6 Online Tool untuk Trik Optimasi SEO Blog

Untuk artikel kali ini aku mau membagi info mengenai seo online tool yang sebaiknya atau mungkin wajib dimiliki oleh seorang blogger. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan strategi seo yang akan dijalankan untuk meningkatkan popularitas blog. Seperti yang kita ketahui banyak jasa atau pelayanan search engine optimization yang ada di internet, tetapi dari sekian banyak jasa servis seo tersebut kita harus memilih yang terbaik, antara lain yang memiliki data akurat, cepat update, lengkap dan ringan untuk digunakan. Layanan seo ini ada yang menggunakan sistem membership dan memerlukan biaya untuk keanggotaannya, biasanya dilengkapi dengan fitur dan trik optimasi tertutup hanya untuk membernya saja. Tetapi bagi aku yang masih baru lebih baik menggunakan tool seo yang gratis saja, karena selain gratis, data dan fitur yang di sajikan juga tidak kalah jika dibandingkan dengan layanan yang berbayar. Mungkin bedanya hanya pada konsultasi online yang tidak tersedia dan cara/trik rahasia untuk lebih memaksimalkan seo ranking di setiap search engine.

Berikut ini seo online tool yang aku rekomendasikan dan tersedia gratis di internet:

1. Blog/web statistik tracker
Tracker menjadi bagian penting bagi pengelola blog, karena jasa yang disediakan gratis ini sangat membantu blogger dalam menganalisa dan mempelajari statistik blognya dari hari ke hari. Banyak data yang bisa kita ketahui dengan menggunakan tracker ini, seperti:
• jumlah visitor
• jumlah page impression
• jumlah hasil pencarian dari beberapa major search engine
• keyword dalam artikel yang banyak dicari dalam search engine
• waktu yang dihabiskan visitor dalam blog
• Statistik region visitor
Fitur diatas dapat membantu kita untuk mempelajari perkembangan blog yang kita kelola dari waktu ke waktu, apakah statistiknya meningkat atau bahkan menurun. Jadi kita bisa lebih memaksimalkan halaman yang paling banyak dicari dan dilihat pengunjung serta mengedit atau memperbaiki yang jarang dilihat pengunjung baik dari search engine atau blogger lain. Jasa ini biasanya gratis dan yang terkenal antara lain, sitemeter dan histats.com. Andy pribadi menggunakan histats.com karena datanya akurat, up to date, tidak ada iklan pop-up dan ringan diblog.

2. Pagerank checker
Banyak tool yang menyediakan jasa pengecekan pagerank Google, tapi Andy merekomendasikan googlepagerankchecker.com untuk digunakan teman-teman. Website ini menyediakan data yang lengkap dan akurat, banyak data yang bisa kita ketahui dengan mengecek URL blog kita ditool mereka, diantaranya:
• Nilai Pagerank
• keyword yang kita gunakan
• bentuk meta description yang terlihat dalam web
• kecepatan loading blog/website
• berat halaman blog
• backlink dari search engine Google, Yahoo, Bing, Alltheweb, Altavista, Clusty, Orange dan Ask Jeeves
• Dmoz
• Halaman yang terindeks di yahoo
• Outbound links dan internal links
• Artikel yang dibookmark di Digg, Reddit, Stumbleupon dan Delicious
• Alexa rank dan ranking blog kita di Indonesia
• Perkiraan update pagerank berikutnya, seperti update pagerank bulan April nanti
Dari statistik ini kita bisa melihat kualitas blog kita di search engine selain itu juga jika hasil kecepatan loading blog besar maka blog kita berarti berat dan sebaiknya dirubah agar menjadi lebih ringan sehingga banyak pengunjung yang betah untuk mengunjungi blog kita dan dapat meningkatkan page impression halaman.

3. Backlink checker
Backlink checker mempunyai dua fungsi yang bermanfaat bagi blogger, yang pertama adalah sebagai barometer mengenai statistik backlink dari blog kita sendiri (dilengkapi dengan anchor text, incoming link, outbound link, pagerank dari backlink dan status do follow atau no follow). Yang kedua adalah untuk melihat statistik blog terkenal dan search engine friendly. Dengan begitu kita bisa melihat dan memilih backlink yang berkualitas dari backlink-nya blog professional, terutama yang memiliki tema yang mirip dengan blog kita. Tool yang cukup baik dan Andy rekomendasikan adalah backlinkwatch.com dan iwebtool backlink checker.

4. Broken link checker
Tool ini sangat berguna untuk mengetahui link yang rusak dalam blog kita. Karena seperti artikel Andy sebelumnya mengenai seo, bahwa link rusak dalam blog dapat mengganggu search engine dan dapat bermasalah bagi blog kita sehingga optimasi blog menjadi sia-sia. Untuk itu lakukanlah pengecekan secara rutin terutama bagi teman-teman yang banyak menaruh link keluar dalam artikel blognya, seperti link download, link video, flash, gambar dan sebagainya. Jika ada yang rusak maka segera perbaiki atau remove dari blog agar tidak mengganggu robot search engine dalam meng-crawl blog. Tool gratis ini dapat teman-teman kunjungi di iwebtool broken link.

5. Reciprocal link checker
Untuk tool yang satu ini berfungsi untuk mengetahui validitas dari reciprocal link atau link exchange yang kita lakukan dengan blogger lain. Karena dari pengalaman Andy sendiri ada beberapa blogger atau webmaster yang menghapus link Andy tanpa pemberitahuan sebelumnya. Andy juga tidak tahu penyebabnya padahal aku tidak menghapus linknya. Setelah melakukan pengecekan melalui tool ini Andy baru mengetahuinya dan untuk lebih memastikannya secara langsung Andy mengunjungi blog tersebut. Untuk mengeceknya teman-teman bisa mengeceknya di iwebtool reciprocal link. Jadi dari kasus ini, untuk menghindari pertukaran link yang sia-sia lakukanlah pengecekan secara rutin dan jalin hubungan dengan sering melakukan kunjungan ke blog lain.

6. SEO Quake
Tool yang terakhir ini merupakan tool yang sangat penting untuk strategi seo blog, tool ini merupakan salah satu add-ons dari browser mozilla firefox. Kelebihan add-ons ini adalah penyajian data-data website dalam search engine, seperti, pagerank, backlink Google, backlink yahoo, bing index, alexa rank, robot meta, sitemap, external dan internal link serta keyword density yang digunakan. Andy menggunakan add-ons ini ketika ingin melakukan pencarian backlink dari search engine sesuai tema yang diinginkan. Jadi setelah mengetikkan keyword yang dimasukkan dalam query search engine, maka data statistik setiap website akan ditampilkan secara baris horizontal atau vertikal. Cara ini bisa lebih memudahkan pencarian backlink yang kita inginkan dan add-ons in tidak membuat pencarian Google menjadi berat. Tetapi sebaiknya gunakan add-ons ini hanya untuk mencari backlink dan menggunakan strategi seo yang lain, jika tidak menggunakannya maka “disable” saja agar tidak mengganggu aktifitas browsing teman-teman. Tool ini dapat teman-teman download gratis dalam situs add-ons mozila firefox.

Dari 6 tool seo yang aku jelaskan diatas semuanya gratis dan tidak memerlukan pendaftaran untuk menggunakannya. Tetapi tool yang gratis tentu saja aksesnya terbatas, seperti online tool seo dari iwebtool ini dibatasi penggunaannya. Teman-teman hanya bisa menggunakannya untuk 5 kali pengecekan dalam rentang waktu satu jam. Walaupun begitu tool seo diatas memberikan data yang cukup lengkap dan dapat kita pelajari statistiknya untuk mengembangkan kualitas blog di search engine. Jadi intinya, tetap belajar untuk mengembangkan blog menjadi lebih baik dengan mengoptimalkan cara seo dan tool seo yang sudah tersedia. Terima kasih

Related Post



18 Comment:

Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo said...

mohon izin mengamankan yang pertamaxxx.... :D

kalau menurut saya cukup dipasang salah satunya saja, karena sriptnya sangat membuat ukuran blog kita membengkak.

andy said...

@ referensi: online tool diatas ga perlu dipasang diblog sob, yang perlu dipasang hanya tracker aja, tapi klo yang lainnya itu jasa pelayanan dari website seo secara gratis, jadi kita cuma perlu ngecek aja diwebsite itu tanpa harus menaruh widget/script dalam blog kita. Dan kalau untuk yang point.6 SEO Quake itu add-ons dari firefox jadi download dan gunakan seperlunya. thank

belajar blog said...

informasi anda memang sangat bagus ..semua tool ini adalah daya dukung dalam mempelajari seo...

Unknown said...

tools seperti ini wajib di amankan linknya sama blogger sejati kalo bisa pakai lemari khusus.he..he..he. salam sejahtera!!

gajah_pesing said...

postinganmu lebih lengkap daripada postingan yang ada di blogku, makasih atas informasinya bro...

kharis sulistiyono @mohkaris said...

pantes blog SERP blog gue masih segitu gitu aja. Ternyata optimasinya pek tool online yach?? trims ya bro!!

Yudhi said...

Informasi SEO yang sangat bermanfaat terutama soal statitik yang sangat diperlukan, thx ya :)

KandangTips said...

Udah diprsktekin bos. Thanks!

Gema Nasyid said...

Langsung ke TKP. Mau donk! Apalgi blogku ranknya amat kecil.

Remaja Berperan said...

Wah.. nambah wawasan SEO nih,buatku yang masih buta SEO.

xtin said...

wah wawasan seru nih. thax mas infonya

Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo said...

Hmm begitu yaa sob,untuk reciprocal link itu sendiri maksudnya gimana yahh?makasih banyak nihh sharingnya

andy said...

@ referensi: klo untuk reciprocal link tool yaitu tool yang digunakan untuk mengecek validitas link exchange kita yang kita lakukan sama blog lain.

jadi sobat kan pastinya pernah dan mungkin masih sering tukeran link atau link exchange ama blogger lain kan? nah tool ini gunanya untuk mengecek status link blog kita diblog yang tukeran link ama kita. Jadi kita bisa tau apakah link blog kita masih ada diblog itu atau sudah dihapus. Hal ini untuk menghindari kecurangan atau pertukaran link yang sia-sia sob. thank

Tongkonan said...

Oke deh... thanks atas informasi tools seo-nya bro.. :)

Sharing ilmu said...

Google Analytics gak masuk mas...??
wah master SEO angkat bicara nih..
hwhihihihi..

Heri Fauzan Suheri said...

Terima kasih atas infonya....

taufik said...

thanks atas infonya. Nanti saya pengen coba toolnya ah. Barangkali blog saya makin disayang google. hehe

Blog Internet Tutorial said...

Terimakasih banyak atas tools nya mas

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts