3 Cara Promosi Paling Efektif Untuk Optimasi Search Engine

Untuk memulai atau membuat sebuah blog merupakan hal yang mudah. Tapi bagaimana cara untuk mempromosikannya? Mungkin ini adalah hal yang cukup sulit untuk menaikkan ranking blog dan membuat kita malas. Memulai dan mempromosikan blog merupakan dua hal yang berbeda. Teman-teman dan Andy bisa membuat sebuah blog dengan mudah. Siapa saja bisa dan banyak cara diinternet yang bisa kita pelajari tentang bagaimana menulis artikel dan membuat sebuah blog. Untuk membuat blog tetap hidup mungkin dapat kita lakukan dengan terus menulis dan posting konten baru. Tetapi masalahnya adalah, siapa yang akan membaca semua konten/postingan tersebut? Untuk itulah blog memerlukan suatu cara ampuh untuk memperkenalkan dan mensosialisasikannya, kata ini biasa di sebut dengan "promosi". Sebagai seorang blogger, teman-teman (termasuk Andy pribadi) harus belajar cara untuk mempromosikan blog sehingga konten atau artikel kita dapat menarik khalayak yang tepat/sesuai target pembaca. Promosi merupakan cara dan teknik yang bisa dipelajari. Contohnya, mempromosikan blog dengan menggunakan SEO (search engine optimization). Teknik ini menjadi rahasia umum bagi para blogger dan kita harus menguasainya secara bertahap.

Untuk awal tahun ini Andy membuat kesimpulan dari teknik seo yang paling efektif untuk digunakan berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut adalah beberapa tips SEO yang paling efektif untuk membantu mempromosikan blog:

1. Lakukan penelitian kata kunci (keyword research).
Untuk menulis artikel dalam blog, kita dapat memaksimalkannya dengan memasukkan kata kunci/keyword. Jadi sebaiknya teman-teman jangan hanya menulis tanpa mempertimbangkan keyword didalamnya. Hal ini karena sebagian besar pengunjung/visitor menggunakan search engine dengan memasukkan frasa kata kunci/keyword di dalam kotak pencarian. Dan seperti artikel tentang 10 karakter Google yang dijelaskan sebelumnya, Google akan menempatkan blog kita dalam hasil pencarian yang baik (10 besar halaman pertama) jika blog kita menggunakan teknik ini sebagai salah satu cara untuk optimasi search engine-nya. Jadi, pastikan teman-teman melakukan riset kata kunci/keyword dengan benar sebelum menulis. Tujuannya di sini adalah untuk memastikan bahwa kata kunci/keyword yang digunakan akan menghasilkan trafik untuk blog. Teman-teman dapat menulis konten berdasarkan keyword yang paling banyak digunakan pengunjung dibulan sebelumnya dan yang sesuai dengan tema blog . Cara atau teknik ini terbukti membantu Andy's Blog dalam meningkatkan trafik dari search engine terutama Google.

2. Memaksimalkan Optimasi On-site.
kebanyakan blog sudah dioptimasi dalam search engine baik disadari ataupun tidak disadari contohnya, teman-teman dapat menemukan bahwa judul posting cenderung muncul dalam HTML tag judul dan URL blog yang sudah search engine friendly. Tetapi bagi kita yang menggunakan Wordpress atau Blogger sebagai providernya, ada sedikit cara yang dapat teman-teman lakukan untuk lebih meng-optimasi blog di search engine. Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah dengan menggunakan "anchor text" yang tepat pada internal link didalam artikel. Link ini akan mengarah ke halaman lain di blog teman-teman yang tujuannya untuk lebih meningkatkan pageviews dan lebih atraktif bagi pembaca. Dibandingkan dengan menggunakan kata-kata seperti "klik di sini", penggunaan anchor text dalam internal link akan lebih efektif apabila kita menggunakan frase kata kunci/keyword (contohnya "teknik advanced seo")

3. Membangun backlink.
Ini adalah bagian yang paling penting untuk seorang blogger. Karena kita tidak memiliki situs eksternal, jadi bagaimana caranya agar kita mendapatkan link dari web/blog lain? Sebagai seorang blogger, kita perlu belajar bagaimana menjalin hubungan dengan blogger lain. Cara yang efektif adalah dengan mengunjungi blog lain atau blog yang populer dan mulai untuk menulis komentar. Dengan adanya komunikasi yang terjalin, maka akan lebih mengenal pemilik blog tersebut lebih baik dan ini merupakan awal yang baik. Andy sendiri sekarang memiliki beberapa teman baru yang didapatkan dari berkomentar dalam blog, dan komunikasi ini sekarang lebih intense sehingga Andy sering bertukar pikiran atau ide dengan mereka, baik melalui media blog, Chatting di messenger, facebook dsb. Ini merupakan awal yang baik untuk saling bertukar info, menambah teman dan tentu saja mempromosikan blog satu sama lain.

Jadi, jika sesama blogger sudah saling mengenal, kita bisa menggunakan persahabatan ini untuk keuntungan kedua belah pihak, diantaranya dengan menjadi "guest blogger". Ada beberapa blogger terkenal Indonesia yang Andy temui dan mereka menyediakan fasilitas guest blogger bagi teman-teman yang ingin mempromosikan blognya diblog mereka. Caranya dengan membuat artikel yang biasanya memiliki tema yang sama dengan tema blog tersebut. Cara ini terbukti dapat meningkatkan trafik pengunjung dan sebagian besar pengunjungnya adalah pengunjung setia blog terkenal tersebut. Cara ini dapat berjalan satu sisi ataupun dua sisi, dengan begitu kedua blogger akan mendapatkan manfaatnya satu sama lain.

Secara garis besar, alasan utama kenapa teman-teman perlu membangun backlink adalah karena search engine menentukan ranking website/blog berdasarkan dengan jumlah backlink yang dimiliki. jadi, semakin banyak incoming link yang menuju ke blog teman-teman, semakin tinggi juga ranking yang akan didapat, tetapi backlinknya juga adalah backlink yang berkualitas dan khususnya dalam tema yang sama. SEO ranking yang tinggi akan mengarah pada meningkatnya jumlah trafik dari search engine. Dengan tiga teknik seo diatas, sekarang teman-teman dapat menulis sesuai dengan isi hati dan melihat ratusan pengunjung yang akan membaca konten/artikel setiap hari.

Related Post



27 Comment:

referensi registrasi said...

Kalau untuk mengoptimasi salah satu halaman website, apa saja yang harus diperhatikan?

andy said...

@ referensi: untuk mengoptimasi halaman website atau blog, kalau menurut aku ada 2 yang bisa kita lakukan sob.

Pertama lakukan optimasi ON-Page, ini biasanya dilakukan sebelum kita publish artikel diblog kita sob. jadi buat plan/rencana artikel yang friendly sesuai gaya sobat, lakukan research untuk keyword terkenal yang sesuai dengan judul artikel lalu gunakan keyword density untuk keyword yang banyak dicari tersebut dalam artikel. Tapi ada hal yang perlu kita perhatikan sob, yaitu jangan terlalu berlebihan menggunakan teknik seo karena nanti malah berdampak negatif bagi blog kita. Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat diartikel aku sebelumnya mengenai seo.

Kedua, optimasi link artikel dengan mencari backlink yang berkualitas, jadi kalau sobat lagi blogwalking dan berkomentar diblog lain gunakan link artikel sobat yang baru untuk lebih mendapatkan incoming link, cara ini lebih efektif karena selain bisa mengangkat ranking blog juga menjadikan ranking halaman blog kita naik dan efeknya akan berpengaruh pada hasil pencarian disearch engine, bookmark artikel pastinya, dan ping blog agar cepat terindeks oleh search engine. Oh ya cari backlinknya yang berkualitas biar blog kita juga terangkat, karena backlink berkualitas dan dalam tema yang sama dianggap sebagai vote untuk blog kita oleh search engine google. Semoga ini bisa membantu sobat, thank

gajahpesing said...

blogwalking juga disarankan lho...
*informasi ini sangat bagus bro, khususnya newbie seperti saia ini*

andy said...

@ gajah_pesing: sip sob, blogwalking udah termasuk di artikelku yang nomor 3 hehehe, btw thank tambahannya sob.

harto said...

membangun backlink itu memang sangat dianjurkan apalagi kalo dilihat dari sisi agama. karena dengan cara membangun backlink (silaturahim) akan menjalin hubungan yang baik dan menjadikan banyak teman, banyak info, banyak ilmu & juga banyak rezeki.

Trims atas infonya nih sangat bermanfaat, sukses selalu n tetap semangat

cara membuat wordpress theme said...

Tips yang bagus bro, salam kenal dari zonabisnis

Abula said...

Selamat Sore,
Selamat hari Kamis,
Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

Salam Hangat,
AbulaMedia.com

Abula said...

terima kasi atas 3 cara nya... mantaps..
tentunya akan saya praktekkan...
semoga mendapat balasan dari-Nya atas kebaikannya...

Belajar Ngeblog said...

Memang benar, 3 langkah di atas mesti dilakukan untuk mendongkarak popularitas blog kita di mata search engine. Namun 70 prosen porsi SEO Off Page yang kita jalankan akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap rangking blog, dibanding SEO On Page. Yang tidak kalah pentingnya adalah dibutuhkannya ketelitian dan juga kesabaran tinggi dalam mempraktekannya.

Arief Maulana said...

Dari dulu ngga pernah berubah. 3 langkah ini yang memang dipakai untuk SEO. Keep post

Cara Cepat Download Video Youtube Dengan Idm said...

Setuju mas, memang jika optimasi on-page tanpa optimasi offpage tentunya akan sangat melelahkan. Setelah usaha dijalankan tinggal bersabar dan tawakkal

negeriads.com solusi berpromosi said...

Salam kenal gan..Mantab infonya
Langsung di praktekkan

Kerja cerdas said...

Infonya mantab gan,sangat berguna buat nubitol seperti saya ini. Patut untuk di praktekin.

Mr. Magic said...

Nice info bos. Di tunggu share selanjutnya.

gitar custom maker said...

wah caranya gampang-gampang susah gitu ya..:),langsung ke TKP.

budies said...

dapat ilmu lagi,.makasih

Kedai Obat said...

Nah! Membangun backlink itu yg susah mas..

kerajinan tembaga said...

makasih sob untuk infonya..bagus sekali

kerajinan said...

nice post..

iklan gratis said...

sip mantap gan..

Bli Wayan said...

thanx buat informasinya...salam kenal
http://tourculinaryexplorer.blogspot.com/

Our Body Health said...

Terimakasih tipsnya....


Saya juga lagi belajar optimasi dan link bulding :)

Salam kenal

aqiqah jakarta said...

mantab om;)

Percetakan said...

naise inpoh gan:)

Harga Hotel Indonesia said...

Memang itu faktor yang paling efektif

Burhan said...

ping artikel juga salah satu teknik yg bgus bro untk optimalisasi SEO.. slam kenal ya..

Hipnomind-power said...

Artikel paling bagus untuk membantu bisnis saya makin laris manis hehhe
teman2 Klo mau belajar hipnosis dengan cara elegan dan murah jangan lupa kunungi situs saya.
makash

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts