Faktor Blog di Banned oleh Blogspot

Beberapa waktu ini Google lagi rajin melakukan razia. Razia ini terjadi pada beberapa website yang berhubungan langsung dengan Google, antara lain Google Adsense (publisher), Blogger (blog berbasis blogspot) dan Gmail (email Google). Sudah banyak pengguna internet yang terkena razia dari pihak yang berkaitan dengan Google ini. Andy juga sudah melihat ke berbagai forum atau website yang membicarakan tentang hal ini. Terutama banyaknya sobat blogger yang merasakan tindakan ini, banyak diantara blogger yang tidak bisa mengakses blognya ke dalam blogger sampai penghapusan blog dari sistem blogger. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa penyebabnya, karena langkah ini dilakukan tanpa pemberitahuan dan alasannya melalui email. Jadi, untuk artikel ini aku mau membahas mengenai persoalan ini satu per satu.

Pada umumnya blog berbasis blogspot memang sangat digemari didunia selain Wordpress, kedua platform ini digunakan karena kemudahannya dalam melakukan setup serta kelebihan lainnya. Tapi kalau kita telusuri lebih dalam sesuatu yang bersifat populer dan ramai digunakan oleh orang itu karena bisa membawa manfaat, begitu juga dengan blogspot. Hal ini karena didasarkan pada tujuan positif, tapi tujuan awal yang baik ini suka disalahgunakan oleh beberapa penggunanya sehingga efeknya tidak hanya ke pengguna tersebut tapi semua pengguna yang lain akan menanggung akibatnya.

Dari yang aku pelajari di beberapa sumber yang membahas tentang masalah banned blog berbasis blogspot ini karena ada beberapa hal utama yang melanggar TOS blogger.com, dibawah ini aku menyimpulkan beberapa faktor yang mungkin menyebabkan hal tersebut, yaitu:

Tindakan SPAM

Peraturan blogger.com memang sudah jelas dan patent walaupun begitu suatu saat pasti bisa berubah sesuai dengan perkembangan kedepannya apakah positif atau negatif. Peraturannya sebenarnya sangat wajar, seperti tindakan spam ini memang tidak baik. Tapi memang untuk detailnya tidak dijelaskan lebih lanjut, contohnya bagaimana bentuk aktifitas blogging yang masuk ke dalam SPAM. Tindakan spam ini menjadi isu utama, karena sebagian blogger yang blognya tidak bisa diakses atau bahkan dihapus, kebanyakan karena masalah ini. Termasuk ada beberapa teman link exchange aku yang blognya juga ikut terhapus karena dianggap SPAM. Ada beberapa point penting yang menurut aku bisa dijadikan perhatian bagi pengguna blogspot mengenai tindakan spam ini, antara lain:

1. Aktifitas Komentar diblog lain
Berkomentar memang sangat diperlukan dan mungkin wajib bagi blogger untuk mendapatkan backlink bagi blognya sehingga bisa menaikkan SERP blog di search engine. Tapi permasalahannya karena mungkin ingin mendapatkan backlink dengan cepat atau dengan cara yang mudah, maka aktifitas komentar ini menjadi salah satu perhatian bagi blogspot, karena dari yang aku lihat dalam blog aku sendiri, ada beberapa komentar di Andy’s blog yang dihapus oleh tim blogspot. Karena Andy sendiri tidak pernah menghapus komentar yang masuk selama itu masih wajar dan sesuai dengan respon dari artikel. Hal ini terjadi sekitar dua minggu lalu, waktu aku lihat jumlah komentar dalam menu dashboard blogspot aja yang berkurang sedangkan yang diblog sendiri masih ada seperti semula. Tapi seminggu kemudian baru komentar didalam blog aku juga ikut menghilang, jadi jumlahnya sama dengan dimenu blogspot. Dan seingat aku komentar yang dihapus itu yang jumlah katanya sedikit, mungkin dibawah 10 kata dan juga yang memasukkan live-link di dalam komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel. Jadi kesimpulannya dari segi komentar saja blogspot memperhatikan betul mengenai tindakan atau aktifitas yang bisa mengarah ke spam seperti komentar ini. Jadi mungkin sebaiknya bagi teman-teman yang menggunakan blogspot ataupun platform lain bisa menggunakan teknik berkomentar dengan baik dan tidak berbau spam hanya karena ingin mendapatkan backlink dengan cepat tanpa membaca isi artikelnya dulu.

2. Penambahan script
Ada juga kasus yang bisa menimbulkan masalah, yaitu dengan penambahan script dalam blog. Biasanya script yang dianggap kurang baik oleh pihak blogspot itu yang bersifat hidden script, atau melakukan aksinya secara diam-diam tanpa terlihat oleh pengunjung. Dan ini biasanya script yang sering digunakan dalam teknik blackhat dengan bentuk yang bervariasi, bisa untuk meredirect, hidden frame, keyword stuffing, cross linking.dll. Biasanya tujuannya hanya satu yaitu untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dalam waktu yang singkat, baik melalui sistem seo-nya ataupun script blackhat lain. Untuk menjaring fake traffic atau real traffic dari search engine. Jadi sebaiknya bagi sobat yang menggunakan blogspot hindari penggunaan script ini karena cepat atau lambat pasti akan ketahuan, baik oleh tim blogger.com atau dari search engine itu sendiri.

3. Bad Link exchange
Link exchange memang sudah menjadi aktifitas umum bagi blogger, tapi kadang kita kurang begitu memperhatikan mengenai faktor link exchange ini. Karena ada beberapa cara dan metode yang tidak disukai oleh search engine mengenai link exchange. Hal yang perlu dihindari adalah melakukan link exchange secara otomatis, karena biasanya web yang menjadi partner link exchange dengan blog kita belum tentu satu bidang, apalagi kalau yang menjadi partnernya adalah web, drugs, farmasi, adult web, casino dan gambling. Ini bukannya akan menaikkan posisi blog disearch engine, tapi justru akan membuat blog menjadi dibanned oleh search engine atau blogspot. Menurut aku ketika blog belum memiliki pagerank atau masih baru, sobat bisa melakukan link exchange dengan berbagai macam blog/situs dengan niche yang berbeda selain yang diatas, tetapi setelah dapat pagerank 2 atau lebih, sebaiknya lakukan cara yang lebih spesifik dengan bertukar link dengan blog atau web yang bidangnya mirip atau sama. Jadi ketika melakukan link exchange ada baiknya kita mengetahui blog partner yang akan di link, dan sobat bisa menilai sendiri apakah blog/web itu baik atau tidak. Hal ini dapat menghindari blog kita dari anggapan spam oleh blogspot.

4. Link Farm
Sama seperti point 3, link farm merupakan service sistem otomatis yang bisa digunakan ketika blog atau web baru akan disubmisi ke search engine. Biasanya web link farm ini menawarkan submisi blog secara otomatis ke ribuan search engine, baik itu gratis ataupun yang berbayar. Ini juga sebaiknya dihindari, jangan cuma karena ingin menghemat waktu dan cepat terindeks dalam search engine, tapi akhirnya blog akan dibanned oleh search engine. Karena hal ini terjadi juga dibeberapa blogger yang blognya masih baru sudah dibanned oleh blogger.com yang mungkin salah satu faktornya adalah hal ini.

5. Inter link exchange
Ada juga pendapat yang menyebutkan kalau melakukan inter link exchange ini bisa jadi salah satu penyebab blog di blogspot dibanned. Karena inter link ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan backlink dengan bertukar link ke blog sendiri yang lainnya atau dengan membuat blog dummy. Tanpa ada penambahan artikel dan optimasi secara berkala.

6. Teknik SEO
Penggunaan teknik seo yang berlebihan didalam blog juga bisa menimbulkan efek negatif bagi blog itu sendiri, seperti penggunaan penggunaan meta tag juga bisa menjadi faktor spam, karena penggunaan meta tag yang berlebihan dengan penggunaan keyword yang berulang-ulang atau menembak keyword yang tidak sesuai dengan tema atau isi artikel bisa menimbulkan efek negatif disearch engine. Selain itu penggunaan teknik keyword density dan optimasi on-page lainnya juga bisa menimbulkan efek negatif jika dilakukan secara berlebihan. Karena seperti yang aku jelaskan sebelumnya mengenai teknik keyword density, sebaiknya digunakan antara 3%-5% total kata dalam artikel. Jadi klo lebih dari 5% akan dianggap spam oleh search engine. Jadi bagi sobat yang suka memakai teknik seo seperti keyword density dalam artikel, ada baiknya dihitung dulu perbandingan komposisi katanya sehingga tidak melebihi 5%.

7. Metode Promosi
Promosi, ini pasti sangat diperlukan buat blogger agar blognya dikenal di dunia maya. Tapi karena promosi ini merupakan hal yang banyak memakan waktu dan memerlukan proses maka kadang kita tidak sabar dan berusaha untuk mencari cara yang cepat. Padahal kita belum mengetahui metode promosi itu baik atau tidak, ada baiknya kita mengetahui dulu mana metode promosi yang baik atau yang tidak baik dan bisa dianggap spam, sobat bisa meneliti dahulu sebelum bergabung dengan mencari sumber di search engine atau bertanya di dalam forum. Kalau menurut aku metode promosi sebaiknya gunakan yang manual dari pada yang otomatis atau bisa mendatangkan trafik dengan cepat. Kalaupun yang bersifat otomatis, kita harus memilih metode yang tidak melanggar TOS blogspot atau Google itu sendiri. Cara promosi blog ini berkaitan dengan semua point diatas, jadi kita bisa mengetahui mana yang bisa dijadikan andalan dan mana yang harus dihindari.

Duplikasi konten

Hal ini pasti sudah sangat umum, karena banyaknya blogger dan pengguna internet didunia, aktifitas duplikasi konten bisa dibilang menjadi aktifitas rutin. Karena konten memang masalah utama bagi blogger untuk dapat terus up-to-date, sedangkan ide artikel kadang tidak ada. Andy juga kadang kalau lagi sulit mendapatkan ide menulis, biasanya mencari bahan dari beberapa sumber lain kemudian setelah membaca baru ditulis ulang dengan pemahaman sendiri. Tetapi kadang ada blogger yang langsung menjiplak artikel dari blog/website lain tanpa ada ijin dari blogger yang memiliki artikel tersebut. Sehingga ini bisa membuat efek yang tidak baik dan dicap negatif oleh search engine. Sekarang banyak blogger yang menambahkan script untuk melindungi artikelnya dengan menggunakan jasa web anti duplikasi, jadi jika sewaktu-waktu ada blogger yang mengcopy-paste artikel dalam blog tanpa memasukkan link sumbernya bisa ketahuan. Dan biasanya blogger yang punya artikel akan melaporkan hal ini pada host blog duplikat tersebut. Jadi sebaiknya jangan melakukan duplikasi, tapi rubah dengan gaya bahasa sendiri baik judul dan artikelnya sampai tingkat kemiripannya dibawah 20% atau berbeda 100%.

Kesimpulannya, blogger jangan terlalu terburu-buru dan ingin cepat mendapatkan hasil, sehingga menghalalkan segala cara tanpa memperhatikan TOS dari masing-masing penyedia blog. Sedangkan untuk masalah TOS blogspot yang lain, Andy pikir kurang begitu umum, dan sangat kecil pengaruhnya untuk penyebab blog dibanned oleh blogger.com. Karena pasti jarang blogger yang membuat blog dengan artikel yang berbau SARA, kebencian, atau merugikan orang lain. Memang aku pernah lihat blog yang seperti itu, tapi entah tujuannya untuk apa dan apa sekarang masih aktif atau sudah dibanned. Tetap semangat bagi sobat yang pakai blogspot termasuk Andy sendiri dan bagi sobat yang menggunakan platform lain juga tetap semangat dan hindari melanggar TOS. Terima kasih

Related Post



32 Comment:

Fi said...

hmmm, informatif sekali.
mudah2han blogku ga di banned ...i hope

Irfan Afif M. said...

alhamdulillah...
dari 8 tips itu ane gak pernah neko2 soal itu...
makasih mas andy,,,
tak usahain tobat deh
hehehe

budiawanhutasoit said...

thanks utk informasinya.
ada juga yg bilang, jika kita menghilangkan nav bar, bisa di banned sama om gugel. benar ngga?

tomo said...

Bermanfaat sekali kawan.trims

gajah_pesing said...

mulai mengeluarkan taringnya si mbah gugle ini, hahahaha...

waroengdollar said...

makasih informasi ya sobat, mudah2 an blog kita aman ya ga kena banned

andy said...

@ fi: semoga ya blog kita ga ada yang dibanned ama blogspot :)

@ van: hehehe, emang kayanya klo yang pake blogspot kudu cepet2 balik tobat ke optimasi biasa aja, jangan yang neko2. Sayang sih jadi ga bisa optimasi sebebas mungkin

@ budiawan: iya sih sob, katanya emang faktor navbar juga bisa ngaruh, tapi ga tau juga deh. Makanya sekarang aku pasang lagi buat jaga2, biar hidden juga tapi ada hehehe.

@ tomo: sama2 sob, thank udah baca n b'kunjung

@ gajah pesing: iya nih, galak juga mbah Google :)

@ waroengdollar: iya sob, mudah2an aman n ga kena razia tramtibnya blogspot.

suroz said...

Saya juga pernah hampir dipecat oleh blogspot karena dinilai link spamming. Untung saja saya mendapat peringatan sebelumnya dan kemudian saya perbaiki. Anyway thanks mas atas tipsnya.

harto said...

informasi yang sangat membantu niih...
trims atas tips2 ilmunya smg sukses selalu n tetap semangat

masterGOmaster said...

terima kasih kawan atas sharenya dan semoga kita semua tidak kena banned ya !

mas acrom said...

kalo dipikir pikir susah juga ya mas ..

HumorBendol said...

Thanks infonya bro. Baru tau neh.
Kalo wordpress.com, Bendol dah ngalamin di banned hehe...

HumorBendol said...

Oh iya...malah sempet di banned 3 X, terus...gak diampuni deh....gara-2 sering nerima job review
hehe....
Salam

made gelgel said...

kayaknya duplikat konten itu paling keras dampaknya mas, soalnya pengalaman nih hehe

andy said...

@ suroz: wah masih selamat sob, klo begitu sekarang berarti harus lebih baik lagi aktifitas blognya, jangan ngelanggar TOS blogspot lagi. thank

@ mas harto: thank mas buat kunjungannya

@ mastergomaster: sama2 sob, mudah2an ga kena n lancar2 aja hehehe

@ mas acrom: hehehe, emang sob jadi tambah ribet deh. Kayanya setiap website yang berhubungan ama Google, pasti peraturannya pada ribet, udah banyak contohnya tuh blogspot, adsense, gmail dll.

@ humorbendol: wah udah pengalaman nih sob, ampe hatrick lagi, hehehe

@ made gelgel: kayanya sih ya, soalnya duplikat konten udah merajalela disearch enginenya Google. Apalagi made udah pengalaman hehehe

tomodachi promotion said...

duh banyak banget ya sebab2 yang bisa bikin kita di banned sama google. semoga saja bisa terhindar...

blogger said...

Wah terlambat aku baca artikel ni. Blog ku dah di banned ma google. Mas Andi misalnya aku copy tulisan ni terus aku post ke blogku seijin mas andi. Apa itu juga melanggar TOS blogger

andy said...

@ tomodachi: ya sob emang banyak faktornya. Mudah2an ga kena ya

@ blogger: klo menurut aku copy itu bisa2 aja, tapi harus minta ijin dulu dan cantumin link ke blog aslinya di artikel sobat. Atau sebaiknya ditulis ulang lagi jadi ga mirip 100%, ini untuk menghindari juga sanksi duplikasi konten dari search engine google.

TARUNA said...

thanks banget infonya, karena saya sendiri mengalami blog saya dibanned oleh Google.. Ini yang jadi bikin bete, padahal saya sudah mengajukan permohonan untuk merestore blog yang dibanned ke google tapi sampai sekarang gak ada balasannya tuh..Padahal saya memposting artikel mengenai produk - produk amazon dengan link dan imagenya, apakah hal tersebut dibaca link spamming oleh google, bukankah blogger dan amazon bekerja sama. Tolong pencerahannya mas atau ngkali ada ide untuk mengaktifkan kembali blog yang dibanned. Soalnya udah pegel - pegel ngetik tapi diblokir dan gak bisa diakses khan keki juga...makasih

Nduy said...

makasih ya mas untuk info nya, soalnya sudah 2x blog saya di banned oleh blogspot, untuk kedepannya saya mesti lebih hati² lagi dalam mengisi konten :)

andy said...

@ Taruna: klo menurut aku blog jangan semuanya dimasukin link afiliasi dalam setiap artikelnya, karena link keluar apalagi link afiliasi kurang begitu disukai kalau melebihi batas. Karena dianggap tidak ada konten yang berarti atau dengan kata lain hanya mementingkan tentang promosi produk yang ditawarkan. kalau bisa diselingi dengan inti artikel blog kamu yang mengandung informasi buat pengunjung. nah baru boleh disisipi link afiliasi dengan perbandingan sebaiknya maksimal 70:30. Jadi porsi promosi link afiliasi maksimal 30% dari isi blog kamu. Karena bisa aja anggapan kamu itu benar yaitu dianggap spamming blogger.com

@ Nduy: Sama2, thank ya udah berkunjung dan komentar. Kedepannya lebih hati2 dan perhatiin semua peraturan yang dibuat Google dan blogger

beautiful sexy models said...

duhh 3 kali berturut2 di banned dalam 1 bulan 3 tahun di rawat 3 tahun memposting yang bagus2 tetep kena banned sakiiitttt hatiku....harus bagaimana lagi yahh...nyari penghasilan dari istu doang hikks.. masa balik ke Nol lagi memposting

andy said...

@ beautiful: sabar bro, karena faktornya banyak juga sih dan kebanyakan kita ga tau penyebabnya. Mungkin coba sobat inget2 kebelakang sebentar tentang cara2 yg mungkin dianggap spamming, misalnya untuk optimasi blog (backlink), promosi dll.

Unknown said...

Nice Information :)

heru said...

makasih atas infonya

sari said...

oooow

all tour said...

terimakasih infonya, sekarang google semakin ketat,sekarang ngedit bolak balik saja kok ditendang ya terkadang kitakan kurang teliti gak mungkin posting jadi langsung sempurna. itu yang sering aku alami

Yossi said...

Baru saja 7 blogku dr blogspot.com di BANNED, semuanya tanpa tersisa, semuanya sdh powered y adsense lagi untung msh ada wordpress top level domain saya. Thanks for article.

Akhi Syaiful said...

Ciri ciri blog keBanned itu gimna ya?

maaf lagi newbe

Soalnya di Blog ku tidak bisa untuk mngedit HTML nya yang sebelumnya OK OK ja seperti ini kenapa ya?

tolong jawabanyan kirim ke akhisyaiful@yahoo.com

Makasih banyak

wallpaper keren said...

yablog aq bakal di banned gak ya???. mudah-mudahan gak deh..

disuka said...

alhamdulillah, belum pernah kena banned.. moga2 ga bakal kena, thaxs tips nya kawan, sangat membantu

tAMriN GANTenK said...

kLO bloGnYA MenGAndUng KONteN PorNO / fuLL POrN, bSA di BANned ATau NGA (waLAuPUN SUDAh MENgAktifkAn fItur KOnTent Khusus DEWAsa)?

ARMStrOng_prODucT@YAhOo.cO.ID

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts