10 Karakter Utama Google yang Perlu di Pahami Blogger untuk Menaikkan Ranking di Search Engine

Google merupakan search engine yang menjadi barometer pengguna internet di seluruh Negara dalam melakukan berbagai macam hal. Kalau kita lihat secara visual, sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam search engine ini. Google hanya memberikan tampilan yang sangat sederhana tanpa adanya gambar dan animasi seperti search engine yang lain. Tetapi hal inilah yang membuat Google menjadi nomor 1 di dunia, tidak hanya tampilannya yang sederhana tetapi data yang disediakan oleh Google memberikan hasil yang lebih cepat dan relevan ketimbang search engine yang lain. Hal ini karena Google menggunakan algoritma pencocokkan teks pencarian yang kompleks dan tertata dengan rapih dalam database mereka sehingga bisa menampilkan hasil yang cepat dan relevan.

Namun kekuatan Google tidak hanya sampai disitu saja, kunci utamanya terletak pada kemampuan “robot pencari” atau biasa dikenal dengan “spider crawler” yang menggunakan teknologi tinggi/high tech untuk mencari update informasi baru dari sistem yang dilakukan secara berkala. Kemudian Google lebih mengoptimalkan search engine-nya dengan menggunakan sistem ranking (Pagerank) dalam menyusun data informasi yang dinilai penting dan lebih akurat hasilnya.

Bagi webmaster maupun blogger seperti aku sendiri, Google menjadi search engine favorit karena kecepatan robot spider dalam mengindeks dan menyusun blog/website. Biasanya setiap postingan kita akan dapat terlihat dalam search engine Google hanya dalam waktu satu/dua minggu dan mengindeks ulang setiap URL dalam sebulan sekali, apalagi jika kita menggunakan jasa pinging dari website Ping, tentu hasilnya dapat lebih cepat lagi, bisa satu atau dua hari sudah terindeks di search engine. Tetapi hal ini dapat lebih ditingkatkan lagi jika blog/website kita memiliki Pagerank dari Google. Kenapa Pagerank? Karena seperti yang aku jelaskan diatas, bahwa blog/website yang memiliki Pagerank akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari/spider crawler Google dalam mengindeks suatu halaman. Jadi semakin tinggi pagerank suatu blog, semakin sering pula robot spider Google mengunjungi dan mengindeks setiap update atau perubahan yang kita lakukan.

Hal inilah yang membuat Google menjadi search engine yang paling banyak digunakan oleh semua orang di dunia, sedangkan untuk blogger/webmaster sendiri tentu saja menjadi tempat yang sangat penting dan ketat untuk berkompetisi dengan jutaan blogger/webmaster lainnya, yaitu untuk mendapatkan ranking yang tinggi dimata Google. Untuk itulah para webmaster/blogger melakukan berbagai macam cara baik dengan teknik optimasi search engine atau SEO, promosi dll untuk memenangkan kompetisi dan meraih ranking yang tinggi di Google.

Tanpa melakukan hal diatas, maka blog/website kita tidak akan mendapatkan tempat yang baik di search engine. Kita harus ingat, bahwa kita memiliki jutaan pesaing dalam niche atau bidang yang kita geluti ini. Jadi kita secara langsung harus belajar dan memiliki pengetahuan tentang optimasi search engine di Google, sehingga tujuan untuk mendapat trafik besarpun dapat terwujud. Sebenarnya kita dapat mengetahui dan mempelajari karakter/sifat Google sehingga teman-teman mengetahui apa yang di sukai dan apa yang harus dihindari, berikut ini aku jelaskan 10 karakter umum yang dimiliki oleh Google untuk dapat menaikkan ranking di search engine:

1. Mengenal lebih dalam Algoritma ranking Google
Algoritma ranking Google dibagi menjadi dua, yaitu sistem pencocokkan teks dan sistem Pagerank. Inilah kunci Google untuk mengindeks dan menemukan halaman/artikel yang relevan ketika seseorang melakukan pencarian. Sistem pencocokkan teks diurutkan berdasarkan keyword yang dimasukkan dalam pencarian dan secara otomatis mencarinya dalam database yang tersusun rapih, sedangkan Pagerank digunakan untuk mendukung sistem diatas dalam menentukan hasil yang akan muncul dengan mengurutkannya berdasarkan ranking terbaik.

2. Google memperhatikan Judul Artikel
Seperti yang sudah aku jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa Google memberikan bobot yang besar pada tag Title/judul halaman berdasarkan keyword yang dimasukkan. Oleh karena itu judul berperan besar dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam menentukan hasil pencarian serta menarik pengunjung yang membacanya.

3. Google memperhatikan deskripsi pada baris pertama artikel.
Karena Google tidak menggunakan metatag lagi, maka sebagai gantinya Google lebih memperhatikan teks pada beberapa baris artikel kita. Ini berarti, teman-teman harus menggunakan keyword dan kalimat yang tepat dalam barisan pertama artikel. Dengan begitu Google akan lebih menampilkan link blog kita lebih dulu daripada yang lainnya.

4. Kerapatan keyword itu penting
Dengan menggunakan keyword yang berulang-ulang pada setiap paragraf artikel, maka artikel kita akan lebih diutamakan. Google akan memberikan nilai yang tinggi untuk tingkat relevansi pencarian jika kita menggunakan teknik kerapatan keyword (keyword density) ini. Tetapi tetap saja jangan terlalu berlebihan menggunakannya, karena nanti bisa dianggap SPAM.

5. Penggunaan kata di antara tag heading memiliki nilai yang besar
Dengan menggunakan kata-kata penting sebagai penghubung diantara judul, maka artikel kita akan dianggap lebih memiliki kecocokan dalam pencarian search engine. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan tag “bold”, dengan penebalan kata berarti kata itu memiliki arti yang penting dalam index Google.

6. Penggunaan tag Alt-Image
Ini berfungsi bagi teman-teman yang memasukkan widget gambar pada blognya, buatlah judul yang mengandung keyword agar bisa diindex oleh search engine.

7. Keyword di dalam link ke blog kita
Dengan menggunakan keyword di dalam link, maka artikel pada blog akan lebih meningkat kualitasnya.

8. Memahami Google Pagerank
Sistem ini digunakan untuk memutuskan blog/situs mana yang lebih baik. Dengan digabungkannya formula incoming link dan link yang keluar, maka suatu blog akan mendapat tempat yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Skalanya 1 sampai 10 untuk yang terbaik, bagi pemilik blog/website personal biasanya hanya bisa mendapatkan Pagerank sampai 7, sedangkan 8-10 adalah milik perusahaan yang system kerjanya corporate/kerjasama.

9. Google memperhitungkan strategi jumlah link yang terhubung
Dalam hal ini Google tidak menentukan Pagerank berdasarkan dari banyaknya link yang masuk, melainkan dari jumlah incoming link yang penting sehingga blog kita juga dipertimbangkan juga untuk menjadi “penting” jika konten yang kita miliki berkualitas. Incoming link ini juga harus dibarengi dengan outbound link/link keluar dari halaman yang menjadi incoming link ke blog kita. Jika jumlah link keluar dalam halaman yang menjadi incoming link ke blog kita kecil maka besar kemungkinan ranking blog akan bertambah, tetapi jika jumlahnya banyak maka kecil kemungkinan ranking kita bertambah. Jadi formulanya:

Pagerank = jumlah Incoming link (+) + jumlah outbound link (-)

Rumus diatas berarti semakin banyak incoming link yang memiliki outbound link yang kecil maka semakin besar pagerank blog kita.

10. Pentingnya Open Directory Project (ODP)
Salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan pagerank adalah dengan mendaftarkan URL blog kita ke Dmoz Directory (ODP). Directory Dmoz ini di support oleh Google sehingga mendapat perhatian yang sangat penting dalam menentukan faktor Pagerank, dan jika URL blog terdaftar dalam Dmoz maka secara otomatis akan terindeks juga dalam Google directory karena sistem kerjasama yang mereka terapkan. Memasukkan URL kita ke Directory ini sangat penting, kenapa penting? Karena hampir 80% situs web yang masuk 10 besar halaman Google adalah situs yang terdaftar dalam directory-directory penting salah satunya ODP ini. Jadi ada baiknya kita memasukkan URL blog ke directory untuk dapat mengangkat ranking blog tersebut.

Itulah 10 karakter umum yang dimiliki oleh Google untuk menentukan dan memilih suatu website/blog. Faktor-faktor ini menjadi salah satu ukuran penting bagi Google untuk menentukan seberapa besar pentingnya suatu web/blog dalam search engine. Jadi, jika blog kita ingin memiliki ranking yang baik dalam search engine Google maka kita juga harus mempelajari sifat atau karakter search engine itu sendiri. Tetap semangat ya

Related Post



8 Comment:

ivan kavalera said...

Makasih mas infonya. Mantap.

kedai kopi said...

Mampir baca2 sekalian ngajak ngopi sore2 di t4 saya.

moenas said...

thanks atas sharingnya brow

Dunia Ifat said...

nice info

Info bisnis said...

Makasih infonya & salam kenal.
Jangan lupa mampir ke blog saya :)

belajar bisnis internet | hill said...

artikel yg mantabb, menambah wawasan sy ttg cara kerja google. trims infonya, bermanfaat sekali buat sy

dreamfrog said...

page rank sekarang sudah mulai menurun penggunaannya, sehingga page rank tidak bisa digunakan acuan. inbound dan outbound juga sudah mulai mundur. yang terbaru katanya adalah pagespeed.

nasehatguruku said...

nice bro

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts