Promosi Shoutmix vs Blog Commenting

Masih dalam suasana tahun baru 2010 yang kebetulan bertepatan dengan updatenya Google Pagerank. Pertama-tama, Andy mau bertanya tentang perkembangan search engine optimization (SEO) ranking blog teman-teman, bagaimana perkembangannya setelah Google melakukan update pagerank tanggal 31 Desember 2009? Ada kenaikan atau belum rankingnya. Untuk Andy's Blog sendiri rankingnya masih bertahan di pagerank 2 hanya menambah jumlah backlink di setiap search engine saja yang cukup signifikan. Walaupun pagerank tidak naik, tetapi sekarang Andy's Blog menjadi lebih diperhatikan oleh search engine Google.

Hal ini berefek pada hasil pencarian artikel Andy's Blog pada search engine Google yang cukup meningkat untuk keyword tertentu. Andy cukup senang karena beberapa keyword yang digunakan dalam artikel berhasil menempatkan Andy's Blog dalam halaman pertama Google, bahkan ada beberapa yang menempatkan blog ini pada urutan pertama. Secara otomatis trafik dari search engine pun mulai meningkat terutama dari search engine Google. Berikut ini grafik statistik sebulan terakhir Andy's Blog melalui search engine:


Dari statistik diatas dapat dilihat kenaikan trafik yang cukup meningkat dari search engine Google (warna merah), sedangkan untuk trafik dari search engine lain masih kecil, seperti Yahoo (warna hijau) dan AOL (orange). Awalnya Andy's Blog tidak mendapatkan trafik sama sekali dari pencarian pengguna internet di search engine, tetapi setelah belajar dan berusaha konsisten melakukan update dan promosi akhirnya blog ini mendapat pagerank dari Google. Dan mulai saat itu juga perubahannya mulai terasa, yaitu bertambahnya trafik dari search engine.

Memang jumlah trafik dari search engine ini masih jauh dari besar, karena untuk saat ini Andy's blog rata-rata baru mendapatkan trafik sekitar 50-70 unique visitor dari search engine Google perharinya. Masih jauh dibawah statistik blogger profesional dan bahkan masih dibawah 100 visitor sehari hehehe. Tetapi Andy percaya dan teman-teman juga harus percaya bahwa lambat tapi pasti trafik blog akan terus meningkat seiring dengan konsistensi dan berjalannya waktu.

Sedangkan untuk trafik dari sumber lain adalah melalui website social bookmarking dan blog directory walaupun tidak besar jumlahnya tapi cukup konsisten. Memang sekarang Andy berusaha untuk tidak menggunakan shoutmix untuk mendapatkan trafik tetapi Andy's Blog tetap menaruh widgetnya diblog ini, agar jika teman-teman berkunjung dan mengirim pesan di shoutmix maka Andy's Blog bisa berkunjung kembali. Sebagai gantinya Andy akan mengunjungi blog teman-teman dan berkomentar sebagai peninggal jejak. Andy rasa cara ini lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan shoutmix untuk mendapatkan trafik. Berikut ini perbandingannya antara trafik melalui shoutmix dan komentar:

Trafik melalui shoutmix:
1. Cepat dan sangat mudah dalam menggunakannya
2. Jumlah Trafik blog yang didapat lumayan, bisa diatas 100 visitor sehari
3. Baik untuk jangka pendek, tapi kurang efektif untuk jangka panjang
4. Dari Statistik Andy's blog dulu melalui shoutmix, pengunjung (termasuk Andy) cenderung hanya membalas kunjungannya tanpa diiringi atau jarang untuk membaca artikel. Dengan kata lain perilaku visitor melalui shoutmix hanya sekedar balasan kunjungan tanpa mencari informasi yang diinginkan sehingga jumlah pageviews dan waktu yang digunakan dalam blog sedikit.
5. Baik untuk menjaga alexa ranking (hal ini dulu terpikir oleh Andy) bahwa penggunaan shoutmix ini untuk menjaga alexa ranking agar tidak melorot posisinya.
6. Kurang mengeratkan tali persahabatan diantara blogger
7. Aktifitas ini cukup memakan waktu dan membosankan karena sifatnya monoton
8. Perkembangan terhadap blog tidak baik untuk jangka panjang, karena blog tidak berkembang dan stagnan dengan mengharapkan trafik dari shoutmix saja.
9. Trafik yang didapat bisa diukur perharinya terutama maksimal kunjungan melalui shoutmix ini dibatasi oleh provider agar tidak melebihi 200 atau 300 kunjungan sehari. karena jika lebih maka alamat blog kita dianggap spam dan dibanned oleh mereka

Trafik melalui komentar:
1. Awalnya metode ini tidak begitu memperlihatkan hasil yang signifikan
2. Menambah jumlah backlink dan baik untuk seo blog
3. Waktu yang dibutuhkan sedikit dan metode ini baik untuk jangka panjang
4. Tali persahabatan yang terjalin lebih erat karena timbulnya komunikasi satu sama lain
5. Trafik yang datang adalah trafik yang berkualitas karena memiliki kepentingan yang sama
6. Jumlah pageviews blog dapat meningkat
7. Komentar merupakan strategi trafik yang menggunakan prinsip "sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit" karena dengan konsisten melakukan komentar pada blog yang menggunakan tema sama, setiap hari maka jumlah backlink yang masuk terus meningkat dan begitu juga dengan jumlah pengunjung setidaknya dapat menjalin persahabatan dengan blogger.
8. Blogger lebih menghargai jika ada komentar yang masuk, apalagi jika komentar itu bermanfaat bagi blognya dan pengunjung lain.
9. Seo ranking blog dalam search engine-pun akan meningkat
10. Blog commenting merupakan salah satu cara promosi terbaik bagi blogger.

Setelah melihat perbedaan diatas, bagaimana menurut pendapat teman-teman? Mana cara promosi yang lebih baik. Walaupun begitu shoutmix tetap bisa menjadi salah satu alternatif bagi kita tetapi bukan menjadi "senjata" utama untuk memperkenalkan dan menjalin hubungan dengan blogger lain. Dengan memilih cara promosi yang tepat maka blog kita akan menjadi blog yang berkembang dimasa depan. Gunakan prinsip sabar didalam mengelola blog karena tidak ada yang instant jika ingin berhasil. Dengan prinsip sabar maka kita sebagai pengelola akan berkembang secara bertahap demi tahap dan bisa membuat blog yang profesional seperti blog terdahulu. Terima kasih

Related Post



12 Comment:

Ivan Kavalera said...

Kalo aku sih sering pake kedua-duanya bersamaan. Komen setelah baca artikelnya. Lalu tinggalkan jejak di shoutmix.

made gelgel said...

kalo saya sih tergantung internetnya mas, kadang shoutmix itu lambat banget kalo diakses pake internet saya, makanya jadi komen di postingan aja, selain itu kan tambah BL juga

genial said...

PR saiia gag ganti-ganti, mudah2an pun kalu berubah, menuju yang lebih baik.. padahal di posisi seperti sekarang inipun, klu saiia nyoba kiwot yg saiia pake, trs di search di gugel.. gag pada nongol kang :( masih banyak gag ngerti nya saiia nya kang :(

Mx Axrom said...

Memang kalo lewat shoutmix lumayan cepat ya,gak begitu susah jika diterapkan,lain halnya kalo nunggu visitor dari Google,lama paling gak harus saingan sama master master yang jago SEO...

hanx infonya sob ,mantabs banget pokoknya...

mohanlink said...

Wow, artikel yang mantabs, salam knal dari mohanlink, berharap koment balik di blog aku

Belajar Ngeblog said...

Memang dari hasil pengalaman pribadi, meninggalkan link di pada kotak komentar jauh lebih efisien dan terasa hasilnya dalam SEO daripada meninggalkan jejak di shoutmix. Hasilnya ada walaupun dalam sehari jumlah tamu yang datang masih di bawah 10 orang. Buat Saya sebagai pemula, hal itu cukup baik dijadikan motivator untuk selalu meningkatkan prestasi SEO. Thanks untuk komentarnya di blog Saya.

harto said...

bertujuan hanya untuk bersilaturahim jalin persahabatan, jadi setiap berkunjung kerumah sahabat pasti ninggalin jejak di kolom komentar sehabis baca artikelnya des di kolom shoutmix tuk menyapanya. hanya itu saja, banyak teman, banyak rezeki, banyak informasi & banyak ilmu. trims sobat sukses selalu n tetap semangat

KandangTips said...

alhamdulikllah PR ku naik ke 3

RemajaBerperan said...

ku njuga naik ke 2 lho! jadi sama deh dengan blog ini.

GemaNasyid said...

A' Q masih jauh banget nih!

andy said...

@ kandang tips dan remaja berperan....wah selamat ya sob pageranknya udah naik berarti usahanya selama ini udah ada hasilnya tuh, terus maju sob, biar diperhatiin ama Google hehehe.

@ gme nasyid.....sabar sob, tetep berusaha dan konsisten mengelola blog, nanti lambat tapi pasti bisa naik juga seo ranking blognya. thank

dodi said...

gan tulis juga tentang lingkungan kita biar bumi kita tetap hijau nitip link gan ......
pecinta lingkungan http://abckita.blogspot.com/

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts