Cara meningkatkan trafik dengan promosi lewat milis

Sudah lama juga tidak aktif diblog, tapi sekarang akhirnya punya waktu lagi untuk update postingan baru. Gimana nih kabarnya teman? Pastinya tambah maju dan sukses ya, Amin. Untuk kali ini artikel saya akan membahas mengenai cara promosi melalui milis. Seperti yang kita ketahui milis merupakan sarana yang sangat baik untuk mempromosikan usaha apa saja melalui media internet. Milis juga menjadi tempat saling bertukar pikiran, berbagi ide, opini dan penawaran kesempatan baru atau promosi program yang bertujuan untuk saling membantu sama lain.


Hal ini karena member milis biasanya saling terbuka dalam memberi informasi dan tentu saja akan saling membantu karena mempunyai harapan dan tujuan yang sama sesuai dengan milis yang diikutinya. Jadi kita dapat langsung menyempitkan ruang lingkupnya sesuai dengan pembahasan atau topik dari milis tersebut yang dikategorikan berdasarkan minat atau interest tiap orang. Dengan adanya kesamaan pandangan dan tujuan inilah maka hubungan dan aktifitas dalam suatu milis akan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan promosi yang lain. Tetapi beberapa waktu belakangan ini member milis Indonesia menjadi khawatir dan agak takut dengan adanya kasus (Ibu Prita) melalui pemberitaan yang sudah tersebar luas. Saya sendiri menemukan beberapa opini dari member milis, yang menyatakan bahwa ada rasa kekhawatiran dan ketidaknyamanan untuk memberikan opini secara terbuka. Mungkin ini menjadi pelajaran juga agar kita memberikan opini yang wajar tanpa menyinggung salah satu pihak sehingga tidak timbul masalah yang dapat merugikan orang lain.

Milis itu mempunyai jangkauan yang besar, karena biasanya member milis memiliki jumlah yang cukup besar, antara ratusan hingga ribuan. Dengan bergabung dengan milis kita memiliki waktu yang lebih efektif untuk mencapai tujuan kita terutama untuk mempromosikan website atau blog ataupun program yang lain. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan bergabung ke milis, antara lain:

1. Jumlah member yang banyak
2. Memiliki pandangan dan tujuan yang sama
3. Saling berbagi dan berinteraksi satu sama lain
4. Saling membantu dan berbagai ide untuk kepentingan bersama
5. Waktu yang digunakan lebih efektif
6. Dengan mengirim pesan sekali, maka pesan itu akan disampaikan ke semua member
7. Bukan merupakan email SPAM
8. Semakin besar anggotanya, maka semakin cepat kemungkinan untuk mencapai tujuan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Ada beberapa milis yang tidak ingin di penuhi oleh pesan iklan atau promosi
2. Lihat peraturan terlebih dahulu, dan sesuaikan dengan kategori milis tersebut
3. Jika tidak bisa mencantumkan iklan, maka cantumkan link disignature
4. Jangan melakukan pesan SPAM, karena bisa mengakibatkan dibanned dari milis
5. Menulis dengan kata-kata yang sopan dan baik
6. Kebanyakan milis tidak memperbolehkan adult content
7. Tulis pesan sesuai dengan bahasa utama dari milis tersebut, contohnya inggris

Dengan melihat karakterisitik dari milis diatas, asumsi apa yang bisa didapat oleh teman-teman mengenai milis? Bagi saya ini merupakan sarana yang sangat baik dan efektif untuk mengenalkan dan mengembangkan kita dikomunitas milis. Ada hubungan dan interaksi, berarti ada link yang dapat menimbulkan kepercayaan satu sama lain dan menambah informasi yang bermanfaat bagi semua anggota.

Sehubungan dengan topik ini, saya juga mempunyai milis yang tujuannya untuk menjalin interaksi dan hubungan dengan teman-teman. Milis ini digunakan untuk tempat promosi website/blog ataupun program yang lain terutama yang gratis dan memiliki manfaat bagi anggota yang lain. Milis ini juga digunakan untuk tempat berkomunikasi, berbagi ide dan menjalin hubungan dari setiap anggota sehingga dapat membantu satu sama lain. Saya telah membuat peraturannya, sehingga lebih mempermudah dan lebih terfokus dan tidak menyimpang dari tujuan awal.

Teman-teman bisa bergabung menggunakan email yahoo dan mengirim pesan ke semua anggota setelah mendapat persetujuan dari saya. Peraturannya sederhana, yaitu:
1. Member dapat melakukan posting maksimal 3 kali dalam 1 minggu
2. Tidak mempromosikan website/blog atau program yang berkategori (adult content)
3. Setiap member harus membuka email yang dikirim dan klik link didalamnya
4. hal ini bertujuan untuk membantu satu sama lain untuk meningkatkan trafik dll.
5. Member dapat menggunakan bahasa indonesia atau inggris
6. Diharapkan dapat terjalin komunikasi sehingga milis ini menjadi aktif
7. Dianjurkan mengajak teman untuk bergabung agar milis ini menjadi komunitas yang besar
8. Dengan bertambah besarnya jumlah anggota, maka promosi akan semakin efektif
9. Jika ada yang ingin ditanyakan kirimkan saja ke email saya yang tertera dimilis

Itulah peraturan sederhana dari milis yang saya buat, agar dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu semua anggota dimilis ini. Untuk lebih detailnya, jika teman-teman ingin bergabung bisa mengunjungi link Business community. Raih sukses melalui komunitas bersama dan saling membantu sama lain. Terima kasih

Related Post



0 Comment:

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts