Pro Blogger: Tujuan Utama Membuat Blog Profesional (Part 1)

Setiap blogger pasti ingin blognya menjadi terkenal/populer, begitu juga dengan Andy pribadi yang ingin menjadi blogger sukses. Tapi terkadang banyak masalah dan rintangan yang dapat menghalangi impian tersebut. Tantangan ini bisa datang dari diri sendiri maupun dari luar. Halangan terbesar biasanya datang dari sendiri, berupa rasa malas, tidak mempunyai ide untuk menulis, kurangnya promosi, sampai kesibukan didunia offline. Sedangkan faktor dari luar berhubungan dengan tingginya tingkat persaingan/kompetitor, koneksi internet diIndonesia yang tidak stabil, sifat search engine yang berbeda-beda dll.

Sebenarnya ini semua tergantung dari tujuan utama ketika awal membuat blog. Kita sebagai blogger harus mengerti pengertian blog itu sendiri baik fungsi dan manfaat yang bisa digunakan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. Untuk Andy’s Blog pribadi tujuan awalnya adalah untuk berbagi pengalaman blog mengenai dunia internet khususnya seputar tips blog (seo, marketing dan promosi blog) dan cara cari duit internet atau bagaimana mendapatkan uang dari blog. Karena tujuan awal aku ketika mengenal dunia internet adalah tertarik dengan cara orang yang bisa mendapatkan pasif income dan memang itu benar, tetapi tentu semua itu perlu waktu, prioritas, trial and error dan terus belajar sehingga baru bisa terlihat hasil dari kerja sampingan ini.

Namun kadang bagi yang baru mengenal dunia internet dan tertarik untuk mendapatkan pasif income tidak begitu memperhatikan hal ini, yang penting ingin mencari cara tercepat dan mudah untuk mendapatkan hasil yang baik. Pandangan seperti ini juga dulu dialami Andy, hasilnya malah tidak jelas dan tidak ada yang menjadi fokus atau prioritas utama. Oleh karena itu, dibawah ini aku sudah membuat list berupa langkah membuat blog professional berdasarkan apa yang aku lihat dan pelajari dari pro blogger baik di Indonesia dan diluar negeri, selamat membaca:

1. Tujuan utama membuat blog (professional)
Ini menjadi langkah awal yang penting, dan kita harus menanyakan pada diri sendiri untuk mengetahuinya. Karena blog itu tidak semudah yang kita bayangkan, khususnya untuk menjaga kestabilan blog yang perlu proses dan waktu untuk mendapatkan hasil yang baik. Jadi cari jawabannya dalam diri sendiri kemudian buat rencana dan berusaha untuk fokus pada rencana yang sudah dibuat. Ini memang hal yang membosankan ketika awal, tapi kalau sudah terbiasa maka aktifitas ini menjadi mengasyikkan.

2. Mengetahui target atau tujuan membuat blog
Target itu memang perlu untuk melakukan suatu hal, tapi alangkah baiknya jika kita mengetahui target yang kita buat, disesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Jadi sesuaikan target dengan komponen lainnya sehingga kita dapat membuat target yang realistik.

3. Aktifitas blogging tidak mudah
Sadari bahwa aktifitas blogging itu membutuhkan rutinitas dan banyak aspek yang harus diprioritaskan. Memang untuk membuat blog itu mudah, tetapi langkah selanjutnya yang tidak mudah, khususnya menjaga kestabilan/maintain dan manage blog dari dalam dan juga melakukan promosi blog agar dikenal oleh blogger lain maupun search engine. Jadi sikap pantang menyerah, terus belajar dan komunikasi merupakan kunci sukses untuk tetap berada pada jalur yang sudah dibuat.

Bagi pro blogger atau blogger sukses mungkin sudah menjadikan aktifitas blog ini sebagai full time job dan terus mengembangkan karir dalam dunia bloggingnya. Sedangkan bagi kita yang masih newbie ini bisa menjadi pemicu atau inspirasi untuk memulai hal baru dalam target kedepannya. Jadi tidak ada salahnya kalau kita mencoba dan mencari sumber pendapatan selain dari kerja didunia nyata.

4. Butuh waktu untuk menjadi orang sukses
Tidak ada cara untuk menjadi cepat kaya atau menjadi blogger sukses tanpa melakukan apapun, begitu juga didunia online. Kalaupun ada program yang menawarkan seperti itu, berarti kamu harus hati-hati. Perlu kerja keras dari hari ke hari secara rutin, dan menyesuaikan dengan perkembangan dan situasi dunia internet. Karena tugas seorang blogger adalah terus belajar dan membuat inovasi baru /hal baru untuk memberikan pelayanan kepada pembaca dan pengunjung setianya.

5. Belajar dari mencoba dan kesalahan (trial and error)
Pengalaman memang sangat berharga untuk membentuk orang di masa depan. Kita bisa belajar dari mencoba suatu hal dan kesalahan yang pernah dilakukan untuk melangkah kearah yang lebih baik. Begitu juga aku yang sudah mencoba dan melakukan berbagai kesalahan sehingga bisa mengetahui mana yang baik dan tidak. Kita pasti pernah mengalami kegagalan dalam membuat blog, seperti tidak menghasilkan apa-apa. Sehingga itu membuat kita menjadi malas dan meninggalkan aktifitas ini.

Andy pun memerlukan waktu hampir satu tahun untuk belajar mencoba dan melakukan kesalahan dalam aktifitas blogging maupun mencari pendapatan internet lain. Tapi dari pengalaman itu aku jadi tahu mana cara yang baik dan mana yang tidak baik. Karena internet itu sangat luas, tidak ada panduan sehingga kita mencoba dan mencari tahu sendiri dari satu cara ke cara yang lain. Jika sudah ketemu dengan cara yang cocok dan baik, maka berusaha untuk fokus dan didukung dengan cara lainnya yang lebih simple dan tidak memakan banyak waktu.

Untuk blog ini memang dibuat lebih spesifik dengan niche yang khusus, sehingga ini menjadi tantangan bagi aku sendiri untuk tetap fokus pada target yang sudah dibuat. Dan sampai saat ini blog ini masih menjadi tempat untuk komunikasi dan berbagi info dengan teman-teman, sedangkan dari segi pasif income blog ini hanya mensupport 20% saja dari sumber pendapatan aku, sedangkan sisanya dari luar.

6. Membuat jadwal yang realistik
Seperti yang aku jelaskan diatas, bahwa aktifitas blogging ini memerlukan rutinitas. Jadi blogger harus membuat jadwal sehingga aktifitas ini lebih teratur dan hasilnya bisa lebih baik untuk dapat mencapai target. Misalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk aktifitas blogging dalam satu hari. Buat perincian tentang aktifitas yang perlu dilakukan, seperti membuat artikel, promosi, berkomentar diblog lain, social bookmark, melakukan research untuk sumber artikel baru dst. Aktifitas tersebut bisa dibagi-bagi waktunya dan tidak harus dilakukan secara bersama-sama dalam satu hari. Setelah itu bagi porsinya, mana yang lebih menjadi prioritas utama. Contohnya porsi promosi dan membuat artikel bisa 50%-50%, atau 60%-40%, sesuai dengan keinginan masing-masing.

7. Membuat prioritas
Melanjutkan point sebelumnya, bahwa prioritas ini sangat penting untuk mengatur waktu selain jadwal yang kita buat. Hanya dengan membuat jadwal saja tidak dapat menghasilkan yang baik, oleh karena itu perlu adanya hal yang diprioritaskan dari susunan aktifitas yang diatur dalam jadwal. Urutkan posisinya berdasarkan porsi prioritas terbesar yang dapat memberi efek paling besar bagi kemajuan blog. Setelah itu ikuti dengan langkah selanjutnya yang tingkat prioritasnya lebih kecil. Berusaha untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal baru lain yang hanya akan memecah konsentrasi. Dengan begitu kita dapat menjadi orang yang bisa mengatur (manage) usaha kita sendiri dan mudah-mudahan bisa mengatur orang lain dengan menjadi manager suatu usaha dimasa depan.

8. Tidak tergantung dengan satu sumber pendapatan internet
Dunia internet itu tidak bisa diprediksi perkembangannya, oleh karena itu dalam usaha mendapatkan uang dari blog kita jangan tergantung dari satu sumber income saja. Karena pendapatan yang kita dapat perbulannya bisa saja tinggi /rendah atau tidak dapat sama sekali. Buatlah back-up atau pendukung dari sumber lain yang bisa dioptimasi dalam blog atau melalui program-program diluar blog.

9. Pendapatan rutin memerlukan lebih dari satu blog/website
Pasti banyak blogger yang membuat blog atau website lebih dari satu, hal ini dapat membantu untuk menambah income dan menggunakan berbagai macam program dalam blog yang berbeda. Sehingga probabilitas untuk mendapatkan pendapatan secara rutin akan lebih besar. Tapi ada yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog baru/website, yaitu waktu yang dibutuhkan. Jangan sampai dengan membuat blog yang lebih banyak, akan membuat kita tidak fokus, dan bingung untuk mengurusnya sehingga menjadi terbengkalai dan akhirnya blog tidak berkembang sesuai yang diharapkan.

Alternatif lainnya, kamu tidak harus pusing untuk membuat blog baru dan memanagenya sendiri, karena sekarang banyak webmaster atau blogger yang mencari artikel menarik dan akan memberi bayaran yang baik. Jadi tugas kamu hanya perlu membuat artikel sesuai dengan arahan mereka dan job seperti ini biasanya long term jadi cukup baik untuk dicoba. Kalau kamu memang suka menulis dan mempunyai gaya menulis yang unik, maka kamu bisa mencoba mencarinya di website Craiglist pada kolom Gigs. Tapi syaratnya harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

10. Ada waktunya untuk mengatakan “tidak”
Kadang kita sebagai manusia jika ada kesempatan pasti akan mengambilnya. Tapi bagaimana kalau kesempatan dan tawaran yang muncul tersebut hanya akan mengganggu prioritas dan fokus aktifitas yang sudah ada. Jadi kalau bisa jangan terlalu tergiur dan ingin selalu mencoba kesempatan yang ditawarkan, padahal cara baru yang ditawarkan tersebut belum tentu mudah dan akhirnya hanya akan memecah fokus dari jadwal dan target yang sudah dibuat. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan metode analisa ke penawaran yang datang pada search engine, setelah itu pertimbangkan efek positif dan negatifnya. Jika efek negatifnya lebih besar sebaiknya tidak perlu diambil penawaran tersebut dan kembali fokus pada jadwal dan prioritas yang sudah ada.

Itulah sepuluh langkah awal untuk mencapai tujuan menjadi pro blogger/blogger sukses. Pada sesi berikutnya Andy akan melanjutkannya mengenai topik ini untuk bagian kedua (part.2) ditunggu ya. Tetap semangat, pantang menyerah dan fokus karena itu merupakan kunci sukses untuk mencapai target.

Related Post



20 Comment:

Bayu Lebond said...

kl gw belajar dari kesalahan orang laen sam...wkwkwkwkwk

mas acrom said...

Thanx sob atas informasinya,sangat membantu n sangat menyemangatkan hehe...

Ivan Kavalera said...

Tips yang sangat bermanfaat, mas Andy. Terimakasih banyak dengan motivasi yang sangat berharga ini.

Rizky2009 said...

kalau aq ngeblog berdasarkan doku sob, kalau lagi kering ya g ngeblog, aq g mau memaksakan diri.

lam kenal d tunggu coment dan folow baliknya

Renungkan Wahai Sahabat Ku

HumorBendol said...

Bener juga bro...
Tahun pertama Bendol nge-blog, semangatnya menggebu-2.
Akhir-2 ini mulai kendor. Mana kerjaan kantor juga gak ada hentinya.
Makasih bro
Salam

secangkir teh dan sekerat roti said...

saya banyak belajar disini :)

Arfi said...

iya nih... kudu sabar... jangan putus asa... aku juga hampir putus asa... tapi gak boleh... harus tetep berjuang...semangat..........

andy said...

@ bayu lebond: hehehe...bukannya nyari kelebihan dari orang lain sob

@ mas acrom: sama2 sob, semoga tetep semangat aktifitas bloggingnya

@ ivan: thank juga sob udah berkunjung, motivasi emang perlu untuk tetep fokus ama tujuan

@ rizky2009: hehehe...bener sob, soalnya internet kan ga gratis, jadi harus sesuai kemampuan budget. Klo aku sendiri pake internet dirumah sob, jadi bayarnya 1 bulan sekali hehehe.

@ humor bendol: emang gitu bro, pasti pas awal membuat blog kita udah kaya semangat 45. Tapi begitu ada penghalang sedikit aja, kaya misalnya hasil yang diharapkan ga ada jadinya malas deh. KLo kerja didunia offline juga emang bisa berpengaruh sob, tapi klo aku pribadi ya 1 atau 2 hari bisa nyempetin aktifitas ini walau cuma 1 jam. jadi intinya kemauan dari kita sih yang penting untuk tetap fokus.

@ kakve-santi: sama2 mba, aku juga senang bisa berbagi dan belajar dari sobat blogger

@ arfi: bener sob, kuncinya itu cuma sabar, usaha dan ga putus asa. nanti pasti cepet atau lambat hasilnya akan keliatan

afdil said...

Nyari duit ternyata susah ya Jendral.

Tantangan terbesar adalah mengalahkan diri sendiri berupa rasa malas

harto said...

....siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses.....

sukses selalu n tetap semangat

kharis sulistiyono @blog jadulnya said...

Saya suka poin #3 (bukan berarti saya ngak setuju dengan poin yang laen). secara keseluruhan, saya suka poin-poin yang dituliskan diatas. Pandangan saya tentang #3. Aktifitas blogging tidak mudah:

Betul banget mas, hal itu saya rasakan sendiri betapa susahnya untuk tetap posting secara periodik dengan tema posting yang SEO friendly dan isi yang berbobot.

Beranda Jiwa said...

salam hangat
lengkap buanget pengertiannya, tapi kalo aku ngeblog hanya ikut ikutan ajah...tapi skr dah mulai ada pencerahan dikit

rioseto said...

setuju 1000%! tidak ada yang instan, tidak ada yang gratis, semua perlu kerja keras disertai rencana matang, tindakan cepat dan tepat...

Muhammad Rizal said...

stuju bro,,,awalnya saja yang menggebu-gebu,,,tapi lama-kelamaan pasti kendor juga tapi jika kita berfikir positif,kita bisa mengambil hikmah dari semua ini,,(tjah kayak motivator aja ,,heheh)

oea bro aku dah follow nih,di tunggu follow baliknya yach

Terbitnya matahari dari barat

berita untuk negri said...

terima kasih sobat,,sangat membuka pikiran saya apa guna dan manfaat,dalm ngeblog..
kalau sempat main ya ke blog saya...

sms cinta romantis said...

bagus banget artikelnya

The Notes web said...

Keren juga artikelnya... Gimana ngebuatnya ..?

Radio Mirchi said...

biar pengunjung betah aja lah mas,,,,,

Toto said...

Mantabh sob, salam kenal, en jangan lupa backlink nya, ehehehehe

jaka achmad said...

thanx... Udah memberi pencerahan tentang dunia blogging..
Salam kenal..
Jangan lupa back link nya hehe..

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts