget yang menurut aku agak berat sob, karena blog sobat cepat loadingnya sampai kira2 75%, setelah itu agak lambat ketika loading widget pada bagian sidebar paling kanan dan tiga kolom dibawah.

Mungkin sobat bisa optimasi kecepatan blognya di dua titik itu, yaitu disidebar paling kanan dan 3 kolom dibawah. Bisa memakai cara ke 3 diatas (image optimizer) untuk gambar dan point ke 5 (javascript compressor) untuk mengurangi ukuran/size widget.

@ eric:
hmmm WP ya, aku juga belum tau pasti sih sob, tapi klo aku search digoogle tentang sinkronisasi WP dengan kompressor gzip dan ob_gzhandler itu bisa sob. Atau dari yang aku baca klo di WP itu udah ada plugins yang sama fungsinya kaya gzip compressor, yaitu plugins "wp-super-cache". Plugins ini katanya ngerubah dynamic html files di WP jadi static HTML file. Mungkin sobat udah tau plugins ini karena aku pribadi belum pernah nyoba dan cuma pernah baca aja diinternet hehehe.

@ humor bendol:
Coba aja sob, ga ada resikonya kok, dengan catatan untuk point no.2 itu dipakainya didalam kode html secara keseluruhan, jadi bukan tiap halaman atau postingan blog. Cukup 1 kali aja dalam kode template blog.

Point 4,5 atau 6, itu gunakan cara yang normal aja untuk mengkompress kode html-nya sob, karena kalau yang advanced nanti bisa merubah fungsi widget itu dan jadi ga bisa di gunakan deh diblog. Itu aja menurut aku sob.

Bengkel Ngeblog said...

Ilmu yang sangat menarik, nih. Kayaknya Saya harus nyoba di blog aku yang lain yang lebih banyak gambar dan bannernya. Soalnya untuk blog Bengkel Ngeblog, kayaknya sih masih dianggap ringan, karena pakai template minima & belum banyak widget. Bagaimana menurut sobat ? Tolong sarannya ya.

Willyo Alsyah P. Isman said...

skrg gi istirahat siang dr Lat Militer...aku langsung bergerilya ke blog mu sahabat..

blog aku berat ga'

mas acrom said...

baca baca dulu sob ,sekalian praktek...

masterGOmaster said...

kebetulan nih blog aku beratnya lebih dari cepek, aku mau coba dah mudah2an ngejozzzz.makasih

The fachia said...

Saya juga memanfaatkan tips di atas agar blog saya cepet loadingnya. mantapo mas Andy.. :)

andy said...

@ bengkel ngeblog: coba aja sob, pasti tar ada perubahannya. Klo untuk yang blog bengkel ngeblog emang masih ringan sob, jadi ga ada masalah buat aku. sip sob

@ Willyo: blog sobat masih normal sob, paling klo mau lebih dioptimasi kecepatannya digambar aja ama mungkin widget yang disamping kiri dicompress. itu aja kali sob

@ mas acrom: silakan sob, biar lebih ringan tar blognya hehehe

@ mastergomaster: sip sob, tar klo aku berkunjung jadi lebih "licin" nih pas akses :)

@ the fachia: sama2 juga sob. thank ya kunjungannya

harto said...

dicoba dulu niih, mudah2an berhasil. trims yaa atas ilmunya sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat

btw... tugas sudah dilaksanakan dengan baik, mohon maaf karena kesibukan di dunia offline.

Edi Psw said...

Ntar mau dicoba...
SOalnya blogku loadingnya agak lama...

Kanvas Virtual said...

makasih udah berkunjung,,, mau nanya caranya nyimpan file css ke external source gimana ya??

from anirmana[at]yahoodotkom

secangkir teh dan sekerat roti said...

harus cepat loadingnnya suapaya pengunjung tidak kabur.. ehehehehe

Rafi said...

Wah keren Infonya nih. Btw Info diatas khusus untuk Blogspot yah? Thanks Infonya

Bayu Lebond said...

kalo blog gw tiap ngeliat dari PC berbeda kenapa tampilannya laen-laen yo sam...

Ipin said...

thanks banget nih infonya sobb..
sarannya untuk blog ane gim,ana sob apakah loading nya berat sob..?trims saran kritiknya saya tunggu

mas doyok said...

google juga udah kasih sinyal bakal maskuin load utk pertimbangan SEo yak

andy said...

@ mas harto: thank ya mas udah dikerjain tugasnya

@ edi psw: coba aja sob, mudah2an ada perubahan dalam kecepatan blognya

@ kanvas virtual: udah diposting sob pertanyaanmu tentang nyimpan data dieksternal storage

@ Kakve santi: bener mba harus cepat, klo ga mau kabur hehehe

@ rafi: ya sob, aku juga udah pakai cara ini di blog ini. thank juga kunjungannya sob

@ bayu lebond: maksudnya gimana sob, aku masih belum ngudeng? hehehe

@ Ipin: blog mas cepet kok mas, apalagi udah pake yang beda2 widget tiap halaman tuh pasti ngebantu juga buat loadingnya ya, aku juga pengen pake tapi belum sempet praktekin caranya

@ mas doyok: bener mas, katanya Google mau masukin kecepatan loading buat salah satu pertimbangan kualitas blog di search enginenya. jadi kudu prepare nih hehehe. thank mas

Willyo Alsyah P. Isman said...

Mat mlm sahabat...maaf aku baru bisa berkunjung ih....soalnya aku ada problem...

Ummiega said...

Makasih infonya, kalau posting image besar bisa juga dengan efek zoom untung memperingan loading...

kabari bos said...

bos curhat plus-plus.....aku punya masalah pada waktu mau membuka halaman blog (readmore).....loadingnya lambat? mengapa ya? http://siap-bos.blogspot.com

andy said...

@ kabari bos: klo menurut aku sih readmore ga terlalu masalah. Tapi mungkin faktor yang bikin lambat itu muatan yang ada didalam blog sobat pas waktu readmore itu dibuka. Seperti widget, css, javascript, template juga bisa berpengaruh sih. Tapi klo boleh tau berapa besar lambatnya kalau dibandingin antara blog masih posisi readmore sama kalo readmorenya udah dibuka?

Pojok Bisnis said...

apa kabar gan,..ane mau tanya nih, ane coba trik no 2 tuh, tapi ko justri berpengaruh pada trafik ane ya,..makin menurun aje,..ada caranya nda buat cancelin tuh cara no 2,.kasih tau ke ane ya. thank

Masenno said...

good jobs...gan...
sepp..tenan...artikel yang bagus...
salut...langsung praktek...
tetap semangat...

Marivany|Ivan said...

Lengkap juragan optimasi kecepatan loading page blognya. saya sudah coba satu persatu jadi mantap gan silahkan liat di
http://antik-bendabertuah.blogspot.com
(jual benda unik)

Rahmat Sidi said...

Salam kenal

minta izin ambil artikel nih....

Anditerra said...

saya pemula, langsung dicoba. thanks infonya..
lam kenal

ANDI WONG said...

ths ndy sharingnya.. emg byk cara utk mempercepat loding blog alias Need 4 speed :D .. tinggal tergantung admin blognya mo pake cara kekerasan (uninstal widget) atau cara yg wajar2(di akal2in tanpa uninstal widget) saja.. hehe...

irma bonekahortadanpoti said...

thx infonya

cool math games said...

Letak server juga sangat mempengaruhi kecepatan blog.

Andree Arief Pratama said...

Posting yang bagus sekali...
Terima kasih ya gan...

saya berharap bisa tukeran link :D

ini blog saya: http://adf.ly/9V4p atau www.theblognews.tk

Rudy Hartono said...

makasih infonya

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts