Cara Mengatasi Kebuntuan Ide dalam Membuat Artikel Blog

Kebuntuan ide, hal ini pasti pernah dirasakan oleh blogger (termasuk Andy) ketika ingin membuat postingan/artikel blog. Terkadang kita tidak tahu apa yang harus ditulis jika tidak ada ide yang muncul sehingga akhirnya membuat kita menjadi malas dan tidak jadi menulis artikel baru diblog. Memang menulis artikel/postingan blog merupakan tantangan besar yang harus dihadapi setiap blogger, karena menulis artikel merupakan proses jangka panjang dan harus dilakukan secara rutin jika ingin blog kita tetap update dan “hidup”. Tidak sedikit blog teman yang hiatus ketika Andy berkunjung dan melakukan blog commenting/berkomentar.

Kondisi hiatus ini banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari dalam maupun dari luar. Untuk pengaruh dari dalam misalnya tidak adanya ide yang bisa digunakan untuk membuat postingan baru khususnya bagi blog yang memiliki niche/bidang spesifik, pikiran yang tidak fokus, kondisi fisik dan rasa malas yang bisa menjadi penghalang besar untuk menulis artikel. Sedangkan faktor dari luar biasanya karena padatnya aktifitas offline atau aktifitas rutin kita didunia nyata sehingga tidak sempat membuat artikel (baik itu kerja, kuliah, sekolah dll). Dua faktor ini bisa mempengaruhi satu sama lain, sehingga keinginan dan niat untuk menulis hampir tidak ada. Setidaknya itu yang Andy rasakan juga ketika mengurus blog ini.

Untuk menghindari dan mengatasi tembok penghalang diatas memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan ide artikel. Tetapi untuk kesempatan ini aku akan lebih memfokuskan cara mencari ide artikel dalam kondisi yang “urgent” atau yang hanya membutuhkan waktu sebentar dan cepat mendatangkan ide tersebut. Antara lain sebagai berikut:

1. Membaca Komentar Artikel dalam Blog

Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk interaksi dan komunikasi satu sama lain. Hal ini dapat dilihat dari komentar yang ada dalam setiap artikel jika pengunjung membaca artikel yang disajikan dan menemukan hal yang menarik/bermanfaat dalam artikel tersebut. Sehingga pengunjung akan memberi respon baik berupa ketertarikannya, saran dan pertanyaan untuk mengetahui lebih detail.

Komentar tersebut bisa menjadi inspirasi yang sangat baik bagi blogger ketika tidak bisa menemukan ide untuk menulis artikel. Cara ini sangat mudah dan cepat karena kita tidak perlu mencari sumber inspirasi/ide dengan menjelajah internet tetapi sebenarnya sumber ide itu sudah ada dalam blog kita sendiri. Terutama jika komentar tersebut berupa pertanyaan, tentunya akan lebih memudahkan blogger untuk menulis artikel berikutnya, karena bidangnya sendiri sudah sesuai target, yaitu sama dengan artikel sebelumnya. Selain itu kelebihan dari komentar yang bersifat pertanyaan ini dapat meningkatkan interaksi dan trafik pengunjung yang berulang-ulang/repeated traffic pada blog, kita sebagai pemilik blog bisa memilih dua jalur ketika merespons pertanyaan dari blogger lain.

Yang pertama dengan menjawab pertanyaan tersebut dalam komentar dan yang kedua dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan menulisnya di artikel baru. Cara ini akan memberi efek yang sangat baik terutama pada blogger yang memberi pertanyaan tersebut, karena kita telah merespons pertanyaannya dengan baik dan lengkap bahkan sampai menjadi inspirator ide untuk membuat artikel baru dalam blog, jadi efek positifnya berjalan dua arah, kita sebagai pemilik blog dapat menemukan ide artikel dengan mudah, sedangkan pembaca/blogger lain yang berkomentar merasa dihargai dan penting dimata kita.

Tetapi bagaimana jika artikel blog kita tidak ada komentar? atau hanya sedikit pengunjung yang merespons. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa mengunjungi blog panutan kita (pro blogger) dalam satu niche/bidang yang tentunya memiliki pembaca dan pengunjung yang banyak. Dari situ kita bisa membaca respon pengunjung dari komentar yang diberikan, baik saran atau pertanyaan.

Ada dua manfaat yang bisa kita dapatkan dari cara ini, pertama tentu mendapatkan ide yang sesuai tema blog sedangkan yang kedua ini yang sangat penting yaitu dengan menulis artikel berdasarkan komentar pada artikel pro blogger tersebut, kita bisa menarik beberapa pengunjung dari pro blogger ke dalam blog. Karena blog kita mempunyai jawaban atas pertanyaan mereka yang mungkin belum sempat dijawab oleh pro blogger karena banyaknya komentar yang masuk. Jadi setelah membuat artikel tersebut lakukan promosi dengan memberi komentar dalam artikel pro blogger yang mengarahkan pengunjung pada blog kita, komentarnya tentu yang bermanfaat dan berbobot sehingga mereka bisa tertarik untuk mengunjungi blog teman-teman.

2. Menonton Video

Cara kedua untuk menemukan ide menulis artikel adalah dengan menonton atau melihat video di internet. Teman-teman bisa menggunakan fasilitas YouTube, metacafe dll. Cara untuk mendapatkan ide/inspirasi ini dengan melakukan research atau pencarian video yang memiliki bidang/niche yang sesuai dengan blog. Setelah selesai melihat video tersebut kita bisa mendapatkan inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk artikel.

3. Fungsi Keyword

Kata “keyword” sudah tidak asing lagi bagi blogger. Untuk itu keyword ini bisa menjadi ide atau inspirator yang sangat tepat dan cepat untuk membuat artikel. Teman-teman hanya perlu mengingat dan melihat kembali tema utama blognya masing-maing, kemudian tentukan beberapa keyword yang paling banyak menghasilkan pengunjung bagi blog dengan melihat statistik tracker atau google analytics. Dari situlah kita bisa mencari inspirasi atau ide untuk membuat postingan. Tetap gunakan keyword tracker seperti Google keyword suggestion tool dan lakukan research sebentar dari keyword yang sudah kita kumpulkan sebelumnya, kemudian cari beberapa keyword penunjang atau alternatif keyword dari hasil google keyword suggestion tool. Jika hasilnya ada yang cocok dan menarik bagi teman-teman, maka keyword tersebut bisa digunakan untuk ide pembuatan artikel baru.

Setelah melakukan salah satu atau ketiga cara/metode diatas, langkah penting berikutnya adalah langsung menuangkannya dengan menulis artikel. Jadi setelah selesai melakukan research/pencarian ide kita harus segera mungkin untuk menuangkan ide yang sudah di dapat dalam penulisan artikel. Kenapa? Karena pencarian ide yang sudah kita dapatkan masih “segar” dan otak kita masih terinspirasi akan ide tersebut sehingga probabilitas membuat artikel yang baik dan berkualitas sangat tinggi. Hindari sifat mengulur waktu atau menunda pekerjaan seperti membuat artikelnya dikemudian hari, karena jika begini ide yang sudah kita dapatkan pada hari sebelumnya tidak lagi “fresh” dan probabilitas membuat artikel yang baik sudah menurun sehingga kita sudah tidak fokus lagi untuk menulis artikel.

Untuk cara lain untuk mendapatkan ide memang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika kerja, sekolah, kuliah, pergi ke suatu tempat, liburan dan aktifitas lainnya. Tetapi jika niche/tema blog teman-teman yang berhubungan dengan internet dan pengetahuan teknologi, selain bisa mencari ide dengan menggunakan cara diatas teman-teman juga bisa mencari inspirasi/ide dalam majalah, tabloid, buku atau bertukar pikiran dengan orang lain dalam bidang yang sama. Tapi untuk aku pribadi ketiga cara diatas, yaitu komentar, menonton video dan penggunaan keyword lebih memberi inspirasi atau ide bagi Andy’s blog untuk membuat artikel baru, karena selain cepat cara ini juga tidak membutuhkan biaya alias gratis.Tetap semangat dan terima kasih

Related Post



24 Comment:

belajar blog said...

mantap jalan keluarnya dy, ane setuju pendapat ente selalu membaca dan aktif agar staknasi blog teratasi..mungkin hal ini bisa dicoba di blog saya yang kehabisan ide buat nulis

afdil said...

saya lebih banyak mencari inspirasi dari video youtube lalu dituangkan dalam bentuk tulisan. Cara ini menurut saya adalah cara yang cukup mudah setelah copas artikel.

mas acrom said...

bener tuh sob,memang harus begitu cz kalo blog kan personal jadi kita harus pandai pandai berinteraksi dengan pengunjung....sip deh ....

Waroeng'S Dollar said...

selalu ada masukkan beguna disini

ivan kavalera said...

Mampir belajar ama mas Andy.

van said...

bener bnget sob...krena sbuk skolahny jadi malas nulis artikel sperti ane...hehehe

HumorBendol said...

Tipsnya mantap bro.
Untuk memenuhi kebutuhan update blog, emang dibutuhkan banyak ide. Terutama blog ini.
Salut bro...
Makasih tipsnya..
Salam

akhatam said...

Wah tips yang menarik.. Tx informasinya!!

bull said...

nice info kag...

Hitsuke said...

oh..membangkitkan semangat baru neh artikel..

makasih gan udah mau berbagi.  
jangan lupa umpan baliknya ya gan
Naruto Manga | One Piece Manga | Free Facebook Layout  
Regard,  
Hitsuke

masterGOmaster said...

terimakasih tips mengatasi kebuntuan dalam berpostingnya sob sangat berguna buat ane sekali nih..salam blogging ya !!!

rumah curhat said...

aku buntu ide.........aku buntu... thanks for sharing

tantho said...

Mangtabs..

SyahidaComputer said...

Wah langsung dicatat nih tipsnya .. mantab shob ... ditunggu posting selanjutnya..

blogging tips said...

nice info bro...

van said...

oh iya sobb...

ada tititap TAG buat sobat,, jika berkenan monggo diambil...

http://www.vanmovic.co.cc/2010/02/tag-about-yourself.html

Bayu Lebond said...

kalo ada orang yg koment tp ngasih link...itu berarti spam apa bukan sam...mohon bimbingannya

Ambae.exe said...

foto dan gambar kegiatan yg up to date bs jadi inspirasi artikel terbaru

andy said...

@ van: aku udah liat sob tag-nya, ok deh tar aku kerjain. thank sob

@ bayu lebond: klo menurut aku sob selama komentnya itu sesuai dengan respon dari artikel yang kita buat dan linknya juga baik ga pa2 sob. Tapi klo komentarnya ga sesuai dengan artikel, pendek tulisannya terus ditambah link didalamnya lagi itu berarti namanya spam. Klo ada komentar yang kaya gitu sobat bisa menghapusnya saja. thank

@ all: thank buat semua yang udah bersedia komentar baik saran dan pertanyaan. Semoga ini bisa lebih membuka hubungan yang lebih baik dengan teman2

ILikePaperCutting said...

May I ask, how to paste you tube video in my blog?

andy said...

@ ilikepapercutting: that quite easy friend. If you want to add a youtube video whether it's your original video or just want to add video from another youtube user.

The first step is go to the youtube website and then find the most appropriate video that may interest you and match with your blog niche

Second is copy the "embed code" in the right side below the "URL code" and then paste the code in the blogger "new entry post"

Third, you can change the video placement to the center by adding
<center>
in the front of the embed code, and close it with
</center>
in the end of embed code

Then you may test it first in the preview section of the "new post" if this work you can publish it. I think that it, but if you still confuse with my explanation, i ready to help you. thank

Malaysia said...

terimar kasih banyak banyak, Andy.

asadisae said...

sangat membantu untuk yang kekurangan ide, termasuk saya...heheh

handout said...

terima kasih banyak sudah berbagi,.
moga sukses selalu.
jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
click this

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts