3 Faktor Penting dalam Menentukan Niche Blog

Mencari dan menentukan tema blog merupakan aspek yang paling penting dari aktifitas blogging. Seorang blogger harus mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum memulai sebuah blog. Khususnya bagi teman-teman yang mempunyai tujuan awal blogging untuk jangka waktu yang panjang dan ingin mendapatkan penghasilan rutin. Idealnya seorang blogger harus menentukan subjek blog yang menarik dan konten yang memberi manfaat serta pengetahuan bagi calon pembacanya. Namun, teman-teman juga harus hati-hati mempertimbangkan tingkat kompetisi serta tujuan dari blog sebelum memulai blognya.

Oleh karena itu Andy akan membahas pertimbangan-pertimbangan secara lebih rinci dalam usaha untuk membantu teman-teman dalam memilih topik untuk blog baru, ataupun blog teman-teman yang sudah berjalan sehingga tetap berada pada jalur dan tujuan awal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Ada tiga faktor utama yang perlu menjadi perhatian teman-teman dalam membuat dan menjalani aktifitas blogging baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, berikut penjelasannya:

1. Menyempitkan Bidang/Niche yang Menarik

Salah satu pertimbangan pertama untuk blogger baru adalah ketertarikan bidang yang dikuasai dirinya. Hal ini penting karena seorang blogger yang tertarik dan memiliki pengetahuan tentang subjek/bidang tertentu akan lebih mudah mendapatkan ide-ide untuk posting blog baru dan menjadi lebih konsisten untuk jangka panjang. Dengan konsistennya sebuah blog, maka akan mendorong dan meningkatkan pengunjung blog/trafik secara perlahan-lahan karena posting blog yang dimuat informatif dan akurat pada target pembaca.

Ketertarikan niche/bidang ini dapat dipilih mulai dari bidang yang sangat populer atau terkenal dengan target pembaca yang besar hingga niche/bidang yang lebih spesifik dan menarik sebagian kecil pengguna internet di dunia. Oleh karena itu kita harus menentukan tema dan artikel yang akan dijadikan “senjata” berdasarkan pada antusiasme pembaca atau informasi yang sedang dibutuhkan pembaca/target pasar dan sesuai dengan bidang yang kita kuasai.

2. Mengevaluasi Tingkat Kompetisi

Setelah teman-teman menentukan tema/niche yang spesifik, sekarang saatnya untuk mulai mengevaluasi kompetisi. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat blog lain yang mencakup bidang/niche yang sama, dan melihat berapa besar jumlah kompetitor kita pada search engine besar seperti Google, Yahoo dan Bing. Dengan melakukan evaluasi tingkat kompetisi pada blog, akan memberikan dampak yang baik blogger dan menghindari persaingan umum yang terjadi di search engine. Berdasarkan data evaluasi ini teman-teman dapat membuat keputusan dan memperkirakan mampu atau tidak blog kita bersaing dengan blog lain yang sudah ada lebih dahulu untuk mendapatkan trafik dari search engine.

3. Mengingat Tujuan Blog

Pertimbangan penting lain untuk seorang blogger adalah tujuan dari blog. Blog dapat dibuat untuk berbagai alasan, termasuk mendapatkan penghasilan/income, keperluan pribadi atau blog probadi dan untuk mempromosikan usaha/bisnis. Blogger yang memulai sebuah blog untuk penggunaan pribadi mungkin hanya ingin mempertimbangkan kepentingan mereka sendiri dan tidak melihat faktor penting dari trafik. Namun, bagi teman-teman yang membuat blog untuk tujuan mendapatkan income atau mempromosikan sesuatu tentu saja harus mempertimbangkan faktor lalu lintas pengunjung blog. Dalam kasus ini, kita harus memilih topik yang menarik bagi khalayak luas.

Selain itu, usahakan membuat blog yang unik dan tidak banyak kompetitor lain yang sudah membahasnya karena kemungkinan besar akan sulit bagi blog yang baru untuk mendapatkan bagian dari lalu lintas blog. Jika topiknya memang sama dengan banyak blogger lain, maka usahakan membuat sesuatu yang unik didalamnya baik dari artikel yang disajikan atau fitur yang dapat diberikan pada pengunjung. Dan yang terakhir, kita harus mempertimbangkan kualitas blog dengan menciptakan topik yang bermanfaat. Teman-teman harus memilih subjek yang berbeda dengan artikel biasa tetapi harus yang luar biasa, asli, informatif dan menarik untuk dibaca.

Itulah faktor-faktor yang perlu kita perhatikan sebagai seorang blogger, baik yang baru mulai maupun yang sudah menjalaninya. Karena aktifitas blogging ini jika dilakukan dengan rutin dan serius maka tidak hanya menambah teman di internet tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan rutin untuk jangka panjang. Sudah banyak blogger professional baik luar maupun dari Indonesia yang berhasil menekuni bidang ini dan menepis anggapan orang lain, bahwa blogger itu bukan profesi dan tidak bisa dijadikan sumber penghasilan. Tentunya teman-teman juga ingin berhasil seperti blogger terdahulu kan? Oleh karena itu kita harus lakukan dengan serius, kreatif, sabar, tekun dan tetap berada pada tujuan awal sesuai dengan tiga point penting diatas. Tetap semangat

Related Post



3 Comment:

Untara said...

Menentukan 'Niche' .. wah ini dia problem saya! Dulu saya pikir ingin menulis blog dengan tema dan topik tertentu .. yang lebih spesifik tentang suatu topik

Dan kemudian saya gagal .. seiring perjalanan waktu dan proses belajar ..

tiba tiba saja saya ingin menulis tentang topik lain yang tidak ada hubungannya dengan topik pertama .. wah wah tidak konsisten nih, begitu vonis saya kepada diri sendiri.

Tapi sekarang sih saya berusaha cuek dan mulai menulis apa saja yang saya anggap menarik ... lha emang tujuan ngeblog dari dulu itu untuk belajar 'mengungkapkan perasaan" ... (baca: curhat terselubung) ... hahaha

Btw, terima kasih atas kunjungannya di blog saya, sob!

Blog ente keren ... templatenya juga keren nih ....

Niche to meet you ... eh .. nice dink! :))

harto said...

trims infonya nih, sangat bermanfaat.
sukses selalu n tetap semangat

andy said...

@ untara...klo menurut aku sob, klo ngga sesuai ama topiknya yang pertama ga pa2. Klo ditopik yang baru ini malah lebih enjoy dan dikuasain ya pastinya lebih bagus dibandingkan topik yang pertama tetapi kita mentok dan sulit untuk mencari bahan artikel...tetep semangat sob n intinya dr blog itu curhat emang bener sob, apalagi klo curhatnya itu spesifik yang maksudnya agar lebih terarah target pembacanya pasti lebih mantep. thank

@harto...sama2 sob, makasih juga udah koment n berkunjung

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts