Teknik Basic SEO yang sering terlupakan

Dalam membangun suatu blog/website, penggunaan search engine optimization (SEO) merupakan salah satu faktor penting untuk memenangkan persaingan dalam 10 besar halaman pertama search engine. Dengan begitu banyaknya blog yang ada sekarang ini maka persaingan-pun menjadi semakin ketat. Untuk itulah diperlukan cara untuk memaksimalkan seluruh komponen blog agar mendapatkan perhatian dari search engine. Tetapi melakukan optimasi search engine ini bukanlah cara yang mudah dan instant, terutama bagi blog yang masih baru dan memiliki artikel yang sedikit. Diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk membangun blog menjadi stabil.

Penggunaan SEO dalam blog bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari pencarian search engine. Untuk itulah banyak blogger berlomba-lomba untuk memaksimalkan teknik SEO agar dapat mempopularitaskan blognya. Namun terkadang kita menyampingkan optimasi search engine karena hal ini dapat menyita waktu khususnya bagi para newbie. Padahal search engine optimization merupakan setup/langkah awal yang penting ketika pembuatan blog dimulai. Berikut ini ada beberapa teknik basic search engine optimization yang penting namun kadang terlupakan oleh blogger termasuk saya sendiri hehehe, yaitu:

1. Penggunaan judul yang spesifik dan menarik.
Judul yang menarik merupakan salah satu kunci untuk menarik pengunjung ke blog kita. Untuk dapat membuat judul tidaklah mudah, karena judul sangat menentukan untuk menarik search engine dan tentu saja pengunjung. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat judul, antara lain:
• menentukan topik yang spesifik
• melakukan pencarian tentang jumlah persaingan topik dalam search engine
• Memilih dan memasukkan keyword yang tepat dan spesifik pada judul
• Kenali karakter search engine (Google, Yahoo, MSN)
• Judul diusahakan tidak lebih dari 10 kata
• Minimalkan penggunaan kata hubung (dan, sebuah, yang) maksimal 1 kata.
Untuk poin kedua, kita dapat menentukan topik yang lebih spesifik dengan cara menuliskan topik pada search engine (jika hasilnya antara 1 juta s/d 5 juta atau dibawah itu, maka teman-teman sudah membuat judul yang spesifik dan tidak banyak saingan). Teman-teman juga bisa memilih keyword yang baik dengan menggunakan keyword tracker atau google adword keyword suggestion tool untuk melihat tingkat kerapatan dan jumlah pencarian dibulan kemarin.

2. Meta tag dan deskripsi.
Penggunaan meta tag ini memang sudah tidak terlalu di perhatikan oleh Google, namun oleh search engine lain penggunaan meta tag masih diperhitungkan. Jadi tidak ada salahnya kita menggunakan meta tag yang dapat menggambarkan blog kita. Meta tag ini seperti jati diri blog yang menggambarkan profil blogger, deskripsi blog, keyword yang dipilih, bahasa maupun robot meta untuk mengindeks konten blog.

3. Penggunaan keyword dalam artikel.
Penggunaan keyword dalam artikel juga sangat penting, usahakan keyword yang digunakan berada pada paragraf pertama artikel, dan beberapa paragraph berikutnya. Jangan terlalu banyak memasukkan keyword karena nanti bisa dianggap SPAM oleh search engine. Ada baiknya salah satu keyword yang digunakan dijadikan Hyperlink, karena ini akan dianggap search engine sebagai sesuatu yang penting.

4. Hindari penggunaan frame.
Penggunaan frame dapat mengganggu search engine untuk mengakses suatu web/blog. Jadi jika teman-teman ada yang menggunakan frame pada templatenya, maka lebih baik dirubah dengan memasukkan tag

<noframes>
dan menutupnya dengan tag
</noframes>

5. Buat site map, hal ini dilakukan jika Google hanya mengindeks sebagian konten blog.

6. Pilih template yang ringan, ramping dan kode HTML yang berkualitas.
Kita harus bijaksana dengan penggunaan kode HTML, karena terlalu banyak kode HTML dapat membuat search engine kesulitan untuk mengindeks blog, hal ini juga pernah terjadi pada blog saya, maka saya putuskan untuk merubah templatenya seperti sekarang.

7. Hindari penggunaan flash pada blog.
Flash dapat mengganggu kinerja blog, seperti menjadi lambat/berat, lama ketika loading, sulit diindeks oleh search engine, juga membuat pengunjung bosan dan meninggalkan blog dengan segera karena aksesnya berat.

8. Link internal harus optimal.
Cek validitas link pada blog, pastikan tidak ada yang rusak. Untuk menambahkan link pada artikel sebaiknya menggunakan kata yang informatif dan relevan sesuai dengan konten artikel. Jangan hanya menggunakan kata “klik disini”.

9. Usahakan tidak terlalu sering meng-overlink keluar.
Ada baiknya perbandingan overlink ke luar dengan link yang masuk adalah 1:2.

10. Buat internal-site linking.
Buat hubungan keterkaitan link artikel satu dalam blog dengan yang lainnya, karena selain dapat membangun link internal dalam blog juga dapat lebih menarik pembaca dan pengunjung.

Teknik SEO diatas adalah teknik yang mendasar dan dilakukan pada saat blog baru dimulai atau bagi yang belum juga bisa melakukannya sekarang. Hal ini dapat lebih mengoptimalkan blog dimata search engine dan mendapatkan trafik yang berkesinambungan.

Pertama saya juga kurang memperhatikan masalah ini dan hanya berusaha mencari cara yang intant, memang tidak ada yang instant kalau mau berhasil melainkan dengan usaha secara step by step dan mengikuti apa yang dilakukan oleh blogger professional. Sebenarnya masih banyak teknik SEO yang lain yang mau dibagikan, mungkin akan aku jelaskan diartikel berikutnya. Keep try for the best future

Related Post



15 Comment:

Still wish said...

makasih atas infonya sobat berguna banget nih buat aku

Blog Asep Canda said...

ini dia yang aku cari cari sob makasih ya

andy said...

thank sob komennya...terus berkembang ke arah yang lebih baik sob

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
wah siip artikelnya cocok sekali apa lagi ilmu ginian saya ga tahu sama sekali he..he..thnxs n good luck ya

Bayu Lebond said...

kepada YTH,
Bang Andi
ditempat


dengan ini gw mengajukan proposal permohonan tuk tukar-menukar link/banner...sudikah kiranya proposal permohonan pertukaran link/banner dapat dikabulkan.
demikianlah proposal permohonan ini gw sampaikan semoga dapat menjadikan pertimbangan n dapat dilaksanakan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

hormat gw


Bayu Lebond
(orang yg selalu kehilangan korek)

Abad said...

Very Usefull..Thanks Sob!

Nasehat Guruku said...

suwon om

ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010 said...

Wah perlu di coba ni tips nya, thx s0b

pasang iklan gratis said...

hem ... keren tuh

Negeriads.com solusi berpromosi said...

bener juga ya.. terkadang main seruduk aja jadi gak maksimal :)

Powerleveling Guide said...

Wah, ini nih yang ane cari2 walaupun basic tapi tetep mantep

Softsoap Body Wash said...

Cara memilih template yang ringan, ramping dan kode HTML yang berkualitas gimana caranya???

apoy said...

oh iya mas mo nanya..... link keluar sama link masuk tuh koq perbandingan nya 1:2 gimana maksdnya

andy said...

@soaftsoap: cara milih template: klo sobat tertarik ama satu template maka coba dulu previewnya, trus liat kecepatan loading template terebut cepat atau tidak. Perhatikan posisi loading komponen didalam template ketika loading.

Bagian mana yang loadingnya pertama, kedua dan seterusnya. Usahakan pilih template yang loading untuk artikel diposisi awal baru diselingi widget dll. Hal ini agar pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk membaca artikel.

Klo ramping itu, yang aspek kolom dan komponen dasar lainnya dalam template tidak terlalu banyak. HTML berkualitas bisa dilihat dari bentuk struktur template, mulai dari header, metatags, template body hingga footer. Usahakan pilih yang seo friendly sehingga lebih mudah dioptimasi.

@ apoy: perbandingan itu maksudnya, klo diblog/link artikel blog ada 1 link keluar berarti sobat sebaiknya memiliki backlink minimal 2. Jadi terus jalanin link building diblog kamu biar tetep "hidup" n dapet posisi disearch engine.

syafren said...

meta tags pada blog biasanya terletak di mana dan bagaimana cara agar dapat mengoptimalkan'a..
Dan apakah sebuah blog bgs atau tidak untuk menmpilkan sebuah gmbar pd stiap postingan yang di publikasikan.
Saya harap anda dpt memberikan saran kepada saya.

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts