Komunitas sebagai sarana memaksimalkan tujuan

Setelah membuat postingan mengenai langkah-langkah untuk mendapat income dari internet, dari mulai dari step1 sampai step6. Kali ini saya mau berbagi dengan teman-teman mengenai komunitas yang dapat digunakan untuk memaksimalkan sumber income yang dijalankan. Mungkin jika teman-teman sudah membaca postingan sebelumnya yang merupakan free step by step tutorial yang sudah saya urutkan berdasarkan beberapa tingkatan dari mulai yang termudah, waktu yang digunakan, kreatifitas, kerja keras sampai yang tersulit. Memang postingannya belum semuanya dibuat dan masih dalam proses membangun berdasarkan dari yang sudah saya jalankan.


Baik...langsung saja ya ke pembahasan. Komunitas adalah perkumpulan dari beberapa manusia yang memiliki satu kebutuhan, satu pandangan dan satu tujuan yang sama. Dimasa sekarang ini banyak komunitas atau organisasi yang sudah dibentuk untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan. Pada masa sekarang ini alur perkembangan teknologi sudah berkembang dengan pesat di segala bidang. Begitu juga dengan dunia maya atau internet. Internet dikenal dan dijadikan sebagai tempat kedua setelah dunia nyata (Real World) bagi manusia untuk melakukan segala hal, baik itu sosialisasi ataupun bisnis. Disini banyak berkumpulnya puluhan juta bahkan milyaran manusia dari seluruh negara yang menggunakan jasa internet setiap harinya untuk tujuannya sendiri. Suatu komunitas dibentuk untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggariskan atau melaksanakan misi dan berpedoman kepada visi sehingga tetap pada jalur yang telah ditetapkan untuk tercapainya tujuan. Dibawah ini adalah contoh visi, misi dan tujuan dibentuknya suatu komunitas.

Visi
  1. Membuka lebih luas logika dan pikiran
  2. Menjalin hubungan yang erat antara anggota dan berinteraksi satu sama lain.
  3. Membuka pandangan dan wawasan akan hal baru

Misi
  1. Membentuk komunitas yang erat, kuat dengan adanya hubungan relationship satu sama lain.
  2. Membentuk jiwa yang kuat sesuai dengan tujuan dibentuknya komunitas tersebut. memiliki dan bisa menimbulkan tekad (determination), peduli (awareness), tanggung jawab, giat, tekun, pantang menyerah, dan sabar.
  3. Melakukan langkah-langkah sesuai dengan arah dan rencana yang telah dibuat agar program berjalan dengan semestinya.
  4. Aktif dan memiliki jiwa yang mobile, baik untuk berinteraksi satu sama lain.

Tujuan
Adapun tujuan dibentuknya suatu komunitas adalah agar dapat saling membantu dalam menghasilkan sesuatu sesuai dengan visi dan misi dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, itulah contoh dan dasar terbentuknya suatu komunitas sehingga dapat berjalan sesuai dengan track atau jalur yang sudah ada. Dalam hal ini, teman-teman bisa membentuk komunitas diinternet untuk tujuan tertentu, misalnya dalam mengenai income, hobi, profesi dan lain-lain. Contoh mudahnya manfaat komunitas adalah dibentuknya komunitas bisnis dan mengenai income diinternet, lingkupnya pasti mengenai info-info yang dijelaskan dan diterangkan bagaimana kuatnya komunitas tersebut dibentuk agar dapat menghasilkan income dari internet dibandingkan dengan teman-teman kerja sendiri. Tentu saja kelebihan dan keuntungannya sangat banyak, seperti:
  • Mendapatkan info terkini dan arah yang jelas mengenai seputar dunia internet.
  • Menjalin hubungan dengan berdasar pada visi, misi dan tujuan diatas akan membentuk tim inti (Core Team) yang lebih kuat dibandingkan dengan pertemanan biasa di dunia maya tanpa mengenal satu sama lain.
  • Dapat menjalankan program penghasil uang dengan arah yang sama dan saling memberi info satu sama lain.
  • Mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan adanya komunitas dibandingkan dengan bekerja sendiri.
  • Dapat saling berinteraksi satu sama lain dan bertanya seputar program, ide, saran dan kritik yang sangat berguna bagi kelangsungan komunitas.
  • Dapat mengetahui dan waspada terhadap program ataupun tawaran yang bersifat scam atau menipu. Karena internet merupakan lahan subur bagi usaha sehingga banyak orang yang mencoba untuk melakukan penipuan melalui programnya. Banyak program di internet yang menghasilkan income dan terbukti membayar tetapi lebih banyak lagi program Scam.
  • Memiliki waktu kerja yang fleksibel tergantung individu masing-masing.
Suatu komunitas juga memiliki kekurangan, yaitu:
Komunitas tidak akan jalan dan program yang dijalankan akan terganggu jika anggotanya tidak memenuhi dan tidak berpegang pada ketentuan diatas, serta tidak berinteraksi satu sama lain.

Dengan adanya kelebihan dan kekurangan dari suatu komunitas, tentunya ini bisa menjadi tolak ukur bagi teman-teman dan menentukan atau mencari yang memiliki visi dan misi yang sama serta hal-hal lain yang sudah disebutkan diatas. karena saya juga sama seperti teman-teman pernah mengalami dan merasakan bagaimana sulitnya dalam dunia internet yang luas dan tidak ada batasannya. Tanpa ada kerja keras dan ketekunan serta sifat pantang menyerah maka suatu komunitas tidak akan berjalan dan berfungsi dengan baik. Tetapi jika komunitas tersebut memiliki sifat dan kategori diatas maka teman-teman akan melangkah lebih maju dan menciptakan lahan baru dalam menghasilkan income yang tidak terbatas, karena semuanya bergantung pada anda sendiri, besar atau kecil income yang didapat adalah hasil cerminan dari kerja anda sendiri, tapi tidak dalam arti kerja yang berlebihan (diporsir). Dengan adanya komunitas, maka akan lebih membantu kerja keras individu menjadi group yang saling membantu mendapatkan income lebih besar dibandingkan sendiri. Karena pada dasarnya mendapatkan penghasilan dari internet semuanya membutuhkan kerjasama dan bantuan orang lain.

Jadi kesimpulannya, komunitas sangat baik untuk dijadikan cara atau jalan untuk menggapai dan meraih tujuan yang diinginkan. Semuanya tergantung kepada individu masing-masing untuk membantu dan membutuhkan satu sama lain. Karena kesuksesan seseorang tidak lepas dari peranan orang lain disekitar kita dan juga Allah SWT. Untuk pembahasan selanjutnya saya akan mencoba untuk lebih menyempitkan dan lebih spesifik lagi ruang lingkupnya dalam membentuk komunitas, tetap semangat dan jangan menyerah. Terima kasih

Related Post



5 Comment:

Andy said...

PERTAMA!!!

wah bagus banget nih tipsnya, social media emang tempat yang strategis banget buat promosi

oya, kalau ada waktu, lihat blog saya juga yah!!!

mdgelgel.blogspot.com

trims

Andy said...

artikel yg bagus, nambah wawasan. makasih.

jemiro said...

tepatnya semakin banyak koneksi semakin mudah juga untuk berpromosi,hehehe
nice tips mas

via facebook said...

dengan adanya komunitas pekerjaan bisa dilakukan dengan gotong royong,, tapi gmna ya trik membuat komunitas yang baik dengan anggota yang melimpah?

Jutawan Internet said...

jadi Jutawan Internet Mau mau mau ?

Post a Comment

Subscribe To Andy's Blog Tips

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts