Menambah income blog melalui adbrite publisher

Setelah membahas mengenai adsense untuk menambah income pada postingan sebelumnya, sekarang saya mau berbagi lagi pengalaman dengan menjadi partner dari perusahaan iklan terbesar kedua didunia, yaitu Adbrite. Seperti yang sudah dketahui, adbrite juga telah menjadi salah satu tempat favorit bagi kedua belah pihak, yaitu advertiser dan publisher. Sebagai advertiser, adbrite telah menyediakan keleluasaan dan kebebasan untuk melakukan aktifitasnya. Antara lain:
  • Pengiklan bisa lebih leluasa dan bebas dalam menentukan budget seminimal mungkin, yaitu (0.05 dollar untuk per klik iklan)
  • Pengiklan juga bisa melihat dan memilih space iklan pada setiap website atau blog yang ingin dituju dan dipasangi iklan dari mereka.
  • Harga dari range iklan berdasarkan beberapa kategori yang dimiliki oleh website atau blog publisher, antara lain: tingkat pengunjung (trafik), alexa rank, content website atau blog, dan tempat atau space iklan yang tersedia.
  • Penempatan iklan bersifat dinamis, tidak statis, Hal ini memungkinkan pengiklan untuk lebih mengeksplorasi dengan melihat statistik yang ada sesuai dengan tujuannya.
  • Bisa melihat statistik website atau blog mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil trafik perharinya, memilih kategori yang sesuai dengan iklan.
  • Bisa menentukan geo lokasi iklan yang akan ditampilkan sesuai target pasar.
Dari beberapa point diatas pengiklan harus lebih aktif dalam mencari dan menempatkan iklannya dalam adbrite. Tujuannya jelas agar pengiklan lebih bisa menargetkan promosinya dan menuju pangsa pasar yang sesuai dengan kategori iklan. Jadi keuntungan ini bisa lebih bermanfaat dengan budget yang seminimal mungkin dan mendapatkan target pasar yang besar. Khususnya bagi advertiser yang memiliki budget yang tidak terlalu besar dapat menjadikan adbrite sebagai salah satu partner dalam beriklan.

Sedangkan bagi publisher (website or blog owner), adbrite juga merupakan salah satu alternatif bahkan bisa dibilang sejajar dengan google adsense. hal ini dikarenakan sudah banyak juga link dan partner adbrite yang tersebar dimana-mana. Jadi adbrite juga baik untuk dijadikan sumber penghasilan dalam dunia internet. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki adbrite bagi publisher.

Kelebihan adbrite, yaitu:
  • Jenis iklannya lebih variatif dibandingkan yang lain, selain ada banner, space link ads yang berbasis CPC (skycraper horizontal/vertikal, square ads, leaderboard ads). Adbrite juga menyediakan full page ads (berbasis CPM), inline ads (jenis iklan ini yang saya suka, karena disisipkan pada teks dalam content website/blog yang bentuknya menyerupai link seperti infolinks ads), dan yang terakhir adalah pada gambar/picture ads (jika teman-teman mempunyai gambar dalam website/blog, maka bisa disisipkan dengan iklan dari adbrite)
  • Batas minimum payout bisa disetting sesuai dengan keinginan kita, memang pada umumnya minimal payout adalah 100 dollar, tetapi kita bisa merubahsampai minimal 5 dollar. Tetapi karena pembayarannya melalui cek lebih baik disetting seperti biasa atau minimal 50 dollar.
  • Peraturannya lebih simple dan tidak terlalu ketat seperti adsense.
  • Adanya program refferal, baik untuk publisher atau advertiser yang bergabung melalui link kita yang berlaku selama 1 tahun (50% profit pada 3 bulan dan 10% profit untuk 9 bulan selanjutnya)
  • Bisa digunakan pada website/blog berbahasa indonesia
  • Mengatur jenis iklan yang masuk sesuai keinginan, jadi publisher bisa menerima atau menolak iklan yang ingin masuk. Hal ini bisa dilakukan jika teman-teman men-setting iklannya untuk mengatur secara manual tetapi kalau secara otomatis, maka semua iklan akan masuk tanpa ada penyaringan.
  • Poin diatas berguna jika kita menginginkan iklan yang terpasang sesuai dengan isi dari website /blog. Sehingga pengunjung jadi lebih tertarik untuk mengklik iklan yang ada.
  • Lebih aktif dan merasakan bagaimana sistem kerja dunia advertising diinternet.
  • Bisa menggunakan website traffic exchage atau yang lain.
Untuk kekurangannya, yaitu:
  • Seperti yang disebutkan pada poin diatas, jika traffik pengunjung kita sudah banyak maka lebih baik mengatur sendiri kategori iklan yang akan masuk secara manual. Karena hal ini bisa menentukan click rate iklan yang sesuai dengan topik website yang ada. Jika disetting secara otomatis, maka iklan yang masuk akan bermacam-macam dan tidak sesuai dengan topik website/blog. * harus sering-sering untuk membuka situs adbrite
  • Jenis iklan yang dinamis. Hal ini membuat iklan tidak selalu ada pada space ads, hanya pada waktu tertentu saja iklan ini akan muncul.
  • Waktu pengiriman cek yang cukup lama, adbrite memerlukan waktu 60 hari setelah kita request payment.
  • Harga perkliknya tidak sebesar google adsense.
Jadi setelah melihat beberapa kategori diatas baik kelebihan dan kekurangannya, teman-teman bisa mencoba dan memilih yang mana yang lebih baik untuk digunakan sebagai partner beriklan atau sumber income baik itu jangka pendek ataupun jangka panjang. Dan tentu saja adbrite sudah menyediakan lahan bagi kedua belah pihak untuk lebih aktif dan profesional dalam mengatur atau mencapai tujuannya. Terima kasih
:gatau:

Related Post



8 Comment:

Aditya's Blogsphere said...

thanks gan atas infonya...tp kok di blog q lum ada iklanya yang masuk ya?gmn tuh?

andy said...

aku udah lihat blognya sob, emang ga ada iklan adbritenya. Dr pengalaman aku nih sob, klo adbrite itu emang bisa pake blog indonesia tapi untuk iklan yang muncul susah sob. Aku juga pernah nyoba pake blog indonesia alhasil ga ada sama sekali iklannya. Beda ama blog aku yang bahasa inggris iklannya banyak dan ada terus dari semua jenis iklan adbrite yang aku pasang.

Kedua, kayanya tergantung keyword apa yang kita masukin diakun adbrite sob dan yang ada diartikel blog kita, karena klo adbrite itu beda ama yang lain, dimana pengiklan turun langsung untuk mencari blog/website untuk memasang iklan mereka, jadi bukan adbrite yang menyortir dan menaruh iklan kaya Adsense secara otomatis tapi adbrite cuma tempat untuk mempertemukan pengiklan dan publisher, sisanya mereka yang harus aktif lebih lanjut. Tapi klo blog kita kualitasnya bagus bayaran perklik adbrite bisa tinggi sob, semakin bagus semakin tinggi perkliknya.

Jadi klo tetep mau pasang adbrite coba rubah aja sob blognya ke bahasa inggris pasti ada iklannya deh tar. tetep semangat sob

nino Nur'madi said...

sob cara masukin kode nya yang jelas dunk?
saya lagi membutuhkakn tutorialnya TOLONG BGT SOB !

tolong bantu blog saya ini

creativityimages.blogspot.com

andy said...

@ nino: masukin kode apa sob? Klo kode ads space adbrite ama aja kaya kode iklan yang lain. Tinggal ikutin aja urutan2nya, terus langsung copy kode dan masukin ke widget dalam blog. thank

Amirullah said...

very nice and helping people to learn to get additional revenue

kartunmania said...

Thanks infonya gan...

goblogyoyo said...

aduh kok krim lwat cek.. yah enak'an ADSENSE..

goblogyoyo said...

makasih mas.. tapi kok ngirimnya lewat cek.. wihh lama tuh 1 bulan setengah.. jadi sulit banget

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts