Trik Sukses Blog Commenting Untuk Meningkatkan Trafik Blog

Blog dan aktifitas blogging mungkin sudah merupakan aktifitas rutin dalam kehidupan sehari-hari blogger. Karena Andy sendiri melakukannya paling tidak 2 hari sekali untuk mengecek perkembangan blog dari waktu ke waktu. Blog memiliki banyak fungsi dan menjadi bagian dari internet yang paling banyak dicari dan digunakan untuk berbagai keperluan, contohnya curahan hati, extra income, marketing tool, komunitas, berita dll. Seperti yang kita ketahui sekarang jumlah blog sudah sangat banyak di dunia dan jumlahnya terus bertambah seiring semakin banyaknya orang yang tertarik untuk menggeluti dunia blogging. Hal ini tentu membuat kita berpikir bahwa tiap hari pesaing/competitor dalam bidang yang sama akan terus bertambah, sehingga yang kuat dan yang tekunlah yang akan tetap bertahan dan meningkat seo rankingnya di search engine, sedangkan yang lainnya akan berjalan ditempat atau justru turun rankingnya jika tidak sering di update blognya. Jadi permasalahannya adalah bagaimana cara kita mendapatkan trafik dari berbagai macam sumber di internet sehingga blog mempunyai pembaca rutin setiap hari? Dalam artikel Andy mengenai Perbandingan paid traffic dan organic traffic, memang sudah dijelaskan cara mendapatkan trafik tetapi sebenarnya ada yang lebih dan sangat sederhana untuk meningkatkan trafik. Cara ini adalah blog commenting atau berkomentar diblogger lain. Tetapi sampai sejauh mana efektifitas blog commenting/berkomentar diblog lain? Apakah dengan hanya memberi komentar diblog lain bisa membuka jalan bagi kita untuk sukses? Berikut penjelasan mengenai teknik blog commenting.

Dalam rangka untuk membangun jumlah pembaca dalam blog, teknik berkomentar sangat dianjurkan untuk memberi komentar diblog lain secara rutin. Berkomentar merupakan cara yang sangat umum tapi memberikan efek yang luar biasa dalam meningkatkan seo ranking dan visitor/pengunjung diblog. Kebanyakan blogger mengharapkan adanya interaksi dalam artikelnya melalui komentar. Interaksi ini harus kita manfaatkan dengan baik untuk membangun hubungan sekaligus mendapatkan backlink untuk blog.

Sebagian besar blog adalah “do follow” terutama yang melalui provider blog gratis seperti blogger dan wordpress. Tetapi ada juga yang “no follow” hal ini bisa dilakukan secara manual dengan menambah tag “no follow” dalam blognya. Alasan blog no follow mungkin agar terhindar dari komentar yang bersifat spam atau tidak menginginkan adanya komentar didalam blog. Tetapi masalah ini tidak perlu diperhatikan secara serius, memang benar blog do follow dapat meningkatkan seo ranking blog dalam search engine karena backlink yang masuk dianggap sebagai voting positif bagi blog. Tetapi yang paling penting sekarang adalah untuk fokus berkomentar dalam blog yang memiliki bidang/niche yang sama. Kenapa penting? Karena kalau voting dari do follow blog itu efeknya tidak secara langsung, tetapi merupakan trik untuk memancing pengunjung dari search engine seiring dengan meningkatnya ranking blog di search engine selain dari blogger itu sendiri. Sedangkan cara untuk fokus berkomentar dalam niche/bidang yang sama efeknya dapat dirasakan secara langsung, yaitu terjalinnya interaksi karena ketertarikan niche/bidang yang sama dan menimbulkan repeated traffic/trafik yang berulang-ulang.

Sebenarnya ada kiat atau trik khusus dalam berkomentar yang mungkin teman-teman juga menyadarinya atau tidak menyadarinya secara langusung. Berikut ini triknya:
  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari blog/pro blogger yang mempunyai level pembaca yang tinggi (high subscriber level) dalam niche/bidang yang sama.
  2. Pelajari jadwal posting artikel diblog tersebut (contohnya 2 atau 3 hari sekali)
  3. Ketika posting artikel baru sudah ada dalam blog, segera baca dan beri komentar dalam blog tersebut. Hal ini tentu lebih mudah untuk berkomentar secara relevan karena blognya memiliki bidang/niche yang sama dengan bidang yang kita tekuni.
  4. Ketika berkomentar berikan komentar yang berkualitas dan mengandung informasi. Hal ini akan membuat blogger lain tertarik dengan mengajukan pertanyaan atau respon terhadap komentar kita. Dan tentunya akan membawa rasa penasaran itu dengan mengunjungi blog kita.
  5. Posisi komentar pertama dalam artikel yang masih baru akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan kemungkinan trafik yang lebih banyak. Jadi jika mendapat kesempatan untuk menjadi komentator pertama dalam artikel baru, sebaiknya jangan disia-siakan dengan hanya memberi komentar pendek (contohnya pertama, atau terima kasih infonya). Beri komentar yang baik dengan bobot yang sesuai dengan artikel tersebut. Sehingga first impression dari blogger lain akan penasaran dan berniat untuk mengunjungi blog kita.
  6. Untuk lebih memudahkan teknik no.5 kita bisa menjadi subscriber dari RSS feed atau email pro blogger tersebut. Jadi setiap blog tersebut membuat artikel baru kita bisa mengetahuinya dengan cepat dan langsung berkomentar dalam blog tersebut. Seiring berjalannya waktu, pro blogger tersebut akan memperhatikan kita dengan mengunjungi blog diiringi dengan trafik dari blogger lain yang mengikutinya.
  7. Untuk yang lebih advance-nya ada interaksi dan hubungan baik yang terjalin dengan pro blogger tersebut, sehingga komunikasi yang intense ini akan memberi manfaat bagi kemajuan blog.
  8. Untuk yang terakhir, teknik ini merupakan teknik favorit dikalangan blogger. Karena selain gratis cara ini juga tidak memakan banyak waktu, jadi kita tidak akan rugi apapun dengan menerapkan cara ini. Malah justru trafik blog semakin berkembang dan blog menjadi lebih maju sehingga bisa untuk di optimasi atau monetisasi.
Kesimpulannya cara blog commenting/ berkomentar diblog lain merupakan salah satu cara yang paling bermanfaat dari sekian banyak cara untuk promosi blog. Tetapi ada satu hal yang perlu diingat oleh kita, bahwa teknik blog commenting/ komentar ini akan berjalan lebih efektif jika blog kita memiliki artikel yang bermanfaat dan kaya akan informasi terutama konsistensi dalam bidang/niche yang kita tekuni. Jadi setelah sukses memancing dengan melakukan komentar yang berbobot dan bermanfaat, kita juga harus menyediakan artikel yang unik dan dapat menarik pembaca. Untuk Andy’s blog sendiri cara ini memang masih berjalan dan aku akan berusaha konsisten untuk meningkatkan blog commenting diblog lain, khususnya dalam bidang/niche yang sama. Tetapi sampai saat ini cara blog commenting memang efektif dan telah memberi hasil yang baik bagi Andy, terutama dalam berinteraksi dengan teman-teman. Bagaimana menurut teman-teman apa memang cara ini telah menimbulkan hasil yang baik bagi blog kamu? Atau memang ada cara yang lebih efektif untuk menjaring trafik dari niche/bidang yang sama? Terima kasih

Related Post



24 Comment:

Unknown said...

iya betul,, ada pepatah cina mengatakan "..kalo ingin blog kita populer buatlah blog orang lain populer juga.."

Ivan Kavalera said...

Info mantap. Terimakasih, kawan. Salam.

News & Music Online RCA 102,5 FM said...

Bersilaturahmi ke rumah sahabat netter. Artikel informatif, sobat.

Bunga Rawa Belong said...

Aku mencoba membangun sebuah website yang berkualitas dari segi konten. Dan aku juga ingin membuatnya berkualitas dari segi link building. Di sini aku menemukan informasi yang sangat berharga dalam mempelajari bagai mana membangun link building yang baik.
Terima kasih untuk sobat yang telah berbagi informasi ini.

gajahpesing said...

saia rasa comenting di blog lain memang sangat penting dan saia sepakat dengan tulisan ini

referensi registrasi said...

Betul mas, sepertinya semua trik di atas sudah mas terapkan ya. Termasuk di blog saya hehehe....

Sebagai pemula memang kita harus membangun image yang berkualitas dalam blogwalking, karena masih baru

akhatam said...

Wah oke banget nih kawanku.. ku pelajari dulu ya.. Bagus!!

Orientasi Bisnis Online said...

Akur sob..Klo sy perhatikan para pro blogger (termasuk sampeyanlah sy pikir:)) dlm berkomentar pasti mereka sopan bgt dan juga tidak hanya menulis satu kalimat atau sekedarnya aja. Artinya sblm berkomentar pasti mereka baca dulu postingannya. So komentarnya nyambung. Btw,Blogwalking memang penting bgt apalagi klo bicara soal peningkatan trafik dan rank tentunya. Karena ternyata SEO onpage aja tidak cukup.

Mx Axrom said...

mantabs brow artikelnya,lanjutkan...:-)

waroengdollar said...

dapet ilmu baru disini, sip bos

multyone said...

boleh juga untuk ditiru nih, bolehkan?

belajar blog newbie said...

mantap cara dan pengertian trafficnya om, membuat saya kembali mencoba untuk bagaimana mempertahankan traffic blog saya. dukung saya dalam kontes increase traffic with klikrar dengan memberikan backlink di blog ini

Eric said...

Nice posting mas... btw, kbtulan aku punya artikel yg membahas "blog Commenting" juga nich.. smg bisa menambah wawasan bersama. Mhn bisa liat disini http://www.eriricaldo.com/seo/mendapatkan-backlinks-dengan-blog-commenting.html

Theresia said...

Thanks buat postingnya, sob. Benar-benar menambah ilmu ku dalam nge-blog. Masih pemula sih ;P. Kunjungi balik ya.

madhe said...

sipp...

halo halo mas..kunjungan nui..

ada YM gak..

bagi yang mau tambah temen add YM ane yagh.? madszzz


kita sharing sharing tentang ilmu blogger

:D

Ambae.exe said...

blogger penuh warna n' kreasi

Bonthain said...

good info

made gelgel said...

masih lumayan sibuk nih mas jadi jarang blogging lagi

www.sensasiindonesia.blogspot.com said...

selamat siang semua teman bloger

masterGOmaster said...

informasi yang sangat bermanfaat sekali mas andi terutama untuk newbie seperti saya ini, dan semoga atas apa yang aku baca ini bisa aku menerapkannya sedikit demi sedikit. terima kasih dan salam blogger

Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC said...

Tak praktekin ah............

W|zNu said...

Segera Menuju ke TeKaPe gan ^_^

Indra said...

Jazakalloh Khair

BlessingDay said...

Luar biasa posting yang sangat bermanfaat gan.Sekedar berbagi pengalaman ketika visitor saya turun drastis memang blog saya masih terbilang baru ( kurang lebih 5 bulan ) saya coba comment di blog tetangga segera visitor bertambah jauh lebih baik dari biasanya.Trima kasih atas informasinya gan.Terus berkarya!

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts