Cara meningkatkan pagerank dengan link building

Bagi kita yang aktif menggunakan internet dan mempunyai blog atau website, pastinya ingin website/blognya terkenal atau popular sesuai dengan tujuan awalnya masing-masing. Salah satu ukuran penting dan terkenalnya suatu blog atau website adalah dengan sistem pagerank yang digunakan oleh Om Google. Pagerank ini mengindikasikan akan posisi sebuah blog atau website diantara ketatnya persaingan keyword dan jumlah backlink dari situs lain.

Memang tidak bisa kita pungkiri lagi kalau Google sudah menjadi barometer bagi para pengguna internet khususnya blogger untuk mendapatkan pagerank sebagai tanda penting atau tidaknya sebuah blog/website. Karena tingginya tingkat persaingan dan kompetisi yang ketat akhirnya timbullah cara atau layanan yang lebih efektif untuk meningkatkan popularitas blog, dimulai dari cara whitehat yang bersifat natural sampai blackhat yang tentu saja dapat meningkatkan pagerank dengan cepat tetapi mempunyai resiko dan sanksi yang cukup tinggi jika diketahui oleh Google.

Seperti yang teman-teman ketahui ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan pagerank Google, seperti link exchange dengan blog yang memiliki topik sama, link exchange dengan blog yang memiliki pagerank lebih tinggi, komentar pada blog do follow, bookmark artikel, submit blog ke directory (DMOZ), pingomatic, artikel directory dll.

Semua cara diatas bertujuan untuk meningkatkan link yang masuk ke blog atau bisa disebut dengan link building. Sebenarnya cara diatas merupakan cara natural dan manual yang dapat kita lakukan secara bertahap dan rutin, hingga pada saatnya Google akan melakukan pengecekan (biasanya tiap 3 bulan) maka Insyallah blog kita akan dihargai dengan pagerank.

Sebenarnya ada cara untuk membangun link yang lebih mudah dan legal atau whitehat method sama dengan link exchange biasa. Aku sendiri sudah menggunakannya dalam 2 bulan belakangan ini, dan Alhamdulillah Google sudah meningkatkan pagerank blog aku menjadi 2, layanan ini di sebut dengan Linkmarket.

Linkmarket adalah website penyedia link bagi para blogger dan website owner yang memiliki kebutuhan dan pandangan yang sama (untuk meningkatkan pagerank) dengan cara semi automatic. Kita dapat menggunakan layanan ini dengan gratis dengan additional optionpayment untuk full membership. Tapi aku sendiri sudah cukup untuk menjadi membernya yang gratis saja dan untuk sistemnya sama seperti manual link exchange dimana kita akan meminta tukeran link kepada blog/website lain sebanyak lima (maks) setiap hari. nanti member lain juga akan melakukan hal yang sama pada blog teman-teman.

Kalau saya sendiri melakukan cara diatas sebagai berikut:
1. Mencari blog atau website dengan tema yang sama pada directory
2. Mencari blog/website dengan pagerank yang lebih tinggi
3. Untuk request dari blog/website lain, aku akan menyortirnya dengan tema yang sama
4. Lakukan secara rutin

Langkah diatas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat asalkan dilakukan secara rutin. Untuk blog/website yang belum memiliki pagerank 0 dan maks 2 dapat menjalani tips berikut ini:
1. Terima semua website yang meminta pada kita untuk link exchange (biasanya member gratis akan menerima permintaan dari full member setiap hari)
2. Sortir langkah diatas hanya pada website yang temanya mendekati atau mirip (tidak harus sama) baik yang memiliki pagerank ataupun tidak.
3. Teman-teman bisa cari 5 blog atau website/hari yang temanya mirip pada directory linkmarket.
4. lakukan secara rutin.

Selanjutnya untuk blog atau website yang memiliki pagerank 2 ke atas:
1. Pada tahap ini teman-teman harus hati-hati dan lebih selektif untuk link exchange
2. Pilih blog atau website yang memiliki pagerank sama atau lebih.
3. Pilih tema yang sama dengan blog kita

Untuk info tambahan layanan ini juga bisa bisa mengecek status link kita yang sudah terpasang pada blog lain, jika sewaktu-waktu blog lain menghapus link kita maka kita dapat melihat statusnya di linkmarket (pada link broken). Itulah tips dan langkah yang bisa dilakukan dengan bertahap dan tanpa melanggar aturan Google sehingga akhirnya blog kita diberi pagerank. Hasil ini akan lebih baik jika di support dengan langkah manual yang saya sebutkan diatas.

Related Post



4 Comment:

biro bangunan said...

Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat buat blog birobangunan saya, kebetulan sudah PR3 jadi sebaiknya cari dimana blog yang se-tema?

santi said...

masih bingung nie

andy said...

@ biro bangunan: sobat bisa tau jenis dan bidang sobat yang bangunan dari artikel yang sobat buat, misalnya tentang bangunan itu kan pasti ada banyak aspek materialnya, klo mau cara manual sobat bisa cari disearch engine dengan keyword dari masing2 artikel yang dipublish didalam blog, nanti pasti kan banyak tuh yang membahas tentang itu. Sobat bisa komentar diblog atau website yang sesusai dengan tema blog sobat, terus klo untuk dilink market mungkin arahnya yang ke "directory home" terus bisa pilih yang paling mendekati bidangnya, misalnya "home improvement atau home making" atau yang lain. Sobat bisa browse untuk bisa tau mana yang paling cocok.

@ falinda: klo untuk mba bingung kenapa? mungkin bisa dijelasin mana yang bingungnya. thank

jack said...

ok gan tkp nice info....

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts