Cara Mengatasi Kebuntuan Ide dalam Membuat Artikel Blog

Kebuntuan ide, hal ini pasti pernah dirasakan oleh blogger (termasuk Andy) ketika ingin membuat postingan/artikel blog. Terkadang kita tidak tahu apa yang harus ditulis jika tidak ada ide yang muncul sehingga akhirnya membuat kita menjadi malas dan tidak jadi menulis artikel baru diblog. Memang menulis artikel/postingan blog merupakan tantangan besar yang harus dihadapi setiap blogger, karena menulis artikel merupakan proses jangka panjang dan harus dilakukan secara rutin jika ingin blog kita tetap update dan “hidup”. Tidak sedikit blog teman yang hiatus ketika Andy berkunjung dan melakukan blog commenting/berkomentar.

Kondisi hiatus ini banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari dalam maupun dari luar. Untuk pengaruh dari dalam misalnya tidak adanya ide yang bisa digunakan untuk membuat postingan baru khususnya bagi blog yang memiliki niche/bidang spesifik, pikiran yang tidak fokus, kondisi fisik dan rasa malas yang bisa menjadi penghalang besar untuk menulis artikel. Sedangkan faktor dari luar biasanya karena padatnya aktifitas offline atau aktifitas rutin kita didunia nyata sehingga tidak sempat membuat artikel (baik itu kerja, kuliah, sekolah dll). Dua faktor ini bisa mempengaruhi satu sama lain, sehingga keinginan dan niat untuk menulis hampir tidak ada. Setidaknya itu yang Andy rasakan juga ketika mengurus blog ini.

Untuk menghindari dan mengatasi tembok penghalang diatas memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan ide artikel. Tetapi untuk kesempatan ini aku akan lebih memfokuskan cara mencari ide artikel dalam kondisi yang “urgent” atau yang hanya membutuhkan waktu sebentar dan cepat mendatangkan ide tersebut. Antara lain sebagai berikut:

1. Membaca Komentar Artikel dalam Blog

Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk interaksi dan komunikasi satu sama lain. Hal ini dapat dilihat dari komentar yang ada dalam setiap artikel jika pengunjung membaca artikel yang disajikan dan menemukan hal yang menarik/bermanfaat dalam artikel tersebut. Sehingga pengunjung akan memberi respon baik berupa ketertarikannya, saran dan pertanyaan untuk mengetahui lebih detail.

Komentar tersebut bisa menjadi inspirasi yang sangat baik bagi blogger ketika tidak bisa menemukan ide untuk menulis artikel. Cara ini sangat mudah dan cepat karena kita tidak perlu mencari sumber inspirasi/ide dengan menjelajah internet tetapi sebenarnya sumber ide itu sudah ada dalam blog kita sendiri. Terutama jika komentar tersebut berupa pertanyaan, tentunya akan lebih memudahkan blogger untuk menulis artikel berikutnya, karena bidangnya sendiri sudah sesuai target, yaitu sama dengan artikel sebelumnya. Selain itu kelebihan dari komentar yang bersifat pertanyaan ini dapat meningkatkan interaksi dan trafik pengunjung yang berulang-ulang/repeated traffic pada blog, kita sebagai pemilik blog bisa memilih dua jalur ketika merespons pertanyaan dari blogger lain.

Yang pertama dengan menjawab pertanyaan tersebut dalam komentar dan yang kedua dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan menulisnya di artikel baru. Cara ini akan memberi efek yang sangat baik terutama pada blogger yang memberi pertanyaan tersebut, karena kita telah merespons pertanyaannya dengan baik dan lengkap bahkan sampai menjadi inspirator ide untuk membuat artikel baru dalam blog, jadi efek positifnya berjalan dua arah, kita sebagai pemilik blog dapat menemukan ide artikel dengan mudah, sedangkan pembaca/blogger lain yang berkomentar merasa dihargai dan penting dimata kita.

Tetapi bagaimana jika artikel blog kita tidak ada komentar? atau hanya sedikit pengunjung yang merespons. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa mengunjungi blog panutan kita (pro blogger) dalam satu niche/bidang yang tentunya memiliki pembaca dan pengunjung yang banyak. Dari situ kita bisa membaca respon pengunjung dari komentar yang diberikan, baik saran atau pertanyaan.

Ada dua manfaat yang bisa kita dapatkan dari cara ini, pertama tentu mendapatkan ide yang sesuai tema blog sedangkan yang kedua ini yang sangat penting yaitu dengan menulis artikel berdasarkan komentar pada artikel pro blogger tersebut, kita bisa menarik beberapa pengunjung dari pro blogger ke dalam blog. Karena blog kita mempunyai jawaban atas pertanyaan mereka yang mungkin belum sempat dijawab oleh pro blogger karena banyaknya komentar yang masuk. Jadi setelah membuat artikel tersebut lakukan promosi dengan memberi komentar dalam artikel pro blogger yang mengarahkan pengunjung pada blog kita, komentarnya tentu yang bermanfaat dan berbobot sehingga mereka bisa tertarik untuk mengunjungi blog teman-teman.

2. Menonton Video

Cara kedua untuk menemukan ide menulis artikel adalah dengan menonton atau melihat video di internet. Teman-teman bisa menggunakan fasilitas YouTube, metacafe dll. Cara untuk mendapatkan ide/inspirasi ini dengan melakukan research atau pencarian video yang memiliki bidang/niche yang sesuai dengan blog. Setelah selesai melihat video tersebut kita bisa mendapatkan inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk artikel.

3. Fungsi Keyword

Kata “keyword” sudah tidak asing lagi bagi blogger. Untuk itu keyword ini bisa menjadi ide atau inspirator yang sangat tepat dan cepat untuk membuat artikel. Teman-teman hanya perlu mengingat dan melihat kembali tema utama blognya masing-maing, kemudian tentukan beberapa keyword yang paling banyak menghasilkan pengunjung bagi blog dengan melihat statistik tracker atau google analytics. Dari situlah kita bisa mencari inspirasi atau ide untuk membuat postingan. Tetap gunakan keyword tracker seperti Google keyword suggestion tool dan lakukan research sebentar dari keyword yang sudah kita kumpulkan sebelumnya, kemudian cari beberapa keyword penunjang atau alternatif keyword dari hasil google keyword suggestion tool. Jika hasilnya ada yang cocok dan menarik bagi teman-teman, maka keyword tersebut bisa digunakan untuk ide pembuatan artikel baru.

Setelah melakukan salah satu atau ketiga cara/metode diatas, langkah penting berikutnya adalah langsung menuangkannya dengan menulis artikel. Jadi setelah selesai melakukan research/pencarian ide kita harus segera mungkin untuk menuangkan ide yang sudah di dapat dalam penulisan artikel. Kenapa? Karena pencarian ide yang sudah kita dapatkan masih “segar” dan otak kita masih terinspirasi akan ide tersebut sehingga probabilitas membuat artikel yang baik dan berkualitas sangat tinggi. Hindari sifat mengulur waktu atau menunda pekerjaan seperti membuat artikelnya dikemudian hari, karena jika begini ide yang sudah kita dapatkan pada hari sebelumnya tidak lagi “fresh” dan probabilitas membuat artikel yang baik sudah menurun sehingga kita sudah tidak fokus lagi untuk menulis artikel.

Untuk cara lain untuk mendapatkan ide memang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika kerja, sekolah, kuliah, pergi ke suatu tempat, liburan dan aktifitas lainnya. Tetapi jika niche/tema blog teman-teman yang berhubungan dengan internet dan pengetahuan teknologi, selain bisa mencari ide dengan menggunakan cara diatas teman-teman juga bisa mencari inspirasi/ide dalam majalah, tabloid, buku atau bertukar pikiran dengan orang lain dalam bidang yang sama. Tapi untuk aku pribadi ketiga cara diatas, yaitu komentar, menonton video dan penggunaan keyword lebih memberi inspirasi atau ide bagi Andy’s blog untuk membuat artikel baru, karena selain cepat cara ini juga tidak membutuhkan biaya alias gratis.Tetap semangat dan terima kasih

»

Cara Mengurangi Tingkat Bounce Rate Dalam Blog

Setiap blog pastinya ingin memiliki trafik pengunjung yang banyak dan rutin setidaknya ini yang tertanam dipikiran aku ketika mulai membuat dan mengelola blog ini. Berbagai macam telah dipelajari dan digunakan mulai dari promosi online, optimasi search engine menggunakan teknik seo, sampai link building. Ternyata hasilnya lambat tapi pasti memang sudah kelihatan. Cara diatas memang terbukti bisa meningkatkan kualitas blog di search engine dan juga dikalangan blogger. Sehubungan dengan hal diatas, suatu blog biasanya baru akan bisa di monetisasi setelah trafik pengunjungnya sudah stabil. Bagus tidaknya trafik pengunjung/visitor suatu blog dapat dilihat dari persentase Bounce Rate dalam periode tertentu dan dari waktu ke waktu.

Apa itu bounce rate? Bounce rate (bounce = terlempar, rate = nilai) merupakan statistik dari blog yang menunjukkan perilaku pengunjung atau visitor ketika mengunjungi blog. Perilaku pengunjung ini bisa dimasukkan dalam kategori bounce rate, jika pengunjung hanya mengunjungi blog dalam waktu yang sangat singkat (biasanya dibawah 10 detik) dan hanya melihat satu halaman blog saja. Jadi bahasa ilmiahnya, bounce rate merupakan statistik persentase dari pengunjung/visitor yang hanya mengunjungi satu halaman lalu keluar (single page turn) dalam waktu yang sangat singkat. Persentase bounce rate ini harus menjadi perhatian penting bagi kita sebagai blogger jika ingin blog kita memiliki kualitas yang baik dimata search engine maupun blogger lain.

Karena jika persentase bounce rate pada blog tinggi maka perilaku pengunjung/visitor ini dapat merugikan blog kita apalagi bagi blog yang sedang menawarkan produk/jasa atau yang sedang melakukan monetisasi. Kenapa bisa merugikan? Karena perilaku pengunjung/visitor seperti ini tidak akan membuahkan hasil bagi blog dan dapat dipastikan 90% dari mereka tidak akan mengunjungi kembali blog kita sehingga tidak adanya repeated traffic yang timbul dan blog berjalan ditempat.

Perilaku pengunjung yang membuahkan bounce rate ini sebenarnya dipengaruhi banyak faktor khususnya dari dalam blog itu sendiri, diantaranya:
  1. Blog berat (loading blog lambat)
  2. Warna/template blog tidak enak dilihat (penuh warna kontras)
  3. Susunan komponen blog tidak tersusun rapih
  4. Banyak terdapat iklan dimana-mana yang membuat pengunjung terganggu
  5. Konten atau artikel yang disuguhkan tidak menarik pengunjung
  6. Navigasi blog yang menyulitkan pengunjung
  7. Blog yang memiliki link rusak (link broken) didalamnya
  8. Blog yang menimbulkan kebencian dan menghina sesuatu
  9. Blog dalam kondisi maintenance yang berlarut-larut
  10. Bahasa yang digunakan tidak baik atau tidak sopan
Sedangkan faktor luar yang mempengaruhi bounce rate, antara lain:
  1. Trafik pengunjung yang tidak sesuai target (dengan niche/tema blog)
  2. Trafik dari luar negeri pada blog bahasa Indonesia
  3. Penggunaan metode promosi yang tidak baik
  4. Server blog yang tidak stabil/turn down (bagi yang memakai hosting premium)
Jadi dari beberapa faktor diatas, sebagian besar yang mempengaruhi bounce rate adalah dari dalam blog itu sendiri. Berikut ini adalah grafik bounce rate dari Andy's blog dalam kurun waktu 3 bulan terakhir:
Grafik Bounce Rate Andy's Blog

Dari grafik diatas melalui situs alexa, aku bersyukur dan terima kasih kepada teman-teman yang sudah bersedia menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diblog ini. Rasa syukur ini tidak lepas dari menurunnya tingkat bounce rate Andy's blog dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Walaupun sebelumnya tingkat bounce rate blog ini sempat tinggi pada kisaran 75%, tetapi sekarang sudah turun secara drastis ke posisi 35%. Dampak ini secara tidak langsung telah meningkatkan sedikit demi sedikit kualitas blog ini di search engine, sehingga posisi di search engine pun mulai meningkat dan mulai mendapatkan trafik dari search engine.

Untuk itu aku ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat bounce rate pada blog, yaitu:
  1. Blogger harus mendesign blognya dengan rapih dan profesional sesuai dengan tema dan target pasar yang dituju. Karena blog yang ingin dioptimasi ke dalam bentuk toko online atau monetisasi lainnya (melalui iklan) setidaknya dapat membuat pengunjung yang mengunjungi blog tersebut berada dalam kurun waktu 10 detik atau lebih. Karena mereka akan membaca terlebih dahulu artikel yang disajikan dalam blog atau produk yang ditawarkan, baru setelah itu akan ada kemungkinan untuk membeli suatu produk atau mengklik iklan yang menarik bagi pengunjung tersebut.
  2. Kedua adalah membuat link navigasi yang memudahkan pengunjung (bagi blog yang mempunyai artikel banyak).
  3. Ketiga, hindari terlalu banyak jenis iklan dalam halaman blog sehingga membuat blog penuh oleh iklan dan penempatannya yang tidak mengganggu pengunjung.
  4. Content is the king, mungkin teman-teman pernah mendengar istilah ini. Jadi artikel blog merupakan prioritas dan senjata utama dalam blog, maka buatlah artikel yang menarik dan seunik mungkin sehingga dapat menarik bagi pembaca/pengunjung.
  5. Lakukan promosi yang baik dan tertarget sesuai dengan niche/tema blog.
Dengan melakukan langkah-langkah untuk mengurangi tingkat bounce rate pada blog, seperti design blog yang rapih dan professional, membuat link navigasi yang mudah bagi pengunjung sampai promosi yang tertarget, maka blog kita akan berkurang tingkat bounce rate-nya dan ini tentu akan menghasilkan peningkatan trafik yang lebih baik dan sesuai dengan target pembaca. Pada akhirnya blog menjadi lebih berkualitas baik di search engine maupun dikalangan blogger sehingga timbulnya repeated traffic/trafik yang berulang-ulang ke dalam blog. Baru setelah itu langkah monetisasi blog akan berjalan lebih baik dan mudah-mudahan lancar. Terima kasih

»

Trik Sukses Blog Commenting Untuk Meningkatkan Trafik Blog

Blog dan aktifitas blogging mungkin sudah merupakan aktifitas rutin dalam kehidupan sehari-hari blogger. Karena Andy sendiri melakukannya paling tidak 2 hari sekali untuk mengecek perkembangan blog dari waktu ke waktu. Blog memiliki banyak fungsi dan menjadi bagian dari internet yang paling banyak dicari dan digunakan untuk berbagai keperluan, contohnya curahan hati, extra income, marketing tool, komunitas, berita dll. Seperti yang kita ketahui sekarang jumlah blog sudah sangat banyak di dunia dan jumlahnya terus bertambah seiring semakin banyaknya orang yang tertarik untuk menggeluti dunia blogging. Hal ini tentu membuat kita berpikir bahwa tiap hari pesaing/competitor dalam bidang yang sama akan terus bertambah, sehingga yang kuat dan yang tekunlah yang akan tetap bertahan dan meningkat seo rankingnya di search engine, sedangkan yang lainnya akan berjalan ditempat atau justru turun rankingnya jika tidak sering di update blognya. Jadi permasalahannya adalah bagaimana cara kita mendapatkan trafik dari berbagai macam sumber di internet sehingga blog mempunyai pembaca rutin setiap hari? Dalam artikel Andy mengenai Perbandingan paid traffic dan organic traffic, memang sudah dijelaskan cara mendapatkan trafik tetapi sebenarnya ada yang lebih dan sangat sederhana untuk meningkatkan trafik. Cara ini adalah blog commenting atau berkomentar diblogger lain. Tetapi sampai sejauh mana efektifitas blog commenting/berkomentar diblog lain? Apakah dengan hanya memberi komentar diblog lain bisa membuka jalan bagi kita untuk sukses? Berikut penjelasan mengenai teknik blog commenting.

Dalam rangka untuk membangun jumlah pembaca dalam blog, teknik berkomentar sangat dianjurkan untuk memberi komentar diblog lain secara rutin. Berkomentar merupakan cara yang sangat umum tapi memberikan efek yang luar biasa dalam meningkatkan seo ranking dan visitor/pengunjung diblog. Kebanyakan blogger mengharapkan adanya interaksi dalam artikelnya melalui komentar. Interaksi ini harus kita manfaatkan dengan baik untuk membangun hubungan sekaligus mendapatkan backlink untuk blog.

Sebagian besar blog adalah “do follow” terutama yang melalui provider blog gratis seperti blogger dan wordpress. Tetapi ada juga yang “no follow” hal ini bisa dilakukan secara manual dengan menambah tag “no follow” dalam blognya. Alasan blog no follow mungkin agar terhindar dari komentar yang bersifat spam atau tidak menginginkan adanya komentar didalam blog. Tetapi masalah ini tidak perlu diperhatikan secara serius, memang benar blog do follow dapat meningkatkan seo ranking blog dalam search engine karena backlink yang masuk dianggap sebagai voting positif bagi blog. Tetapi yang paling penting sekarang adalah untuk fokus berkomentar dalam blog yang memiliki bidang/niche yang sama. Kenapa penting? Karena kalau voting dari do follow blog itu efeknya tidak secara langsung, tetapi merupakan trik untuk memancing pengunjung dari search engine seiring dengan meningkatnya ranking blog di search engine selain dari blogger itu sendiri. Sedangkan cara untuk fokus berkomentar dalam niche/bidang yang sama efeknya dapat dirasakan secara langsung, yaitu terjalinnya interaksi karena ketertarikan niche/bidang yang sama dan menimbulkan repeated traffic/trafik yang berulang-ulang.

Sebenarnya ada kiat atau trik khusus dalam berkomentar yang mungkin teman-teman juga menyadarinya atau tidak menyadarinya secara langusung. Berikut ini triknya:
  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari blog/pro blogger yang mempunyai level pembaca yang tinggi (high subscriber level) dalam niche/bidang yang sama.
  2. Pelajari jadwal posting artikel diblog tersebut (contohnya 2 atau 3 hari sekali)
  3. Ketika posting artikel baru sudah ada dalam blog, segera baca dan beri komentar dalam blog tersebut. Hal ini tentu lebih mudah untuk berkomentar secara relevan karena blognya memiliki bidang/niche yang sama dengan bidang yang kita tekuni.
  4. Ketika berkomentar berikan komentar yang berkualitas dan mengandung informasi. Hal ini akan membuat blogger lain tertarik dengan mengajukan pertanyaan atau respon terhadap komentar kita. Dan tentunya akan membawa rasa penasaran itu dengan mengunjungi blog kita.
  5. Posisi komentar pertama dalam artikel yang masih baru akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan kemungkinan trafik yang lebih banyak. Jadi jika mendapat kesempatan untuk menjadi komentator pertama dalam artikel baru, sebaiknya jangan disia-siakan dengan hanya memberi komentar pendek (contohnya pertama, atau terima kasih infonya). Beri komentar yang baik dengan bobot yang sesuai dengan artikel tersebut. Sehingga first impression dari blogger lain akan penasaran dan berniat untuk mengunjungi blog kita.
  6. Untuk lebih memudahkan teknik no.5 kita bisa menjadi subscriber dari RSS feed atau email pro blogger tersebut. Jadi setiap blog tersebut membuat artikel baru kita bisa mengetahuinya dengan cepat dan langsung berkomentar dalam blog tersebut. Seiring berjalannya waktu, pro blogger tersebut akan memperhatikan kita dengan mengunjungi blog diiringi dengan trafik dari blogger lain yang mengikutinya.
  7. Untuk yang lebih advance-nya ada interaksi dan hubungan baik yang terjalin dengan pro blogger tersebut, sehingga komunikasi yang intense ini akan memberi manfaat bagi kemajuan blog.
  8. Untuk yang terakhir, teknik ini merupakan teknik favorit dikalangan blogger. Karena selain gratis cara ini juga tidak memakan banyak waktu, jadi kita tidak akan rugi apapun dengan menerapkan cara ini. Malah justru trafik blog semakin berkembang dan blog menjadi lebih maju sehingga bisa untuk di optimasi atau monetisasi.
Kesimpulannya cara blog commenting/ berkomentar diblog lain merupakan salah satu cara yang paling bermanfaat dari sekian banyak cara untuk promosi blog. Tetapi ada satu hal yang perlu diingat oleh kita, bahwa teknik blog commenting/ komentar ini akan berjalan lebih efektif jika blog kita memiliki artikel yang bermanfaat dan kaya akan informasi terutama konsistensi dalam bidang/niche yang kita tekuni. Jadi setelah sukses memancing dengan melakukan komentar yang berbobot dan bermanfaat, kita juga harus menyediakan artikel yang unik dan dapat menarik pembaca. Untuk Andy’s blog sendiri cara ini memang masih berjalan dan aku akan berusaha konsisten untuk meningkatkan blog commenting diblog lain, khususnya dalam bidang/niche yang sama. Tetapi sampai saat ini cara blog commenting memang efektif dan telah memberi hasil yang baik bagi Andy, terutama dalam berinteraksi dengan teman-teman. Bagaimana menurut teman-teman apa memang cara ini telah menimbulkan hasil yang baik bagi blog kamu? Atau memang ada cara yang lebih efektif untuk menjaring trafik dari niche/bidang yang sama? Terima kasih

»

Perbandingan Metode Buy Traffic dan Organic Traffic

Ketika Andy memulai aktifitas di dunia internet, banyak cara yang sudah dicoba dan digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung/traffic visitor ke dalam blog maupun ke program afiliasi lainnya. Di antaranya melalui organic traffic/trafik gratis yang sangat direkomendasikan oleh webmaster dan pro blogger karena trafik jenis ini memiliki kualitas yang baik, tertarget dan tentunya tidak membutuhkan biaya. Andy juga pernah mencoba buy traffic/membeli trafik dari website penyedia layanan dengan berbagai jenisnya. Tetapi setelah beberapa waktu menggunakan kedua metode trafik diatas baik organic traffic dan paid traffic, aku mencoba menyimpulkan dan membandingkan mana yang lebih baik dilihat dari segi kekurangan dan kelebihan masing-masing untuk digunakan oleh para blogger, termasuk teman-teman.

Paid Traffic

Membeli trafik merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk meningkatkan jumlah visitor ke dalam blog atau program lainnya. Jenis paid traffic memang sangat banyak, contohnya: membeli credit dalam program traffic exchange, beriklan dalam CPC program, CPM banner, email safe list, iklan Pop-up, CPA (Cost Per Action) dan PTC. Jenis paid traffic ini mungkin hanya beberapa saja dari yang Andy sebutkan karena masih banyak lagi jenis yang lain dan harganya juga yang beragam. Dari jenis iklan diatas ada yang memang baik untuk menjadi salah satu alternative sumber trafik dan ada juga yang tidak baik, berikut penjelasannya:

a. CPC
Kelebihan paid traffic melalui CPC selain hasilnya cepat dalam menjaring trafik, juga dapat mengenalkan blog atau program lain dalam waktu yang singkat yang mengarah pada tingkat penjualan. Sedangkan kekurangannya tentu saja teman-teman memerlukan biaya yang jumlahnya mungkin bisa besar ataupun kecil tergantung dari campaign yang dibuat dalam masing-masing program CPC. Ketika menggunakan CPC gunakanlah sumber yang terpercaya dan sudah terbukti menghasilkan trafik yang berkualitas. Sehingga modal yang digunakan tidak akan sia-sia.

Dari berita yang baru aku dapatkan di situs webpronews, kalau Google Adsense tidak bisa menangani semua “click fraud” yang terjadi pada advertisernya. Hal ini membuktikan bahwa Perusahaan iklan sebesar Google adsense saja tidak bisa menangani semua tindakan click fraud yang dapat membahayakan advertiser. Jadi ada baiknya jika ingin beriklan di CPC lakukan research terlebih dahulu, tentukan keyword yang tidak banyak saingannya tetapi unik dan dibutuhkan oleh pengguna diinternet serta merupakan gambaran utama dalam program yang di ikuti. Hal ini penting untuk menentukan munculnya iklan dan pasar yang sudah tertarget.

b. CPM banner
Mungkin ini merupakan jenis paid traffic yang paling murah jika dibandingkan dengan yang lainnya, karena hitungannya berdasarkan jumlah per 1000 impresi pageview atau unique visitor. Jenis trafik ini akan berhasil jika iklan yang dibuat mempunyai judul yang unik dan menarik dari design bannernya. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

c. CPA
Iklan CPA merupakan iklan yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi tetapi biayanya juga lumayan besar, karena ini mengharuskan orang untuk melakukan sign-up baik gratis ataupun trial dengan memberikan email dan data lainnya untuk mengikuti program yang mengarah pada sales page. Iklan jenis ini baik untuk program baru yang sedang melakukan list building.

d. Iklan Pop-up
Paid traffic ini mirip seperti CPM banner yang bisa menjangkau secara luas tetapi terkadang tidak disukai oleh pengunjung lain diinternet. Karena iklan pop-up ini terasa mengganggu termasuk Andy sendiri dengan muncul secara otomatis di new windows browser. Dan hal lain yang membuat khawatir akan iklan jenis ini adanya website pop-up yang memasukkan spyware atau malware didalam iklan tersebut. Sehingga iklan pop-up tidak begitu disukai dan beberapa browser menggunakan option untuk memblok iklan jenis ini. Jadi jika memang ingin menggunakan iklan pop-up gunakan yang baik dengan melakukan research di search engine.

e. Email Safe list
Sebaiknya hindari menggunakan program email safe list atau email blaster karena ini hanya akan menghasilkan trafik yang tidak berkualitas, mungkin trafik yang dihasilkan merupakan trafik dari spam bots, karena mereka mengirimkan email kita ke ribuan email anggota lainnya dan sebagai gantinya kita juga dikirimi banyak email setiap harinya, kecuali bagi premium membership yang mengirimkan email solo tanpa menerima email dari anggota lain, tetapi untuk tingkat konversinya juga sangat kecil. Jadi lebih baik menggunakan metode yang lain saja.

f. PTC
Andy pernah menggunakan iklan melalui PTC, memang trafik yang dihasilkan baik dan merupakan unique views semua. Tetapi campaign ini langsung habis dalam satu hari, sehingga kalau dihitung-hitung biaya untuk melakukan iklan melalui PTC cukup besar juga. Tetapi untuk perilaku pengunjungnya kurang begitu baik, karena dari yang pernah aku coba, jumlah unique visitor dan jumlah pageview atau halaman yang dilihat sama, ini berarti setiap pengunjung hanya melakukan kerjanya dalam mengklik iklan di PTC. Selain itu tingkat perkembangan PTC tidak stabil, karena banyaknya PTC yang tutup, scam dan banyak juga yang baru.

g. Traffic Exchange
Trafik jenis ini juga tidak begitu baik, karena ini hanya pertukaran trafik dengan mengunjungi satu sama lain, tanpa tujuan lebih dalam untuk melihat program itu sendiri. Selain itu kekurangan trafik jenis ini juga karena sebagian perusahaan iklan CPC dan CPM terutama adsense tidak memperbolehkan publishernya untuk mendapatkan trafik dari program ini, karena IP yang dihasilkan merupakan satu IP dari perusahaan tersebut. Untuk membeli kredit aku rasa kurang efektif, karena trafiknya tidak sesuai target dan tidak mengembangkan blog.website kita kearah yang lebih baik.

Organic traffic/free traffic

Organic traffic merupakan trafik gratis yang dibangun secara manual dan sesuai rekomendasi dari para blogger terdahulu. Ini merupakan cara-cara yang memerlukan waktu tapi hasilnya lambat laun pasti akan meningkat dan baik bagi blog kita. Contohnya adalah trafik yang datang dari search engine dengan melakukan teknik seo. Berikut ini adalah beberapa metode/cara untuk mendapatkan free traffic yang dapat digunakan dalam blog atau program lain, selain teknik seo:

a. Reffered traffic
Ini merupakan trafik yang berasal dari website yang merefer ke blog kita, contohnya dengan memasukkan link artikel ke situs bookmarking, forum signature dan directory dan RSS feed directory . Cara ini cukup efektif menjaring trafik yang tertarget dan berkualitas karena pembaca mencari info yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika artikel yang kita buat menarik dan informatif, bukan tidak mungkin pembaca akan mem-bookmark link artikel kita sehingga mereka dapat dengan mudah untuk menemukan blog kita kembali. Jika kita tetap rutin menulis artikel maka hasilnya akan timbul repeated traffic atau trafik yang berulang-ulang secara rutin.

b. List email subscriber
Newsletter atau list email subscriber merupakan cara yang sangat baik untuk tetap berhubungan dengan subscriber ketika kita membuat info/artikel baru. Cara ini dapat menjaga kedua belah pihak untuk saling berhubungan satu sama lain. Jadi bagi teman-teman yang mempunyai banyak jumlah subscriber diblognya, selamat karena sudah ada pembaca setianya. Bagi yang belum atau masih sedikit seperti aku, ya tetap semangat dan berusaha untuk tetap meningkatkan jumlah subsciber.

c. Menyebarkan kata atau info
Berkembangnya website social networking memudahkan blogger untuk memperkenalkan blognya secara masal. Website seperti facebook, twitter, friendster atau myspace dapat digunakan untuk membantu menyebarkan info mengenai blog kita. Cara ini sangat cepat dan mudah serta jika berhasil maka ratusan pengunjung akan datang ke blog secara rutin.

d. Link traffic
Menaruh link dalam blog merupakan cara yang sangat baik untuk mengarahkan pengunjung ke program yang kita rekomendasikan. Hal ini akan efektif jika blog kita sudah memiliki trafik yang baik. Sehingga program yang kita rekomendasikan tersebut dapat dilihat oleh pengunjung yang datang ke blog. Blogger dapat menaruhnya dalam widget ataupun dalam bentuk artikel yang merekomendasikan program tersebut. Untuk blog kita sendiri, kita dapat meningkatkan jumlah trafik dengan melakukan pertukaran link dengan blogger lain, atau yang kita sebut dengan link exchange dan menjadi guest blogger dengan membuat artikel dalam blog lain.

Jadi kesimpulannya perbandingan antara paid traffic dan free traffic adalah pada sisi kegunaan dan fungsinya sendiri, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi bagi blog atau website yang hanya menyediakan informasi tanpa ada produk atau program yang ingin dipromosikan mungkin sebaiknya menggunakan metode free traffic saja. Lain halnya dengan website/ blog yang memiliki kepentingan untuk menjual produk, membership sites ataupun menjadi affiliate produk orang lain, mungkin paid traffic diperlukan untuk dapat menjangkau secara luas dan memberikan hasil yang cukup cepat. Hindari metode paid traffic dan free traffic yang tidak efektif dan hanya akan menghabiskan waktu dan modal kita. Dengan mempelajari dan mengenali program yang ingin dipromosikan, maka hasilnya akan maksimal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terima kasih

»

3 Cara Promosi Paling Efektif Untuk Optimasi Search Engine

Untuk memulai atau membuat sebuah blog merupakan hal yang mudah. Tapi bagaimana cara untuk mempromosikannya? Mungkin ini adalah hal yang cukup sulit untuk menaikkan ranking blog dan membuat kita malas. Memulai dan mempromosikan blog merupakan dua hal yang berbeda. Teman-teman dan Andy bisa membuat sebuah blog dengan mudah. Siapa saja bisa dan banyak cara diinternet yang bisa kita pelajari tentang bagaimana menulis artikel dan membuat sebuah blog. Untuk membuat blog tetap hidup mungkin dapat kita lakukan dengan terus menulis dan posting konten baru. Tetapi masalahnya adalah, siapa yang akan membaca semua konten/postingan tersebut? Untuk itulah blog memerlukan suatu cara ampuh untuk memperkenalkan dan mensosialisasikannya, kata ini biasa di sebut dengan "promosi". Sebagai seorang blogger, teman-teman (termasuk Andy pribadi) harus belajar cara untuk mempromosikan blog sehingga konten atau artikel kita dapat menarik khalayak yang tepat/sesuai target pembaca. Promosi merupakan cara dan teknik yang bisa dipelajari. Contohnya, mempromosikan blog dengan menggunakan SEO (search engine optimization). Teknik ini menjadi rahasia umum bagi para blogger dan kita harus menguasainya secara bertahap.

Untuk awal tahun ini Andy membuat kesimpulan dari teknik seo yang paling efektif untuk digunakan berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut adalah beberapa tips SEO yang paling efektif untuk membantu mempromosikan blog:

1. Lakukan penelitian kata kunci (keyword research).
Untuk menulis artikel dalam blog, kita dapat memaksimalkannya dengan memasukkan kata kunci/keyword. Jadi sebaiknya teman-teman jangan hanya menulis tanpa mempertimbangkan keyword didalamnya. Hal ini karena sebagian besar pengunjung/visitor menggunakan search engine dengan memasukkan frasa kata kunci/keyword di dalam kotak pencarian. Dan seperti artikel tentang 10 karakter Google yang dijelaskan sebelumnya, Google akan menempatkan blog kita dalam hasil pencarian yang baik (10 besar halaman pertama) jika blog kita menggunakan teknik ini sebagai salah satu cara untuk optimasi search engine-nya. Jadi, pastikan teman-teman melakukan riset kata kunci/keyword dengan benar sebelum menulis. Tujuannya di sini adalah untuk memastikan bahwa kata kunci/keyword yang digunakan akan menghasilkan trafik untuk blog. Teman-teman dapat menulis konten berdasarkan keyword yang paling banyak digunakan pengunjung dibulan sebelumnya dan yang sesuai dengan tema blog . Cara atau teknik ini terbukti membantu Andy's Blog dalam meningkatkan trafik dari search engine terutama Google.

2. Memaksimalkan Optimasi On-site.
kebanyakan blog sudah dioptimasi dalam search engine baik disadari ataupun tidak disadari contohnya, teman-teman dapat menemukan bahwa judul posting cenderung muncul dalam HTML tag judul dan URL blog yang sudah search engine friendly. Tetapi bagi kita yang menggunakan Wordpress atau Blogger sebagai providernya, ada sedikit cara yang dapat teman-teman lakukan untuk lebih meng-optimasi blog di search engine. Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah dengan menggunakan "anchor text" yang tepat pada internal link didalam artikel. Link ini akan mengarah ke halaman lain di blog teman-teman yang tujuannya untuk lebih meningkatkan pageviews dan lebih atraktif bagi pembaca. Dibandingkan dengan menggunakan kata-kata seperti "klik di sini", penggunaan anchor text dalam internal link akan lebih efektif apabila kita menggunakan frase kata kunci/keyword (contohnya "teknik advanced seo")

3. Membangun backlink.
Ini adalah bagian yang paling penting untuk seorang blogger. Karena kita tidak memiliki situs eksternal, jadi bagaimana caranya agar kita mendapatkan link dari web/blog lain? Sebagai seorang blogger, kita perlu belajar bagaimana menjalin hubungan dengan blogger lain. Cara yang efektif adalah dengan mengunjungi blog lain atau blog yang populer dan mulai untuk menulis komentar. Dengan adanya komunikasi yang terjalin, maka akan lebih mengenal pemilik blog tersebut lebih baik dan ini merupakan awal yang baik. Andy sendiri sekarang memiliki beberapa teman baru yang didapatkan dari berkomentar dalam blog, dan komunikasi ini sekarang lebih intense sehingga Andy sering bertukar pikiran atau ide dengan mereka, baik melalui media blog, Chatting di messenger, facebook dsb. Ini merupakan awal yang baik untuk saling bertukar info, menambah teman dan tentu saja mempromosikan blog satu sama lain.

Jadi, jika sesama blogger sudah saling mengenal, kita bisa menggunakan persahabatan ini untuk keuntungan kedua belah pihak, diantaranya dengan menjadi "guest blogger". Ada beberapa blogger terkenal Indonesia yang Andy temui dan mereka menyediakan fasilitas guest blogger bagi teman-teman yang ingin mempromosikan blognya diblog mereka. Caranya dengan membuat artikel yang biasanya memiliki tema yang sama dengan tema blog tersebut. Cara ini terbukti dapat meningkatkan trafik pengunjung dan sebagian besar pengunjungnya adalah pengunjung setia blog terkenal tersebut. Cara ini dapat berjalan satu sisi ataupun dua sisi, dengan begitu kedua blogger akan mendapatkan manfaatnya satu sama lain.

Secara garis besar, alasan utama kenapa teman-teman perlu membangun backlink adalah karena search engine menentukan ranking website/blog berdasarkan dengan jumlah backlink yang dimiliki. jadi, semakin banyak incoming link yang menuju ke blog teman-teman, semakin tinggi juga ranking yang akan didapat, tetapi backlinknya juga adalah backlink yang berkualitas dan khususnya dalam tema yang sama. SEO ranking yang tinggi akan mengarah pada meningkatnya jumlah trafik dari search engine. Dengan tiga teknik seo diatas, sekarang teman-teman dapat menulis sesuai dengan isi hati dan melihat ratusan pengunjung yang akan membaca konten/artikel setiap hari.

»

6 Online Tool untuk Trik Optimasi SEO Blog

Untuk artikel kali ini aku mau membagi info mengenai seo online tool yang sebaiknya atau mungkin wajib dimiliki oleh seorang blogger. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan strategi seo yang akan dijalankan untuk meningkatkan popularitas blog. Seperti yang kita ketahui banyak jasa atau pelayanan search engine optimization yang ada di internet, tetapi dari sekian banyak jasa servis seo tersebut kita harus memilih yang terbaik, antara lain yang memiliki data akurat, cepat update, lengkap dan ringan untuk digunakan. Layanan seo ini ada yang menggunakan sistem membership dan memerlukan biaya untuk keanggotaannya, biasanya dilengkapi dengan fitur dan trik optimasi tertutup hanya untuk membernya saja. Tetapi bagi aku yang masih baru lebih baik menggunakan tool seo yang gratis saja, karena selain gratis, data dan fitur yang di sajikan juga tidak kalah jika dibandingkan dengan layanan yang berbayar. Mungkin bedanya hanya pada konsultasi online yang tidak tersedia dan cara/trik rahasia untuk lebih memaksimalkan seo ranking di setiap search engine.

Berikut ini seo online tool yang aku rekomendasikan dan tersedia gratis di internet:

1. Blog/web statistik tracker
Tracker menjadi bagian penting bagi pengelola blog, karena jasa yang disediakan gratis ini sangat membantu blogger dalam menganalisa dan mempelajari statistik blognya dari hari ke hari. Banyak data yang bisa kita ketahui dengan menggunakan tracker ini, seperti:
• jumlah visitor
• jumlah page impression
• jumlah hasil pencarian dari beberapa major search engine
• keyword dalam artikel yang banyak dicari dalam search engine
• waktu yang dihabiskan visitor dalam blog
• Statistik region visitor
Fitur diatas dapat membantu kita untuk mempelajari perkembangan blog yang kita kelola dari waktu ke waktu, apakah statistiknya meningkat atau bahkan menurun. Jadi kita bisa lebih memaksimalkan halaman yang paling banyak dicari dan dilihat pengunjung serta mengedit atau memperbaiki yang jarang dilihat pengunjung baik dari search engine atau blogger lain. Jasa ini biasanya gratis dan yang terkenal antara lain, sitemeter dan histats.com. Andy pribadi menggunakan histats.com karena datanya akurat, up to date, tidak ada iklan pop-up dan ringan diblog.

2. Pagerank checker
Banyak tool yang menyediakan jasa pengecekan pagerank Google, tapi Andy merekomendasikan googlepagerankchecker.com untuk digunakan teman-teman. Website ini menyediakan data yang lengkap dan akurat, banyak data yang bisa kita ketahui dengan mengecek URL blog kita ditool mereka, diantaranya:
• Nilai Pagerank
• keyword yang kita gunakan
• bentuk meta description yang terlihat dalam web
• kecepatan loading blog/website
• berat halaman blog
• backlink dari search engine Google, Yahoo, Bing, Alltheweb, Altavista, Clusty, Orange dan Ask Jeeves
• Dmoz
• Halaman yang terindeks di yahoo
• Outbound links dan internal links
• Artikel yang dibookmark di Digg, Reddit, Stumbleupon dan Delicious
• Alexa rank dan ranking blog kita di Indonesia
• Perkiraan update pagerank berikutnya, seperti update pagerank bulan April nanti
Dari statistik ini kita bisa melihat kualitas blog kita di search engine selain itu juga jika hasil kecepatan loading blog besar maka blog kita berarti berat dan sebaiknya dirubah agar menjadi lebih ringan sehingga banyak pengunjung yang betah untuk mengunjungi blog kita dan dapat meningkatkan page impression halaman.

3. Backlink checker
Backlink checker mempunyai dua fungsi yang bermanfaat bagi blogger, yang pertama adalah sebagai barometer mengenai statistik backlink dari blog kita sendiri (dilengkapi dengan anchor text, incoming link, outbound link, pagerank dari backlink dan status do follow atau no follow). Yang kedua adalah untuk melihat statistik blog terkenal dan search engine friendly. Dengan begitu kita bisa melihat dan memilih backlink yang berkualitas dari backlink-nya blog professional, terutama yang memiliki tema yang mirip dengan blog kita. Tool yang cukup baik dan Andy rekomendasikan adalah backlinkwatch.com dan iwebtool backlink checker.

4. Broken link checker
Tool ini sangat berguna untuk mengetahui link yang rusak dalam blog kita. Karena seperti artikel Andy sebelumnya mengenai seo, bahwa link rusak dalam blog dapat mengganggu search engine dan dapat bermasalah bagi blog kita sehingga optimasi blog menjadi sia-sia. Untuk itu lakukanlah pengecekan secara rutin terutama bagi teman-teman yang banyak menaruh link keluar dalam artikel blognya, seperti link download, link video, flash, gambar dan sebagainya. Jika ada yang rusak maka segera perbaiki atau remove dari blog agar tidak mengganggu robot search engine dalam meng-crawl blog. Tool gratis ini dapat teman-teman kunjungi di iwebtool broken link.

5. Reciprocal link checker
Untuk tool yang satu ini berfungsi untuk mengetahui validitas dari reciprocal link atau link exchange yang kita lakukan dengan blogger lain. Karena dari pengalaman Andy sendiri ada beberapa blogger atau webmaster yang menghapus link Andy tanpa pemberitahuan sebelumnya. Andy juga tidak tahu penyebabnya padahal aku tidak menghapus linknya. Setelah melakukan pengecekan melalui tool ini Andy baru mengetahuinya dan untuk lebih memastikannya secara langsung Andy mengunjungi blog tersebut. Untuk mengeceknya teman-teman bisa mengeceknya di iwebtool reciprocal link. Jadi dari kasus ini, untuk menghindari pertukaran link yang sia-sia lakukanlah pengecekan secara rutin dan jalin hubungan dengan sering melakukan kunjungan ke blog lain.

6. SEO Quake
Tool yang terakhir ini merupakan tool yang sangat penting untuk strategi seo blog, tool ini merupakan salah satu add-ons dari browser mozilla firefox. Kelebihan add-ons ini adalah penyajian data-data website dalam search engine, seperti, pagerank, backlink Google, backlink yahoo, bing index, alexa rank, robot meta, sitemap, external dan internal link serta keyword density yang digunakan. Andy menggunakan add-ons ini ketika ingin melakukan pencarian backlink dari search engine sesuai tema yang diinginkan. Jadi setelah mengetikkan keyword yang dimasukkan dalam query search engine, maka data statistik setiap website akan ditampilkan secara baris horizontal atau vertikal. Cara ini bisa lebih memudahkan pencarian backlink yang kita inginkan dan add-ons in tidak membuat pencarian Google menjadi berat. Tetapi sebaiknya gunakan add-ons ini hanya untuk mencari backlink dan menggunakan strategi seo yang lain, jika tidak menggunakannya maka “disable” saja agar tidak mengganggu aktifitas browsing teman-teman. Tool ini dapat teman-teman download gratis dalam situs add-ons mozila firefox.

Dari 6 tool seo yang aku jelaskan diatas semuanya gratis dan tidak memerlukan pendaftaran untuk menggunakannya. Tetapi tool yang gratis tentu saja aksesnya terbatas, seperti online tool seo dari iwebtool ini dibatasi penggunaannya. Teman-teman hanya bisa menggunakannya untuk 5 kali pengecekan dalam rentang waktu satu jam. Walaupun begitu tool seo diatas memberikan data yang cukup lengkap dan dapat kita pelajari statistiknya untuk mengembangkan kualitas blog di search engine. Jadi intinya, tetap belajar untuk mengembangkan blog menjadi lebih baik dengan mengoptimalkan cara seo dan tool seo yang sudah tersedia. Terima kasih

»

Promosi Shoutmix vs Blog Commenting

Masih dalam suasana tahun baru 2010 yang kebetulan bertepatan dengan updatenya Google Pagerank. Pertama-tama, Andy mau bertanya tentang perkembangan search engine optimization (SEO) ranking blog teman-teman, bagaimana perkembangannya setelah Google melakukan update pagerank tanggal 31 Desember 2009? Ada kenaikan atau belum rankingnya. Untuk Andy's Blog sendiri rankingnya masih bertahan di pagerank 2 hanya menambah jumlah backlink di setiap search engine saja yang cukup signifikan. Walaupun pagerank tidak naik, tetapi sekarang Andy's Blog menjadi lebih diperhatikan oleh search engine Google.

Hal ini berefek pada hasil pencarian artikel Andy's Blog pada search engine Google yang cukup meningkat untuk keyword tertentu. Andy cukup senang karena beberapa keyword yang digunakan dalam artikel berhasil menempatkan Andy's Blog dalam halaman pertama Google, bahkan ada beberapa yang menempatkan blog ini pada urutan pertama. Secara otomatis trafik dari search engine pun mulai meningkat terutama dari search engine Google. Berikut ini grafik statistik sebulan terakhir Andy's Blog melalui search engine:


Dari statistik diatas dapat dilihat kenaikan trafik yang cukup meningkat dari search engine Google (warna merah), sedangkan untuk trafik dari search engine lain masih kecil, seperti Yahoo (warna hijau) dan AOL (orange). Awalnya Andy's Blog tidak mendapatkan trafik sama sekali dari pencarian pengguna internet di search engine, tetapi setelah belajar dan berusaha konsisten melakukan update dan promosi akhirnya blog ini mendapat pagerank dari Google. Dan mulai saat itu juga perubahannya mulai terasa, yaitu bertambahnya trafik dari search engine.

Memang jumlah trafik dari search engine ini masih jauh dari besar, karena untuk saat ini Andy's blog rata-rata baru mendapatkan trafik sekitar 50-70 unique visitor dari search engine Google perharinya. Masih jauh dibawah statistik blogger profesional dan bahkan masih dibawah 100 visitor sehari hehehe. Tetapi Andy percaya dan teman-teman juga harus percaya bahwa lambat tapi pasti trafik blog akan terus meningkat seiring dengan konsistensi dan berjalannya waktu.

Sedangkan untuk trafik dari sumber lain adalah melalui website social bookmarking dan blog directory walaupun tidak besar jumlahnya tapi cukup konsisten. Memang sekarang Andy berusaha untuk tidak menggunakan shoutmix untuk mendapatkan trafik tetapi Andy's Blog tetap menaruh widgetnya diblog ini, agar jika teman-teman berkunjung dan mengirim pesan di shoutmix maka Andy's Blog bisa berkunjung kembali. Sebagai gantinya Andy akan mengunjungi blog teman-teman dan berkomentar sebagai peninggal jejak. Andy rasa cara ini lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan shoutmix untuk mendapatkan trafik. Berikut ini perbandingannya antara trafik melalui shoutmix dan komentar:

Trafik melalui shoutmix:
1. Cepat dan sangat mudah dalam menggunakannya
2. Jumlah Trafik blog yang didapat lumayan, bisa diatas 100 visitor sehari
3. Baik untuk jangka pendek, tapi kurang efektif untuk jangka panjang
4. Dari Statistik Andy's blog dulu melalui shoutmix, pengunjung (termasuk Andy) cenderung hanya membalas kunjungannya tanpa diiringi atau jarang untuk membaca artikel. Dengan kata lain perilaku visitor melalui shoutmix hanya sekedar balasan kunjungan tanpa mencari informasi yang diinginkan sehingga jumlah pageviews dan waktu yang digunakan dalam blog sedikit.
5. Baik untuk menjaga alexa ranking (hal ini dulu terpikir oleh Andy) bahwa penggunaan shoutmix ini untuk menjaga alexa ranking agar tidak melorot posisinya.
6. Kurang mengeratkan tali persahabatan diantara blogger
7. Aktifitas ini cukup memakan waktu dan membosankan karena sifatnya monoton
8. Perkembangan terhadap blog tidak baik untuk jangka panjang, karena blog tidak berkembang dan stagnan dengan mengharapkan trafik dari shoutmix saja.
9. Trafik yang didapat bisa diukur perharinya terutama maksimal kunjungan melalui shoutmix ini dibatasi oleh provider agar tidak melebihi 200 atau 300 kunjungan sehari. karena jika lebih maka alamat blog kita dianggap spam dan dibanned oleh mereka

Trafik melalui komentar:
1. Awalnya metode ini tidak begitu memperlihatkan hasil yang signifikan
2. Menambah jumlah backlink dan baik untuk seo blog
3. Waktu yang dibutuhkan sedikit dan metode ini baik untuk jangka panjang
4. Tali persahabatan yang terjalin lebih erat karena timbulnya komunikasi satu sama lain
5. Trafik yang datang adalah trafik yang berkualitas karena memiliki kepentingan yang sama
6. Jumlah pageviews blog dapat meningkat
7. Komentar merupakan strategi trafik yang menggunakan prinsip "sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit" karena dengan konsisten melakukan komentar pada blog yang menggunakan tema sama, setiap hari maka jumlah backlink yang masuk terus meningkat dan begitu juga dengan jumlah pengunjung setidaknya dapat menjalin persahabatan dengan blogger.
8. Blogger lebih menghargai jika ada komentar yang masuk, apalagi jika komentar itu bermanfaat bagi blognya dan pengunjung lain.
9. Seo ranking blog dalam search engine-pun akan meningkat
10. Blog commenting merupakan salah satu cara promosi terbaik bagi blogger.

Setelah melihat perbedaan diatas, bagaimana menurut pendapat teman-teman? Mana cara promosi yang lebih baik. Walaupun begitu shoutmix tetap bisa menjadi salah satu alternatif bagi kita tetapi bukan menjadi "senjata" utama untuk memperkenalkan dan menjalin hubungan dengan blogger lain. Dengan memilih cara promosi yang tepat maka blog kita akan menjadi blog yang berkembang dimasa depan. Gunakan prinsip sabar didalam mengelola blog karena tidak ada yang instant jika ingin berhasil. Dengan prinsip sabar maka kita sebagai pengelola akan berkembang secara bertahap demi tahap dan bisa membuat blog yang profesional seperti blog terdahulu. Terima kasih

»

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts