Pro Blogger: Tujuan Utama Membuat Blog Profesional (Part 2)

Melanjutkan artikel pro blogger sebelumnya, kali ini waktunya Andy membuat artikel part II sesuai dengan janji pada artikel mengenai pro blogger ini. Kalau pada pembahasan sebelumnya sebagian besar point yang dijelaskan berkaitan dengan membangun karakter pribadi, pada pembahasan kedua ini sebagian besar pokoknya adalah hubungan admin blog dengan blogger/pengunjung lain.

Oleh karena itu kita langsung aja ke tema utamanya, Pro blogger: tujuan utama membangun blog profesional (part II), sebagai berikut:

1. Menangkap keinginan pembaca
Pengunjung atau pembaca pastinya sangat penting, ibarat manusia mungkin jantungnya agar blog bisa menjadi “hidup”. Oleh karena itu pengunjung menjadi bagian yang sangat penting, jadi tidak ada salahnya atau sebaiknya kita membuat mereka bahagia. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya cara yang simple adalah dengan merespon komentar atau pertanyaan mereka pada kolom komentar, bisa juga melalui email atau social networking jika komunikasinya memang sudah intense.

Sebagai sesama blogger kita harus memahami apa yang pengunjung inginkan, Memang ini cukup berat dan bisa menyita waktu kita, selain itu perlu dipelajari apa yang dicari pengunjung dalam blog, serta apa respon yang mereka berikan dalam blog. Untuk blog ini sendiri, baru bisa memberikan artikel yang mudah-mudahan unik dan bermanfaat bagi pengunjung serta memberi support berupa jawaban dari pertanyaan sobat dalam komentar dengan merespon komentar atau bisa juga menjadi sumber artikel baru. Tapi untuk kedepannya inginnya bisa lebih baik lagi, dan bisa menyajikan sesuatu yang bisa membuat sobat dan pengunjung lain lebih nyaman.

2. Tetap fokus pada prioritas utama
Dalam proses pelayanan pada pengunjung, seorang blogger tetap harus fokus pada prioritas utama yang sudah dibuat sebelumnya. Ini untuk menjaga kestabilan dan tidak kehilangan arah dengan berkembangnya proses blogging.

3. Berusaha mengenal lebih jauh pengunjung secara personal
Seperti pada point pertama, kita sebagai admin blog harus berusaha untuk memberi pelayanan kepada pembaca dan pengunjung blog. Selain cara pada point.1 kita juga bisa lebih saling mengenal satu sama lain secara lebih personal. Untuk itu Andy sudah menyediakan “authorbox” pada bagian bawah artikel yang berisi data sederhana penulis, dan kontak pada twitter maupun facebook. Mudah-mudahan cara ini bisa lebih mendekatkan lagi persahabatan dan komunikasi dengan sobat, dengan “add me” pada facebook sehingga bisa chatting atau juga melihat update status di twitter.

4. Monetisasi blog
Jika sudah mendapatkan pembaca dan pengunjung secara rutin dan memiliki jumlah yang lumayan, maka sudah waktunya untuk monetisasi blog. Banyak program yang bisa dikuti untuk mendapatkan income dari blog. Biasanya rata-rata blogger pasti mengikuti program iklan PPC, CPM atau affiliate program, tinggal kita pilih yang paling cocok dan sesuai dengan tipe blog masing-masing. Atau ada juga cara yang lebih khusus, cara ini biasanya dilakukan bagi blogger yang sudah mempunyai keahlian atau expertise dibidang tertentu. Contohnya membuat ebook, jasa web design, pembuatan web, web/blog broker, seo service, atau jasa pelayanan lainnya.

5. Terbuka kepada pembaca
Ada baiknya jika kita sebagai blogger bersifat terbuka dengan berbagi info satu sama lain. Dari sini akan timbul kepercayaan, contoh mudahnya adalah dengan biodata dari diri kita sendiri. Dengan begini pembaca bisa mengetahui kehidupan dan background kita. Tentunya tidak semua hal dibuka, tapi hanya yang berhubungan dengan aktifitas blogging saja.

6. Tetap menulis artikel
Ada waktunya seorang blogger tidak mempunyai inspirasi atau mentok dalam mencari bahan untuk artikel baru. Ini juga pernah dihadapi Andy, kalau ini sedang terjadi, maka ada baiknya mengalihkan topik blog sedikit dengan pembuatan artikel yang ringan dan enak jika dibaca pembaca. Misalnya mengenai berita atau aktifitas tentang kamu atau bisa juga menawarkan saran dan kritik kepada pembaca dll. Dengan menulis artikel ringan maka cepat atau lambat sobat akan menemukan kembali ide dan kreatifitas baru untuk membuat artikel.

7. Terus Berkembang
Berkembang dalam hal ini bukan dalam arti “mengembangkan badan ke samping dan ke depan hehehe”. Tetapi mengembangkan kreatifitas dan mengasah otak untuk terus mencari ide dan mempelajari pengetahuan dalam niche blog dengan membaca, berdiskusi diforum, social network atau membeli ebook yang sesuai. Ini penting untuk menghindari kebuntuan ide dan hilangnya fokus pada proses blogging.

Artikel mengenai pro blogger sudah selesai pada part.1 & 2. Jadi kesimpulannya bangun karakter kuat dalam diri sendiri, baru kita bisa mengelola blog dengan tujuan yang kuat serta melakukan proses dan aktifitas blogging melalui komunikasi dua arah dengan pembaca. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi semangat ke depannya, kalau menurut sobat apa yang harus dijadikan point penting oleh blogger? Silahkan di share baik kritik dan sarannya. Terima kasih

Related Post



3 Comment:

Astriani said...

Salam kenal, blog yang bagus. Kunjung balik dari saya blogger anak SMK. Trim

Rizkyzone said...

alau blog q masih jauh dari kata professional sob, maklum cuma sekedar hobby

andy said...

@ astriani: sama2 ya, tahnk juga udah berkunjung

@ rizky: klo menurut aku sih blog sobat udah profesional, hehehe. Kan justru berawal dari hobi trus jadi kegiatan profesional. .keep up sob

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts