Ebook Panduan Teknik SEO Search Engine Google

SEO sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan blog dalam kompetisi keyword di search engine. Karena hanya blog yang di optimasi secara maksimal yang akan mendapatkan ranking dan posisi yang baik dalam major search engine. Khususnya pada search engine Google, banyak teknik seo yang digunakan baik yang umum maupun yang rahasia untuk dapat meningkatkan posisi SERP blog ke dalam 10 besar halaman Google. Sebenarnya Google sendiri sudah merekomendasikan beberapa teknik seo yang sesuai dengan search enginenya untuk penyusunan SERP.

Ada beberapa teknik yang direkomendasikan langsung oleh Google, dalam arti untuk optimasi search engine, diantaranya melalui ebook yang dibuat oleh Google mengenai “panduan optimasi search engine google”. Untuk itu Andy sekarang membuat review ebook optimasi search engine ini agar lebih jelas bagi teman-teman. Menurut aku ebook ini sangat cocok digunakan karena menunjukkan secara detail tahap-tahap awal optimasi yang sesuai dengan algoritma search engine Google. Ada beberapa point penting yang dititikberatkan dalam ebook tersebut, diantaranya:

1. Pembuatan judul yang unik dan akurat
Seperti yang kita ketahui judul memegang peranan penting dalam penyusunan postingan blog di search engine. Oleh karena itu ebook ini membahas judul pada point pertama agar webmaster dan blogger menyediakan waktu untuk membuat judul yang menarik baik dari segi search engine maupun dari pembaca. Ebook ini menjelaskan secara gamblang mengenai tata cara yang dianjurkan oleh Google dan hal-hal yang harus dihindari dalam pembuatan judul yang dapat menarik search engine dan trafik.

2. Penggunaan meta tag description
Walaupun Search engine Google tidak terlalu menitikberatkan seo pada meta tag, tetapi Google masih merekomendasikannya. Hal ini dapat membantu search engine untuk mendeskripsikan garis besar suatu halaman untuk ukuran kecocokan dari hasil pencarian.

3. Rekomendasi struktur URL
Kalau yang ini diarahkan buat webmaster dalam pembuatan URL artikel, karena kalau untuk blog sudah pasti URL akan disesuaikan dengan judul artikel yang dibuat. Sehingga secara tidak langsung URL sudah mewakili dan sesuai dengan isi postingan.

4. Navigasi atau sitemap
Navigasi juga bisa membantu mempermudah robot spider search engine untuk menjelajah blog/web. Khususnya bagi web yang memerlukan navigasi yang tersusun dan terdiri dari 2-3 kedalaman sub konten yagn berhubungan. Jadi Google merekomendasikan penggunaan navigasi “breadcrumb” agar web atau blog yang memiliki halaman yang banyak dapat lebih terstruktur lagi dan kemungkinan bisa mendapat “sitelink” dari Google.

5. Artikel yang berkualitas
Konten atau artikel tetap menjadi raja (content is the king) dalam blog/web. Karena memang itu inti yang disajikan dari pembuatan web/blog. Maka tidak heran jika sekarang Google lebih strict dalam hal konten, terbukti dengan banyaknya blog yang dihapus karena mungkin menggunakan duplikat konten. Jadi dalam hal ini Google menganjurkan beberapa point penting dalam pembuatan konten yang tentunya dapat membantu kita sebagai blogger.

6. Anchor text
Penggunaan anchor text juga bisa menjadi faktor penting bagi blog, khususnya untuk optimasi seo off page, seperti backlink. Disini dijelaskan cara pembuatan anchor text yang baik yang terbaca oleh robot search engine dan berisi teks yang dapat menarik pengunjung.

7. Tata cara penggunaan Tag Header
Menggunakan tag heading tidak boleh berlebihan, setidaknya itu yang dijelaskan dalam ebook ini. Tag heading sebenarnya bisa membantu optimasi asalkan tidak berlebihan. Selain itu kita juga bisa mengetahui beberapa faktor yang harus dihindari agar tidak terkena penalti dari search engine.

8. Optimasi gambar
Bagi sobat yang suka upload gambar kedalam postingan blog, maka cara optimasi ini sangat cocok sehingga gambar yang diupload dapat lebih dioptimasi dengan menggunakan tag image yang berisi anchor text.

9. Optimasi robot.txt
Penggunaan robot txt memang dapat mempengaruhi blog atau website. Pengaruh perintah robot txt adalah dalam hal jumlah kunjungan dan indeks blog secara rutin. Memang kita bisa mengaturnya secara manual, tapi sebelum kita merubahnya sendiri ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor yang dianjurkan Google dalam mengatur kunjungan robot spider search engine.

10. Efek rel “nofollow”
Tag nofollow bagi blog/web sebenarnya berguna dalam kondisi tertentu. Tapi sebelum kita merubah dofollow menjadi nofollow ada baiknya kita juga mengetahui manfaat dan alasan untuk merubahnya. Ebook ini menjelaskan beberapa kondisi yang membuat kita merubah tag menjadi nofollow. Tetapi tentu dengan pertimbangan yang matang, karena menurut aku ada point positif dan ada juga point negatifnya.

11. Tata cara promosi
Promosi ini menjadi isu permasalahan yang sangat hangat. Karena beberapa waktu yang lalu, blogspot melakukan razia besar-besaran dengan memblokir akses dan menghapus beberapa blog dari sistemnya. Oleh karena itu rekomendasi dari Google ini mungkin bisa lebih mengarahkan blogger/webmaster dalam melakukan promosi yang baik dan menghindari cara-cara yang tidak disukai oleh Google.

12. Optimasi menggunakan Google webmaster tool
Sobat dapat menggunakan layanan webmaster tool untuk lebih mengoptimasi blog/web sesuai dengan criteria masing-masing search engine. Selain search engine Google, ebook ini juga menyediakan link Yahoo webmaster tool dan Bing webmaster tool.

13. Optimasi dengan Google analytics
Setelah melakukan optimasi, maka kita sebaiknya menggunakan web analytics untuk dapat melihat perkembangan optimasi di search engine. Misalnya persaingan keyword dengan beberapa kompetitor di search engine. Dengan menggunakan Google analytics sobat dapat mengontrol perkembangan setiap postingan dan mengetahui mana yang sudah baik dan mana yang belum. Jika yang belum baik hasil optimasinya maka kita bisa merubah kekurangan dari optimasi tersebut.

Point-point diatas, menurut aku sudah mewakili optimasi seo yang dapat berdampak positif bagi web/blog di SERP. Teman-teman bisa langsung mendownload ebooknya pada link dibawah ini:

Search engine optimization starter guide (English version)
Panduan optimasi search engine google (versi Indonesia)

Ebook ini merupakan update terbaru dari Google pada tanggal 22 Juli 2009, jadi masih sesuai dengan karakter search engine Google sampai sekarang. Mudah-mudahan ebook ini bisa membantu blogger untuk menjalani semua aktifitas blogging sehingga tidak ada lagi yang terkena banned karena kesalahan ketika melakukan optimasi. Terima kasih

Related Post



19 Comment:

ivan kavalera said...

Thanks mas. Penting banget nih. Sedot ah.

secangkir teh dan sekerat roti said...

mau mua mau.. :)

mas acrom said...

trima kasih bro,mo lgsung ke tkp dulu nih ,belajar dulu hehe

Rizkyzone said...

keren nich sob, izin aq sedot semoga aja pas GPR nanti PR q bisa naik

wachid said...

Informasi yang dicari2, sangat berguna, numpang dl yaa...

Tx. Tx. Tx....

mas doyok said...

pernah bahas juga soal ebook ini
emang banyak banget yg manfaat
maksimalkan ini aja udah ngefect besar banget

Bayu Lebond said...

bener-bener bermanfaat...ijin nyedot bung...mak crosoooot hmmmmm yammmmy

made gelgel said...

sedot dulu mas hehe!

negeriads.com solusi berpromosi said...

Maaf jika linknya rada berbau promosi, lagi butuh bantuan nih untuk kontes seo.

Mmmmh... Saya juga dah coba, namun untuk seri bahasa indonesianya agak amburadul. karena transletenya tidak sempurna, sehingga sedikit memusingkan saya memahaminya

regards,
afdil

Sharing ilmu said...

wah tips yg bener" bermanfaat nii mas...
tp itu semua masih aja ada yg gak saya lakuin karena memang males..
buat artikel yg berkualitas itu yg sulit...
terima kasih udah share

Anonymous said...

Gratis mang asyik, leh dicob shob.,

Tips-Trik said...

Boleh dicoba nih e-booknya, gratis lagi, ada yang b Indo lagi.

Gema Nasyid said...

Seo = kehidupan blogger.

Hiv-Aids n Young said...

Oke A' Thankjs ya.

Indonesia Blog Teens said...

Layak dibaca tuh e-book.

iwan said...

ini baru namanya blog kalo gak bermutu kaak usah ditampilin. terus cari yang baru bro, gw dukung dari sini heee.heee. good luck

nasehatguruku said...

siip thanks

Masenno said...

makaseh..gan infonya....langsung sedot abis...

yusuf said...

infonya menarik saya kurang tau bag robot.txt

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts