Perbandingan Metode Buy Traffic dan Organic Traffic

Ketika Andy memulai aktifitas di dunia internet, banyak cara yang sudah dicoba dan digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung/traffic visitor ke dalam blog maupun ke program afiliasi lainnya. Di antaranya melalui organic traffic/trafik gratis yang sangat direkomendasikan oleh webmaster dan pro blogger karena trafik jenis ini memiliki kualitas yang baik, tertarget dan tentunya tidak membutuhkan biaya. Andy juga pernah mencoba buy traffic/membeli trafik dari website penyedia layanan dengan berbagai jenisnya. Tetapi setelah beberapa waktu menggunakan kedua metode trafik diatas baik organic traffic dan paid traffic, aku mencoba menyimpulkan dan membandingkan mana yang lebih baik dilihat dari segi kekurangan dan kelebihan masing-masing untuk digunakan oleh para blogger, termasuk teman-teman.

Paid Traffic

Membeli trafik merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk meningkatkan jumlah visitor ke dalam blog atau program lainnya. Jenis paid traffic memang sangat banyak, contohnya: membeli credit dalam program traffic exchange, beriklan dalam CPC program, CPM banner, email safe list, iklan Pop-up, CPA (Cost Per Action) dan PTC. Jenis paid traffic ini mungkin hanya beberapa saja dari yang Andy sebutkan karena masih banyak lagi jenis yang lain dan harganya juga yang beragam. Dari jenis iklan diatas ada yang memang baik untuk menjadi salah satu alternative sumber trafik dan ada juga yang tidak baik, berikut penjelasannya:

a. CPC
Kelebihan paid traffic melalui CPC selain hasilnya cepat dalam menjaring trafik, juga dapat mengenalkan blog atau program lain dalam waktu yang singkat yang mengarah pada tingkat penjualan. Sedangkan kekurangannya tentu saja teman-teman memerlukan biaya yang jumlahnya mungkin bisa besar ataupun kecil tergantung dari campaign yang dibuat dalam masing-masing program CPC. Ketika menggunakan CPC gunakanlah sumber yang terpercaya dan sudah terbukti menghasilkan trafik yang berkualitas. Sehingga modal yang digunakan tidak akan sia-sia.

Dari berita yang baru aku dapatkan di situs webpronews, kalau Google Adsense tidak bisa menangani semua “click fraud” yang terjadi pada advertisernya. Hal ini membuktikan bahwa Perusahaan iklan sebesar Google adsense saja tidak bisa menangani semua tindakan click fraud yang dapat membahayakan advertiser. Jadi ada baiknya jika ingin beriklan di CPC lakukan research terlebih dahulu, tentukan keyword yang tidak banyak saingannya tetapi unik dan dibutuhkan oleh pengguna diinternet serta merupakan gambaran utama dalam program yang di ikuti. Hal ini penting untuk menentukan munculnya iklan dan pasar yang sudah tertarget.

b. CPM banner
Mungkin ini merupakan jenis paid traffic yang paling murah jika dibandingkan dengan yang lainnya, karena hitungannya berdasarkan jumlah per 1000 impresi pageview atau unique visitor. Jenis trafik ini akan berhasil jika iklan yang dibuat mempunyai judul yang unik dan menarik dari design bannernya. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

c. CPA
Iklan CPA merupakan iklan yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi tetapi biayanya juga lumayan besar, karena ini mengharuskan orang untuk melakukan sign-up baik gratis ataupun trial dengan memberikan email dan data lainnya untuk mengikuti program yang mengarah pada sales page. Iklan jenis ini baik untuk program baru yang sedang melakukan list building.

d. Iklan Pop-up
Paid traffic ini mirip seperti CPM banner yang bisa menjangkau secara luas tetapi terkadang tidak disukai oleh pengunjung lain diinternet. Karena iklan pop-up ini terasa mengganggu termasuk Andy sendiri dengan muncul secara otomatis di new windows browser. Dan hal lain yang membuat khawatir akan iklan jenis ini adanya website pop-up yang memasukkan spyware atau malware didalam iklan tersebut. Sehingga iklan pop-up tidak begitu disukai dan beberapa browser menggunakan option untuk memblok iklan jenis ini. Jadi jika memang ingin menggunakan iklan pop-up gunakan yang baik dengan melakukan research di search engine.

e. Email Safe list
Sebaiknya hindari menggunakan program email safe list atau email blaster karena ini hanya akan menghasilkan trafik yang tidak berkualitas, mungkin trafik yang dihasilkan merupakan trafik dari spam bots, karena mereka mengirimkan email kita ke ribuan email anggota lainnya dan sebagai gantinya kita juga dikirimi banyak email setiap harinya, kecuali bagi premium membership yang mengirimkan email solo tanpa menerima email dari anggota lain, tetapi untuk tingkat konversinya juga sangat kecil. Jadi lebih baik menggunakan metode yang lain saja.

f. PTC
Andy pernah menggunakan iklan melalui PTC, memang trafik yang dihasilkan baik dan merupakan unique views semua. Tetapi campaign ini langsung habis dalam satu hari, sehingga kalau dihitung-hitung biaya untuk melakukan iklan melalui PTC cukup besar juga. Tetapi untuk perilaku pengunjungnya kurang begitu baik, karena dari yang pernah aku coba, jumlah unique visitor dan jumlah pageview atau halaman yang dilihat sama, ini berarti setiap pengunjung hanya melakukan kerjanya dalam mengklik iklan di PTC. Selain itu tingkat perkembangan PTC tidak stabil, karena banyaknya PTC yang tutup, scam dan banyak juga yang baru.

g. Traffic Exchange
Trafik jenis ini juga tidak begitu baik, karena ini hanya pertukaran trafik dengan mengunjungi satu sama lain, tanpa tujuan lebih dalam untuk melihat program itu sendiri. Selain itu kekurangan trafik jenis ini juga karena sebagian perusahaan iklan CPC dan CPM terutama adsense tidak memperbolehkan publishernya untuk mendapatkan trafik dari program ini, karena IP yang dihasilkan merupakan satu IP dari perusahaan tersebut. Untuk membeli kredit aku rasa kurang efektif, karena trafiknya tidak sesuai target dan tidak mengembangkan blog.website kita kearah yang lebih baik.

Organic traffic/free traffic

Organic traffic merupakan trafik gratis yang dibangun secara manual dan sesuai rekomendasi dari para blogger terdahulu. Ini merupakan cara-cara yang memerlukan waktu tapi hasilnya lambat laun pasti akan meningkat dan baik bagi blog kita. Contohnya adalah trafik yang datang dari search engine dengan melakukan teknik seo. Berikut ini adalah beberapa metode/cara untuk mendapatkan free traffic yang dapat digunakan dalam blog atau program lain, selain teknik seo:

a. Reffered traffic
Ini merupakan trafik yang berasal dari website yang merefer ke blog kita, contohnya dengan memasukkan link artikel ke situs bookmarking, forum signature dan directory dan RSS feed directory . Cara ini cukup efektif menjaring trafik yang tertarget dan berkualitas karena pembaca mencari info yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika artikel yang kita buat menarik dan informatif, bukan tidak mungkin pembaca akan mem-bookmark link artikel kita sehingga mereka dapat dengan mudah untuk menemukan blog kita kembali. Jika kita tetap rutin menulis artikel maka hasilnya akan timbul repeated traffic atau trafik yang berulang-ulang secara rutin.

b. List email subscriber
Newsletter atau list email subscriber merupakan cara yang sangat baik untuk tetap berhubungan dengan subscriber ketika kita membuat info/artikel baru. Cara ini dapat menjaga kedua belah pihak untuk saling berhubungan satu sama lain. Jadi bagi teman-teman yang mempunyai banyak jumlah subscriber diblognya, selamat karena sudah ada pembaca setianya. Bagi yang belum atau masih sedikit seperti aku, ya tetap semangat dan berusaha untuk tetap meningkatkan jumlah subsciber.

c. Menyebarkan kata atau info
Berkembangnya website social networking memudahkan blogger untuk memperkenalkan blognya secara masal. Website seperti facebook, twitter, friendster atau myspace dapat digunakan untuk membantu menyebarkan info mengenai blog kita. Cara ini sangat cepat dan mudah serta jika berhasil maka ratusan pengunjung akan datang ke blog secara rutin.

d. Link traffic
Menaruh link dalam blog merupakan cara yang sangat baik untuk mengarahkan pengunjung ke program yang kita rekomendasikan. Hal ini akan efektif jika blog kita sudah memiliki trafik yang baik. Sehingga program yang kita rekomendasikan tersebut dapat dilihat oleh pengunjung yang datang ke blog. Blogger dapat menaruhnya dalam widget ataupun dalam bentuk artikel yang merekomendasikan program tersebut. Untuk blog kita sendiri, kita dapat meningkatkan jumlah trafik dengan melakukan pertukaran link dengan blogger lain, atau yang kita sebut dengan link exchange dan menjadi guest blogger dengan membuat artikel dalam blog lain.

Jadi kesimpulannya perbandingan antara paid traffic dan free traffic adalah pada sisi kegunaan dan fungsinya sendiri, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi bagi blog atau website yang hanya menyediakan informasi tanpa ada produk atau program yang ingin dipromosikan mungkin sebaiknya menggunakan metode free traffic saja. Lain halnya dengan website/ blog yang memiliki kepentingan untuk menjual produk, membership sites ataupun menjadi affiliate produk orang lain, mungkin paid traffic diperlukan untuk dapat menjangkau secara luas dan memberikan hasil yang cukup cepat. Hindari metode paid traffic dan free traffic yang tidak efektif dan hanya akan menghabiskan waktu dan modal kita. Dengan mempelajari dan mengenali program yang ingin dipromosikan, maka hasilnya akan maksimal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terima kasih

Related Post



18 Comment:

Mas acrom said...

Enak sekali baca di blogmu brow,trima kasih ilmunya....

Ligo Saint said...

Terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya mengenai vinefire.

Saya baru bergabung juga dengan vinefire jadi saya kurang ngerti car kerjanya.

Vinefire bisa buat nambain backlink gak ya?
kalo shoutbox khan bisa tuh, malah bagus lagi bisa nambain beberapa backlink kalo page nya banyak.

Bisa kasih tau gak ke saya gimana tipnya promosi di vinefire yg efektif? karena khan cuma bisa 1 kali aja tuh pake link yg sama?

thanks...

Salam kenal,
Ligo Saint

gajah_pesing said...

saia menggunakan sarana blogwalking sebagai penarik traffic, namun yang patut di acungi jempol, tulisan ini sangat informatif sekali, trims uda sharing

Cara Download Video Youtube said...

Penggabungan 2 metode tersebut mungkin lebih baik ya.Tapi bayarannya berapa ya untuk metode yang pertama? thanks

andy said...

@ mas acrom: sama2 sob, aku juga senang klo artikel yang aku buat bisa bermanfaat bagi teman2 yang lain.

@ ligo saint: klo untuk vinefire itu cara kerjanya seperti iklan baris sob, jadi link yang paling baru yang ada dipaling atas, klo ada yang lebih baru lagi maka link kita akan turun. Dan kita bisa memasukkan link setiap 1 menit sekali. Kalau dulu vinefire masih menyediakan premium link, ini buat advertiser yang mau beriklan tapi iklannya ga akan tergeser dengan iklan yang lain, jadi tetap ada di atas sampai waktu yang ditentukan. Tapi klo sekarang aku ga tau juga. Jadi cara kerjanya sangat mirip dengan iklan baris.

Tetapi ada bedanya sob, klo iklan baris konversi llnk kita untuk menjadi trafik bagi blog sangat kecil, beda dengan vinefire yang setiap kita memasukkan link pasti akan ada trafik yang bisa dihasilkan.

Untuk menjadi backlink aku kurang tau juga apa vinefire termasuk atau ga, tapi kayanya ga sob, karena tidak ada arsip file seperti iklan baris.

Klo untuk cara promosi di vinefire sobat bisa menggunakan lebih dari satu link artikel sobat di vinefire. Memang untuk 1 link diperbolehkan hanya satu hari, tetapi artikel diblog sobat pasti jumlahnya lebih dari satu kan. Jadi coba masukkan artikelnya kira2 2-5 menit sekali. Cara lainnya adalah dengan menggunakan URL shortener, jadi sobat bisa memasukkan URL yang sama berkali2 hanya dengan merubah URL shortenernya saja.

Tapi seperti yang aku bilang ini cuma untuk alternatif aja sob, dan bukan untuk sumber trafik yang utama. Hanya untuk meningkatkan trafik dan menarik pengunjung yang mungkin tertarik dengan blog kita setelah membaca artikel, harapannya adalah blog kita bisa dikunjungi lagi secara berulang2. jadi artikel yang baik merupakan kunci utamanya. Thank

@ gajah pesing: sama sob, aku juga pakai sarana utama blogwalking dan berkomentar diblog lain, thank juga sob buat komentarnya

@ referensi: penggabungan 2 metode ini memang akan lebih baik tetapi tergantung blog atau website kita sob, seperti yang aku tulis diatas kalau blog/web kita berisi informasi dan juga rekomendasi produk untuk dijual baik produk sendiri ataupun affiliate, maka penggabungan 2 metode akan menjadi hasil yang baik.

Klo untuk bayarannya tergantung sob, setiap website beda2, klo untuk iklan CPC antara $20-tak terhingga (PPC luar negeri dan tergantung keyword yang digunakan jika memakai adsense) tapi klo indonesia mungkin lebih murah.

Untuk CPM biasanya cukup murah tapi tergantung dari kualitas webnya sob, klo direct advertiser atau beriklan diwebsite secara langsung semakin tinggi ranking dan semakin banyak jumlah visitor perharinya maka semakin tinggi. Tapi klo untuk perusahaan iklan yang menggunakan CPM banner, itu biasanya klo publisher yang memasang banner advertiser dikasih uangnya per 1000 impresi yang rata2 nilainya $2-$5. jadi untuk advertiser mungkin tidak jauh dari itu biayanya untuk iklan yang tampil sebanyak 1000 kali.

Untuk CPA aku belum pernah coba, tapi klo menurut aku perlu modal yang cukup besar, dan iklan jenis ini sangat cocok bagi pembuat situs reseller atau afiliasi yang sedang membangun sistem membershipnya dan mencari lead untuk mendapatkan kontak email atau list subscriber secara cepat.

Iklan Pop-up hampir sama dengan CPM banner ada yang murah dan ada juga yang lebih mahal, tetapi kita harus melihat dan melakukan research terlebih dahulu dari mana sumber trafik yang akan digunakan, jangan sampai trafiknya yang bertentangan dengan peraturan Google/penyedia blog.

Klo PTC sobat pasti juga tau, dan bisa memperkirakan berapa budget yang digunakan, misalnya Rp.25000 atau $2.5 untuk 100 kali unique views dan terus meningkat sesuai campaign yang kita inginkan.

shalimow said...

mantab infonya bos
thanks ya

harto said...

main kemari dapat ilmu lagi nih, boleh izin untuk di save artikelnya karena sangat menarik sekali. Kalo saya sering tuh kirim2 penawaran atau artikel yang sifatnya penawaran atau lainnya yang saya sisipkan link2 saya via email n banyak juga email2 asing yang masuk.
Jadi harus dihindari yaaa via email.

Ok sobat trims atas ilmunya sangat membantu sekali nih, sukses selalu n tetap semangat

aan said...

info yg bagus sob,,sebuah pencerahan
thanks..

Devianty said...

ilmu yang berguna sekali buat saya...penjelasannya sangat menarik...sukses terus untuk anda!

Andy said...

@ shalimow: smakasih juag sob udah berkunjung

@ mas harto: oh silahkan mas klo itu bisa ngebantu mas, pastinya aku juga senang n berterima kasih. Klo untuk email, selama yang dikirimkan itu secara langsung dalam arti ke teman2 kita dan bukan spam itu ga pa2 mas, tapi klo pakai website perantara (website email safelist) lebih baik jangan, karena cuma menuhin inbox email kita aja dan jadinya email spam.

@aan: sama2 sob, makasih juga kunjungannya

KucingTengil said...

yg easy 4 hits bisa buat exchange traffic juga tuh bro

HumorBendol said...

Blogwalking pakek Entrecard lebih jos buat ningkatin traffic.
Thanks infonya bro...

rio2000 said...

saya cukup blogwalking saja :D
kalo paid trafick ga punya modal dan kalo submit artikel ke lintas berita misalnya... sering kalah sama artikel lawan ... (gimana lagi .....artikel porno dilawan ... yah artikel aku kalah +_+)

Sharing ilmu said...

salut buat mas...
artikel yg bener-bener lengkap dan menarik..
serius keren mas artikel nya..
yg prnh saya coba sii traffic exchange fasthits, quadhits, entrecard..
yg lain nya ada yg blm..

Belajar Ngeblog said...

Saya pernah coba menjaring traffik dengan iklan banner, pada salah satu program reseller. Tujuannya tentu agar produk cepat terjual. Memang betul dari segi traffik cara berbayar ini sangat efektif, namun tergantung tempat dimana kita menyewa traffik. Semakin bagus visitor hariannya, semakin tinggi traffik kita dan tentunya akan semakin cepat produk kita terjual. Tentu saja jika kuota sudah habis, kita harus ngeluarin cost lagi.
Oke, bagus nih postingnya. Sangat kebetulan sekali Saya betul-betul butuh postingan tentang sarana promosi blog/bisnis yang tanpa banyak mengeluarkan modal. Makasih banyak.

madhe said...

halo mas...

salam kenal..

ane madhe..

kunjungan bali yagh..

KangBoed said...

TIPS yang menarik mas.. nice info.. hatur nuhun..
salam dari Bandung

Negeriads.com solusi berpromosi said...

mantap bro

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts