Cara Mengurangi Tingkat Bounce Rate Dalam Blog

Setiap blog pastinya ingin memiliki trafik pengunjung yang banyak dan rutin setidaknya ini yang tertanam dipikiran aku ketika mulai membuat dan mengelola blog ini. Berbagai macam telah dipelajari dan digunakan mulai dari promosi online, optimasi search engine menggunakan teknik seo, sampai link building. Ternyata hasilnya lambat tapi pasti memang sudah kelihatan. Cara diatas memang terbukti bisa meningkatkan kualitas blog di search engine dan juga dikalangan blogger. Sehubungan dengan hal diatas, suatu blog biasanya baru akan bisa di monetisasi setelah trafik pengunjungnya sudah stabil. Bagus tidaknya trafik pengunjung/visitor suatu blog dapat dilihat dari persentase Bounce Rate dalam periode tertentu dan dari waktu ke waktu.

Apa itu bounce rate? Bounce rate (bounce = terlempar, rate = nilai) merupakan statistik dari blog yang menunjukkan perilaku pengunjung atau visitor ketika mengunjungi blog. Perilaku pengunjung ini bisa dimasukkan dalam kategori bounce rate, jika pengunjung hanya mengunjungi blog dalam waktu yang sangat singkat (biasanya dibawah 10 detik) dan hanya melihat satu halaman blog saja. Jadi bahasa ilmiahnya, bounce rate merupakan statistik persentase dari pengunjung/visitor yang hanya mengunjungi satu halaman lalu keluar (single page turn) dalam waktu yang sangat singkat. Persentase bounce rate ini harus menjadi perhatian penting bagi kita sebagai blogger jika ingin blog kita memiliki kualitas yang baik dimata search engine maupun blogger lain.

Karena jika persentase bounce rate pada blog tinggi maka perilaku pengunjung/visitor ini dapat merugikan blog kita apalagi bagi blog yang sedang menawarkan produk/jasa atau yang sedang melakukan monetisasi. Kenapa bisa merugikan? Karena perilaku pengunjung/visitor seperti ini tidak akan membuahkan hasil bagi blog dan dapat dipastikan 90% dari mereka tidak akan mengunjungi kembali blog kita sehingga tidak adanya repeated traffic yang timbul dan blog berjalan ditempat.

Perilaku pengunjung yang membuahkan bounce rate ini sebenarnya dipengaruhi banyak faktor khususnya dari dalam blog itu sendiri, diantaranya:
  1. Blog berat (loading blog lambat)
  2. Warna/template blog tidak enak dilihat (penuh warna kontras)
  3. Susunan komponen blog tidak tersusun rapih
  4. Banyak terdapat iklan dimana-mana yang membuat pengunjung terganggu
  5. Konten atau artikel yang disuguhkan tidak menarik pengunjung
  6. Navigasi blog yang menyulitkan pengunjung
  7. Blog yang memiliki link rusak (link broken) didalamnya
  8. Blog yang menimbulkan kebencian dan menghina sesuatu
  9. Blog dalam kondisi maintenance yang berlarut-larut
  10. Bahasa yang digunakan tidak baik atau tidak sopan
Sedangkan faktor luar yang mempengaruhi bounce rate, antara lain:
  1. Trafik pengunjung yang tidak sesuai target (dengan niche/tema blog)
  2. Trafik dari luar negeri pada blog bahasa Indonesia
  3. Penggunaan metode promosi yang tidak baik
  4. Server blog yang tidak stabil/turn down (bagi yang memakai hosting premium)
Jadi dari beberapa faktor diatas, sebagian besar yang mempengaruhi bounce rate adalah dari dalam blog itu sendiri. Berikut ini adalah grafik bounce rate dari Andy's blog dalam kurun waktu 3 bulan terakhir:
Grafik Bounce Rate Andy's Blog

Dari grafik diatas melalui situs alexa, aku bersyukur dan terima kasih kepada teman-teman yang sudah bersedia menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diblog ini. Rasa syukur ini tidak lepas dari menurunnya tingkat bounce rate Andy's blog dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Walaupun sebelumnya tingkat bounce rate blog ini sempat tinggi pada kisaran 75%, tetapi sekarang sudah turun secara drastis ke posisi 35%. Dampak ini secara tidak langsung telah meningkatkan sedikit demi sedikit kualitas blog ini di search engine, sehingga posisi di search engine pun mulai meningkat dan mulai mendapatkan trafik dari search engine.

Untuk itu aku ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat bounce rate pada blog, yaitu:
  1. Blogger harus mendesign blognya dengan rapih dan profesional sesuai dengan tema dan target pasar yang dituju. Karena blog yang ingin dioptimasi ke dalam bentuk toko online atau monetisasi lainnya (melalui iklan) setidaknya dapat membuat pengunjung yang mengunjungi blog tersebut berada dalam kurun waktu 10 detik atau lebih. Karena mereka akan membaca terlebih dahulu artikel yang disajikan dalam blog atau produk yang ditawarkan, baru setelah itu akan ada kemungkinan untuk membeli suatu produk atau mengklik iklan yang menarik bagi pengunjung tersebut.
  2. Kedua adalah membuat link navigasi yang memudahkan pengunjung (bagi blog yang mempunyai artikel banyak).
  3. Ketiga, hindari terlalu banyak jenis iklan dalam halaman blog sehingga membuat blog penuh oleh iklan dan penempatannya yang tidak mengganggu pengunjung.
  4. Content is the king, mungkin teman-teman pernah mendengar istilah ini. Jadi artikel blog merupakan prioritas dan senjata utama dalam blog, maka buatlah artikel yang menarik dan seunik mungkin sehingga dapat menarik bagi pembaca/pengunjung.
  5. Lakukan promosi yang baik dan tertarget sesuai dengan niche/tema blog.
Dengan melakukan langkah-langkah untuk mengurangi tingkat bounce rate pada blog, seperti design blog yang rapih dan professional, membuat link navigasi yang mudah bagi pengunjung sampai promosi yang tertarget, maka blog kita akan berkurang tingkat bounce rate-nya dan ini tentu akan menghasilkan peningkatan trafik yang lebih baik dan sesuai dengan target pembaca. Pada akhirnya blog menjadi lebih berkualitas baik di search engine maupun dikalangan blogger sehingga timbulnya repeated traffic/trafik yang berulang-ulang ke dalam blog. Baru setelah itu langkah monetisasi blog akan berjalan lebih baik dan mudah-mudahan lancar. Terima kasih

Related Post



28 Comment:

Eric said...

Nice info mas... txs ya...

ivan kavalera said...

Thanks infonya mas.

Stream For Netter said...

ARTIKEL BERMANFAAT. SALAM.

Anonymous said...

Info yang sangat membantu, klo melalui iklan gimana mas ? saya menemukan situs iklan yang tidak berbayar dan peluang visitornya internasional .... atau mungkin bisa di review dulu situsnya we-bclickin.com

Klo ngga salah kita harus daftar dulu, setelah itu kita juga harus klik sejumlah iklan, nach point dari hasil iklan itu bisa kita tukar dengan memasang iklan website/blog kita yang membutuhkan visitor secara internationl.

gajah_pesing said...

tutorial yang komplit, bounce memang menjadi tolok ukur daripada kelayakan website / blog kita

hiabrother said...

jadi klo bounce tinggi kurang bagus yah mas???

van said...

wah makasih infonya sobat,,,,manteppp

andy said...

@ anonim: aku udah liat web-nya, itu web traffic exchange ya. Klo menurut aku sih mendingan cari aja cara promosi yang lain, karena klo melalui traffic exchange itu trafik yang dihasilkan ga sesuai target dan blog kamu ga berkembang nantinya. Dan kamu nanti akan tergantung ama traffic exchange terus-menerus dengan tukeran klik, apalagi klo blog kamu bahasa indonesia pastinya visitor yang mayoritas luar negeri ga akan baca blog kamu jadinya sia-sia deh ntingkat bounce rate jadi tinggi. Pakai aja cara yang manual nanti lambat tapi pasti akan meningkatkan blog kamu asal kamu sabar dan tekun aja. thank

@ gajah pesing: bener tuh sob, makasih inputnya

@ hiabrother: ya bener sob, soalnya klo bounce rate tinggi berarti kan pengunjung yang datang ke blog secara logikanya ga baca artikel diblog kita. Ada banyak alasannya seperti yang aku tulis diatas bisa berat blognya, ga menarik, atau ga sesuai target pembaca tersebut. Klo udah tinggi begitu bounce rate-nya gimana blog mau dimonetise ya kan? jadi kita harus berusaha menurunkan tingkat bounce rate ini, karena search engine juga memperhatikan tingkat bounce rate ini dari lama atau sebentarnya pengunjung dalam blog untuk menyusun SERP-nya

@ van: sama2 sob, thank juga udah berkunjung dan koment ya

Anonymous said...

betul sekali mas. karena itu saya sebutkan bahwa link exchange itu sangat berguna buat web/blog yang membutuhkan traffic secara internasional, misalnya buat web/blog yang didalamnya sudah ada PTP, ADV123 atau ADV point

Osi said...

Baca ulang lagi nih, biar inget

Thanks info bermanfaatnya

Jemmy said...

Klo nurut saya sih, alexa nggak terlalu akurat buat ngitungin yang ginian...mending pake google analytics biar lebih detail ketahuan bounce rate per halaman, jadi bisa langsung optimasi halaman yang "bermasalah" tersebut.

Bonthain said...

wouw...hebat tuh cara perhitungan na

Ambae.exe said...

kunjungan rutin dalam waktu yg relatif lama ternyata mampu meningkatkan rating yach...kalo' gt mari saling mengunjungi biar lebih akrab skalian meningkatkan rating...tp perlu jg ngasi comment toh...

ILikePaperCutting.blogspot.com said...

thanks for the blogging tips.

Andika said...

Jadi, mencampur posting bahasa Inggris dan Indonesia bukan ide yang bagus?

mas acrom said...

Siip brow infonya ,oh jadi bounce rate itu kayak gitu yah....
sangat membantu buatku..

andy said...

@ anonim: klo blog yang pakai ptp gitu emang bagusnya nyari trafik internasional, tapi klo visitornya lewat traffic exchange biasanya ptp yang berbasis CPM kaya adv point dll kayanya ga bisa deh. Soalnya rata2 program CPM ga ngebolehin publishernya pake traffic exchange tapi ga tau juga deh klo ada yang bisa, pastinya jadi gampang banget hehe.

@ osi: sip sob, sama2 n thanks udah berkunjung

@ masjemmy: emang sih mas klo mau lebih detailnya kudu pake google analytic, tapi soalnya aku baru daftar sih belum lama di analytic, jadinya grafik perkembangan blognya belum bisa keliatan banget. Tar klo udah ada perkembangan lebih lengkap aku post lagi deh, thank ya sarannya

@ bonthain: thank ya sob

@ ambae.exe: bener sob, klo mau lebih detail coba browse aja di Google pasti ada pengaruhnya. Sip tar aku kunjung balik n koment juga. thank

@ ilikepaper: thank for your support friend.

@ andika: klo itu aku kurang tau juga sob, tapi menurut aku kombinasi postingan blog itu bisa bagus bisa juga ga.

Postingan kombinasi bisa bagus untuk mengikuti banyak program iklan yang mensyaratkan blog nya berbahasa inggris jadi peluang untuk nambah incomenya lebih besar. Terus dari segi trafik klo cara promosi kita tertarget hasilnya juga bisa bagus bahkan kemungkinan untuk mendapat trafik lebih besar. Kaya misalnya untuk artikel yg bahasa inggris promosi artikelnya ditempat internasional juga biar lebih efektif. Sedangkan yang bahasa Indonesia promosinya ya ditempat lokal.

Postingan kombinasi ini juga bisa kurang baik klo sebaliknya sob, yaitu promosi dan trafik yang dihasilkan tidak pada targetnya sehingga trafik yang datangpun ga sesuai yang diharapkan.

Jadi klo mau nulis posting kombinasi kita harus tepat ngelakuin promosi artikelnya, Mungkin tepatnya dibagi 2 porsinya per 50% untuk masing2 promosi. Yang perlu jadi catatan juga klo mau posting artikel bahasa inggris usahain artikel yang kita buat itu kita kuasain bidangnya, karena dari yang aku liat komentar orang luar negeri itu kritis, terutama USA dan eropa. Jadi kita harus bisa mengimbangi pengetahuan mereka mengenai bidang yang kita tulis diartikel. Klo mereka suka dan puas pastinya mereka akan menjadi pengunjung setia. Mungkin itu pendapat aku sob, klo ada yang kurang atau salah mohon dikoreksi. thank

@ mas acrom: sama2 sob, thank udah berkunjung

sijagur said...

thanks infonya bro.. manfaat banget

Bayu Lebond said...

baru tau gw neh...tengkyu ya sam...selama ini gw gak perhatiin...tambah temen tambah ilmu neh...

secangkir teh dan skekerat roti said...

hal yang tidak saya perhatikan sebelumnya,, ternyata cukup kompleks dan menantang.. :)

The fachia said...

Saya dulu pernah nulis tentang bounce rate juga mas, kini saya baca cara menguranginya. makasih bgt.. :)

Seputar-Internet said...

ternyata ada istilah bounce rate ya... saya baru tau nih... thank's infonya Sob.. bermanfaat banget...

Belajar Ngeblog said...

Pencerahan yang sangat bermanfaat buatku. Maklum selama ini masih belajar yang global-globalnya saja plus belum bisa konsentrasi ke blogging. Jadi tertantang nih menggeluti yang beginian. Makasih Sob, Mau siap-siap berpacu lagi nih...

voo said...

makasih bgt mas info nya .
jadi tahu saya apa itu bounce rate .
ternyata itu ya .
bermanfaat dan sangat membantu mas info nya .

cool math games said...

baru tahu apa itu bounce rate.

Anonymous said...

Wah kayaknya perlu di benahin nih sistem blog Anda. Soalnya sekarang bounce rate anda malah 70% ??? :p

andy said...

@ anonymous: maklum bos...blog ini lagi hiatus, aq lagi prefer ke "online writing" dulu hehehe. I choose the best one based on several factors in my life.

Hzndi said...

masih agak bingun sob :(

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts